GTA V Reveal: What To Do In Los Santos

Salah satu hal yang menjadi daya tarik utama dari GTA IV adalah begitu banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan diluar misi utama. Mulai dari bersantai di arena Bowling, mengunjungi club striptease, mendengarkan lelucon di stand up comedy club, sampai dengan bersantai di rumah sambil melihat berbagai program di TV, kamu dijamin tidak akan pernah merasa kesusahan untuk mencari kegiatan yang menarik. GTA V akan mengembangkan konsep ini lebih jauh lagi. Karena nantinya akan ada tiga karakter utama, maka bisa dipastikan kegiatan yang bisa dilakukan juga akan meningkat secara signifikan. Bukan hanya itu, Rockstar juga mengatakan bahwa tiap kegiatan dan mini game yang ada di GTA V ini dirancang dengan perhatian dan detail yang sangat tinggi. Mereka berprinsip, bahwa lebih baik membuat sedikit mini game dengan kualitas yang tinggi daripada banyak mini game yang sederhana. Ok, jadi langsung saja kita lihat, kegiatan apa saja yang nantinya bisa kamu lakukan di Los Santos.

 

Beda Karakter Beda Kegiatan

Satu hal yang harus dipahami dari GTA V adalah, game ini memiliki tiga karakter protagonis yang perannya sama-sama penting. Tiap karakter memiliki latar belakang cerita, kemampuan, dan juga kehidupan mereka sendiri. Jadi tidak heran jika Rockstar juga membuat berbagai kegiatan yang spesifik diciptakan untuk tiga karakter ini. Menurut Rockstar, nantinya tiap karakter akan memiliki sekitar 2-3 aktivitas yang hanya bisa dilakukan oleh mereka saja. Tentunya juga akan ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh semua karakter. Aktivitas khusus untuk tiap karakter akan disesuaikan dengan sifat dari masing-masing karakter, misalnya, aktivitas untuk Trevor biasanya akan berhubungan dengan berbagai hal yang ilegal.

Jika berbagai kegiatan di GTA San Adreas mampu mengubah penampilan fisik dari karakter mu, di GTA V sayangnya fitur tersebut tidak akan kembali. Rockstar mengatakan bahwa hal ini diakibatkan karena GTA San Andreas hanya memiliki satu karakter protagonis, dan dibuat untuk konsol SD. Sedangkan GTA V memiliki tiga karakter utama dan juga dirilis untuk konsol HD, fitur mengubah penampilan fisik bukanlah hal yang mudah dikarenakan dua alasan ini. Tapi tentunya kamu tetap bisa mengubah penampilan karakter mu dengan menggunakan berbagai macam baju dan aksesoris yang berbeda.

 

Bermain Di Luar Atau Di Dalam?

GTA V memiliki kegiatan untuk semua tipe orang, entah kamu adalah tipe petualang yang senang bermain di luar ditemani sinar matahari, ataukah kamu tipe orang yang mengurung diri di rumah ditemani berbagai peralatan elektronik. Untuk mereka yang gemar bertualang, GTA V menyediakan berbagai kegiatan yang cukup menarik, misalnya saja lomba Triatlon, Jetski, Base Jumping (terjun payung dari gedung tinggi), Tenis, Golf, dan banyak lainnya. Bahkan kamu nantinya bisa bermain di lapangan golf skala internasional, dengan 18 hole.  Lalu bagaimana dengan mereka yang lebih memilih untuk berada di dalam ruangan? Mereka bisa mencoba Yoga, Bowling, dan juga berbagai acara menarik yang ada di TV. Yup, Rockstar kembali akan menghadirkan beberapa acara menarik di TV, bahkan GTA V akan membawa konsep hiburan didalam hiburan ini lebih jauh lagi. Sayangnya Rockstar masih belum mau memberi penjelasan lebih lanjut mengenai fitur ini.

Satu kegiatan yang tidak akan kembali di GTA V adalah kemampuan untuk berkencan. Jika Niko Bellic dari GTA IV bisa mengangkat telepon untuk mengajak kencan berbagai gadis, maka jangan harap hal tersebut bisa dilakukan di GTA V. Rockstar mengatakan, dengan adanya tiga karakter, fitur kencan tersebut akan membuat game-nya terlalu kompkleks. Belum lagi, fitur ini jelas tidak sesuai dengan Michael (salah satu karakter utama) yang sudah menikah.

 

It’s All About The Money

Banyak pemain yang mengeluh bahwa mereka tidak bisa melakukan apa-apa dengan uang yang sudah dikumpulkan di GTA IV. Hal ini terutama sangat terasa ketika kamu sudah mulai mendekati bagian akhir dari jalan cerita. Rockstar menyadari hal ini, dan mereka berencana untuk memperbaikinya di GTA V. GTA V dikatakan akan memiliki sistem ekonomi yang unik dan hidup, layaknya sistem ekonomi di dunia nyata. Ini menjamin uang mu akan selalu berguna, baik di awal maupun di akhir permainan. Uniknya, Rockstar justru menghilangkan kemampuan untuk membeli berbagai macam properti. Padahal membeli properti adalah salah satu kegunaan utama dari uang di seri GTA. Bagaimana Rockstar akan mewujudkan sistem ekonomi yang hidup tanpa adanya properti? Entahlah, mereka masih belum mau berbicara banyak mengenai fitur tersebut.

Selain sistem ekonomi, dua hal penting yang dibahas Rockstar adalah mengenai telpon dan juga karakter kameo. Telepon di GTA V akan memiliki beberapa fitur baru, tapi juga akan kehilangan fitur lama. Misalnya saja, kamu tidak akan menerima berbagai misi lewat telepon, tapi akan ada penanda di map. Tentunya beberapa misi khusus masih akan diberikan lewat telepon. Untuk fitur barunya, sekarang kamu bisa menggunakan telepon mu untuk mengakses internet. Lalu bagaimana dengan karakter kameo? Rockstar mengatakan bahwa nantinya akan ada beberapa karakter kameo yang diambil dari GTA IV dan juga GTA Episode From Liberty City. Memang masih belum dipastikan siapa yang akan menjadi kameo, hanya saja Rockstar mengatakan, jangan harap akan ada kameo karakter utama seperti Niko Bellic.

 

Missions and Multiplayer

Los Santos adalah kota yang hidup dan dinamis, oleh karena itu bisa dipastikan kamu akan menemukan banyak misi dan kegiatan di kota ini. Salah satu hal yang membuat Liberty City (GTA IV) menjadi begitu hidup adalah banyaknya interaksi yang bisa dilakukan. Kadang kala kamu akan menemukan orang-orang di jalan yang bisa diajak berinteraksi. GTA V juga akan menggunakan konsep yang sama, tapi dengan derajat interaksi yang lebih tinggi. Misalnya saja, kamu bisa mendengarkan ceramah dari pengkotbah di jalan, pengkotbah ini akan memiliki banyak cerita unik yang bisa kamu simak. Bukan hanya itu, kamu bahkan juga bisa berinteraksi dengannya. Bisa dikatakan ini adalah sistem interaksi yang mirip dengan sistem yang digunakan di Mass Effect 3.

Selain misi utama yang mau tidak mau harus kamu jalankan, nantinya kamu juga akan menemukan banyak misi lain di GTA V. Tapi kamu tidak akan pernah dipaksa untuk melakukan misi ini. Selain itu, berbagai misi ini juga dirancang untuk menyatu dengan suasana game-nya sendiri. Misalnya saja, ketika kamu sedang mengendarai mobil kadang kala kamu akan menemukan orang yang ingin menumpang atau yang mobilnya mogok. Jika kamu membantu mereka, maka kamu akan mendapatkan misi tertentu. Ini membuat pemain yang penasaran dan menjelajahi setiap sudut kota akan menemukan berbagai hal yang menarik. Bukan tidak mungkin ketika kamu sedang menjelajahi gang-gang kecil, kamu akan menemukan transaksi obat bius atau perang antar geng. Yang pasti dynamic mission ini akan memberikan nilai lebih bagi mereka yang memang ingin mencarinya, tanpa harus menghambat mereka yang hanya ingin menjalankan misi utama.

Lalu bagaimana dengan multiplayer? Sayangnya Rockstar masih belum mau memberikan banyak keterangan mengenai hal ini. Hanya saja, ada kemungkinan besar nantinya mode multiplayer akan kembali di akses dari campaign single player, seperti halnya di GTA IV. Dan ada kemungkinan besar juga mode multiplayer ini akan berhubungan dengan perencanaan suatu perampokan.

Bagi penggemar seri GTA, jangan sampai ketinggalan artikel lain mengenai GTA V yang sudah kami kumpulkan disini


SHARE
Previous articleGTA V Reveal: Galeri 20 Screenshot Baru!
Next articleNana Mizuki Nyanyikan Theme Song Shining Ark
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.