Ciptakan Fanfict dan Fiksi-mu di FanFiction.Net dan Fictionpress.com!

 

Salah satu contoh fiksi, dari Vandaria Saga

Kalau kalian gamer yang mengemari novel-novel fiksi, namun juga memiliki passion menulis, atau memang berminat ingin menjadi seorang penulis tersohor di dunia, maka tidak ada salahnya untuk mulai melatih diri kalian di Fanfiction.net dan Fictionpress.com!

Keduanya merupakan dua situs yang memberikan keleluasan bagi anggotanya untuk menulis cerita mereka sendiri. Dan keduanya di bawahi oleh administrasi yang sama. Terlihat dari tampilan user yang mirip-mirip. Yang membedakan antara keduanya adalah konten dari cerita yang dibuat oleh para anggotanya. Fan Fiction dan Fiction.

Fanfiction buatan anak Indonesia di FanFiction.net kategori Death Note fanfic

Apakah Citizen tahu perbedaan fan fiction dengan fiction ? Belajar dari beberapa anggota komunitas online tersebut, saya menjadi tahu beberapa hal mengenai apakah perbedaan jelas dari kedua jenis tulisan tersebut.

Bagi seorang gamer sekaligus otaku seperti saya, memiliki banyak karakter kegemaran dari games yang saya mainkan ataupun dari anime yang saya tonton adalah suatu kepuasan tersendiri. Namun ikut berperan langsung dalam pembuatan cerita yang kita desain sendiri dengan karakter-karakter kesayangan kita menjadi tambahan kepuasan sendiri. Inilah awal mula munculnya sebutan fan fiction.

Karakter-karakter yang digemari pun bermacam-macam dalam konten ini. Misal dari kasus salah satu penulis sekaligus teman saya di fanfiction.net, ia mengagumi tokoh-tokoh Kamen Rider, maka ia pun membuat cerita dengan setting tersendiri namun melibatkan tokoh-tokoh kegemarannya tersebut. Sepertinya hal ini juga saya saksikan di komunitas maupun penggemar Korea Pop. Berbagai artis asal negeri ginseng itu memiliki cerita yang dikarang sendiri oleh para penggemarnya. Ini juga saya masukkan dalam kategori fanfiction. Bahkan karakter dari novel-novel terkenal seperti Twilight dan Harry Potter juga memiliki banyak penggemar yang suka membuat cerita mereka sendiri tetap dengan karakter-karakter dari novel-novel tersebut.

Gambar yang diedit sedemikian sehingga sesuai untuk fanfic yang dibuat

Dalam perkembangannya,  fanfiction menjadi tidak sekedar cerita namun dengan tambahan ilustrasi. Seringkali para pengarang bekerja sama dengan pihak lain yang memiliki kemampuan ilustrasi dan ingin memberikan kontribusinya ke pengarang fanfiction tersebut. Saya melihat hal ini lebih banyak terjadi di fanfiction anime. Ini menjadi lebih mudah karena anime memiliki ciri pengkarakteran yang kuat, sehingga para ilustrator bagi fanfiction ini lebih mudah membayangkan ilustrasi yang diinginkan pengarang.

Penjelasan singkat di atas mungkin sedikit membuka pengetahuan pembaca mengenai fanfiction. Sekarang mari kita lihat lagi beberapa kategori yang disediakan fanfiction.net. Mulai dari Anime/Manga, Cartoon, Comics, Plays/Musicals dan bahkan TV Shows. Kesemuanya merupakan tempat dimana karakter yang disukai berada. Kalau kalian menyukai One Piece, maka kalian bisa membaca fan fiction mengenai One Piece di kategori Anime/Manga. Apabila kalian menyukai Harry Potter, kalian bisa membaca di kategori Movies.

Ada satu hal lagi yang mungkin agak menarik di fanfiction. Yakni pairing. Merupakan salah satu alasan mengapa banyak penggemar membuat fan fiction. Pairing disini maksudnya adalah dua karakter atau lebih yang dipasangkan. Hal ini mengarah dari fan fiction yang dibuat. Contohnya pairing Naruto dan Sakura. Maka ceritanya pasti berkisar interaksi antara Naruto dan Sakura. Pairing sendiri seringkali digunakan dalam genre romance.  Kebanyakan pairing seringkali tidak mengikuti mainstream dari alur cerita utama. Misal saja, kalau di anime Naruto, sang protagonis menyukai Sakura. Namun kalau sang fans lebih menyukai karakter Ino bersama Naruto, maka ia akan membuat sebuah cerita antara Naruto dan Ino. jauh dari alur utama bukan? Inilah yang menjadi daya tarik utama pula mengapa para fans banyak pula menikmati membuat sebuah fan fiction.

Biasanya pairing Cloud Tifa lebih disukai, tetapi berbeda dengan pengarang fanfict ini yang memasangkan Tifa dengan Rude (FFVII Fandom)

Nah, bagaimana dengan fiction ?

Hingga ratusan ribu fiksi berada di FictionPress.com

Fiction, atau juga banyak dikenal dengan nama original fiction merupakan jenis fiksi yang ceritanya asli pemikiran dari sang pengarang. Karakter-karakter yang berada di dalamnya merupakan karakter asli dari sang pembuat cerita. Dan situs Fictionpress.com menyediakan tempat bagi para pengarang di jenis ini.

Dengan kategori yang lebih luas, mulai action, biogaphy, fantasy, mystery, supernatural, mythology hingga fable, humor, romance, dan sci-fi , para penulis dapat saling berbagi cerita mereka sendiri dan mendapatkan review dari pembacanya. Sebenarnya cerita-cerita pada fanfiction juga termasuk dalam genre-genre di fiction. Perbedaannya hanyalah originalitas karakter dan setting tempat dari kedua fiksi tersebut.

Namun, ada hal yang menarik ketika saya membaca-baca cerita di fanfiction.net. Dalam banyak fanfict, karakter yang digunakan dan jalan ceritanya original. Tetapi cerita tersebut tetap masuk dalam kategori fanfict karena dunia tempat ia mengambil setting tempat ceritanya juga berada di tempat yang sama dengan kegemarannya. Misalnya ketika saya menulis mengenai bajak laut yang memiliki kekuatan buah Mera-Mera ( One Piece ). Dalam hal ini, saya menyukai One Piece tetapi ingin membuat cerita mengenai bajak laut buatan saya sendiri. Ini tetap disebut sebagai fanfict.

Novel-novel terkenal seperti Sherlock Holmes, Harry Potter, Eragon, dan sejenisnya merupakan salah satu fiksi yang sangat populer. Namun mungkin saja sebuah fiksi buatan para penulis amatir maupun hobbyist di Fictionpress.com juga tidak kalah menarik untuk dinikmati. Ditambah lagi dengan fitur Community, dimana kalian bisa saling bertemu dengan teman-teman yang memiliki passion menulis di fandom yang sama.

Di forum Kaskus bagian AMH Fanstuff, berkumpul pengarang-pengarang amatir yang saling berbagi cerita. Satu sama lain saling memberikan kritik dan saran satu sama lain. Merupakan sebuah keuntungan dengan bergabung di bawah sebuah payung komunitas seperti ini. Salah satu keberhasilan teman-teman penulis di forum tersebut adalah membangun Atelier AMH, sebuah lingkaran penulis amatir yang memiliki passion menulis fanfict dan original fiction.

Buku kumpulan fanfiction dan original fiction dari Circle Atelier AMH

Meskipun sebagian besar penggunanya merupakan orang-orang ber-native English, tapi Citizen bisa tetap menggunakan Bahasa Indonesia, terutama di situs FanFiction.net kalian akan bertemu banyak penulis asal Indonesia yang pastinya akan membuat dunia penulisan fiksi kalian membahana di dunia maya!


SHARE
Previous articleWeb Series Indonesia : Channel Tara Arts Movie
Next articleLeague of Legends Sertakan Fitur LAN
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.