Firmware v2.00 PS Vita Hadirkan Layanan PS Plus dan Share Content Secara Wireless

Pengguna PlayStation Vita boleh sedikit was – was dengan performa handheld tersebut yang masih saja minim dukungan pengembang game. Namun bukan berarti Sony tidak tinggal diam mencari solusi. Seperti awal bulan lalu mereka memperkenalkan PlayStation Mobile, yang menjadi jembatan antara PS Vita dengan smartphone / tablet, menawarkan game – game murah cross – platform dengan hampir semua Android.

Kemudian satu fitur lain yang kami dengar selama presentasi Sony di event Tokyo Game Show 2012 adalah layanan PlayStation Plus, yang saat itu dijadwalkan mulai dibuka November 2012 ini. Dan dari pernyataan Sony melalui blog mereka, kami mengetahui jika layanan tersebut bakal mulai aktif besok melalui update firmware besar untuk PS Vita. Seperti yang kami ungkapkan sebelumnya, melalui layanan premium ini Sony bakal menyediakan opsi billing, dengan biaya berlangganan 90 hari sebesar $18, sedangkan untuk satu tahun hanya $50. Mereka pelanggan di Asia juga mendapatkan opsi langganan 30 hari. Namun kamu yang sudah berlangganan layanan PS Plus di PS3, otomatis juga bisa mendapatkan akses langsung melalui PSVita.

Layanan yang diberikan Sony untuk PSPlus versi PSVita antara lain:

  • Akses ke versi full game pilihan, selama keanggotaan PSPlus aktif. Pilihan game yang disediakan bakal di-update terus.
  • Penawaran diskon untuk game dan DLC PSVita.
  • Gratis 1GB storage cloud untuk DLC PSVita dan data save game.
  • Update otomatis firmware PSVita dan juga game pilihan.
  • Trophy pada PSVita otomatis bakal tersinkronisasi ke PSN.

Sony mengkonfirmasikan layanan PS Plus tersebut menjadi satu bagian dari paket PS Vita System Software Update (v2.00), yang bakal di-push dari server mereka mulai 19 November 2012 besok, dan semoga saja melalui software baru ini PS Vita menjadi lebih worth to buy, menambah angka penjualan, serta mengundang lebih banyak pengembang untuk membuatkan game mereka.

Menambah detail benefit PS Plus di atas, untuk diskon selain dinikmati pengguna PS Vita, opsi tersebut juga bakal dirasakan mereka pengguna PS3 yang juga menjadi anggota PS Plus. Selain online storage untuk data save, update otomatis dan sinkronisasi Trophy, anggota PS Plus juga mendapatkan akses Instant Game Collection, pilihan library game yang di-update berkala, dan itu dimulai ketika PlayStation Store ter-update pada 20 November 2012.

Begitu kamu meng-update PS Vita ke software v2.00 dan PS Store mulai dibuka 20 November mendatang, maka anggota layanan PS Plus bisa men-download Instant Game Collection, yang termasuk di dalamnya game PS Vita seperti Uncharted: Golden Abyss, Jet Set Radio HD, WipEout 2048, Gravity Rush dan Tales From Space: Mutant Blobs Attack!, sekaligus juga game game hit (PSP) PlayStation Portable Final Fantasy Tactics: The War of the Lions. Selain itu jangan lupa jika pengguna PS3 dengan akun keanggotaan PS Plus sebelumnya juga bisa menikmati fitur PS Plus dan layanan tersebut baik untuk PS3 dan PS Vita tanpa tambahan biaya. Namun untuk memperpanjang masa keanggotaan, kamu tetap bisa memilih dua opsi biaya seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

Oh ya, selain PS Plus, sehubungan dengan software baru PS Vita tersebut kamu bisa melihat juga penambahan lain yang diberikan Sony melalui videi di bawah. Di sana ada beberapa fitur seperti aplikasi email baru yang mendukung Gmail, Yahoo, dan provider email lain yang belum diungkapkan. Kemudian yang pasti banyak ditunggu, kini kamu bisa berhubungan dengan PC untuk melakukan transfer file secara nirkabel / wirelessly. Aplikasi browser dan video PS Vita pun juga dipermak, kini bisa memutar file video berkualitas full HD 1080p (namun tidak dalam mode 1080p karena batasan aspect ratio. Lalu untuk browser, kini kamu bisa tweeting URL dari browser, dan ada perbaikan pada penampilan website.

Panduan dan langkah untuk meng-update software PS Vita bisa kamu buka di sini.

PS Vita System Software Update (v2.00)


SHARE
Previous articleTonton Ringkasan Keenam Film Star Wars dalam Satu Video LEGO!
Next articleIngin Memberi Nama Senjata di Disgaea Dimension 2?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.