Membaca Komik Sambil Bermain Game dalam Garuda Riders!

Bagaimana caranya membaca komik sambil bermain game sekaligus? Mungkin jika diberi pertanyaan seperti ini, beberapa diantara kamu akan menjawab dengan membaca (atau memainkan) komik interaktif. Ada banyak komik interaktif yang beredar di pasaran, salah satunya adalah Mass Effect: Genesis yang dipasarkan bersamaan dengan Mass Effect 3 versi Wii U nantinya atau Blood of The Zombies yang pernah dibahas di artikel ini. Jika ingin yang bernuansa lokal, kamu bisa membaca komik digital Garuda Riders yang dibuat oleh Elventales Games bekerja sama dengan Mechanimotion ini!

Garuda Riders adalah salah satu bagian dari trilogi Adventures of Wanara, yang berwujud komik digital untuk iOS dan Android. Komik ini mengisahkan bagaimana petualangan Naradja yang tengah mencari delapan elemen yang disebut dengan Hastabrata. Kisah ini sendiri ber-setting sekitar 1000 tahun setelah legenda Ramayana, dimana Naradja harus mencari Hastabrata tersebut untuk mencegah Rahwana bangkit kembali. Bisakah Naradja menyelesaikan misinya?

Karena Garuda Riders adalah komik interaktif, maka tentu kamu bisa berinteraksi dengan halaman-halaman komik tersebut sembari membaca kisah yang ada di dalamnya. Banyak mini game yang disediakan dalam komik ini, seperti mini game QTE (Quick Time Event) saat kamu harus menghindari keris Uloseni dengan menyapukan jari kamu di layar smartphone atau tablet ke kiri dan ke kanan atau bagaimana kamu harus mencari hint-hint tersembunyi untuk melanjutkan membaca halaman selanjutnya, seperti harus menyentuh kalung yang bercahaya.

Menurut Mahdi Bashroni, CEO dari Elventales, mereka berencana untuk merilis komik interaktif ini setiap satu bulan sekali, yang dimulai dengan volume pertama dengan judul Runaway yang saat ini sudah bisa kamu download di Google Play Store secara gratis. Untuk mengerjakan komik digital interaktif ini, Elventales dan Mechanimotion saling membagi tugas, dimana Elventales mengerjakan animasi, coding dan efek visualnya, sedangkan Mechanimotion sendiri bertanggung jawab untuk mengerjakan aset-aset gambar komik dan juga kisahnya.

Selain mengambil kisah setelah Ramayana, nuansa lokal dari komik ini semakin kental dengan penggunaan musik khas Bali yang akan menemani kamu selama membaca (dan bermain). Selain mengikuti halaman demi halaman, kamu juga bisa langsung melompat dari halaman satu ke halaman lainnya dengan menggunakan halaman navigasi yang bisa kamu akses dengan menyentuh ikon yang ada di atas layar.

Tertarik dengan Garuda Riders? Segera download komik ini di Google Play Store secara gratis. Untuk versi iOS-nya akan segera menyusul. Ditunggu ya!