Xbox 720 Cukup Disebut Sebagai Xbox, Sesuai Prediksi Akan Membawa “Layar Kedua”

Semuanya berawal dari dokumen roadmap Microsoft yang bocor pertengahan tahun lalu, kita mendapat bahan spekulasi mengenai rencana Microsoft dalam menyiapkan penerus mesin hiburan mereka Xbox 360. Awalnya banyak yang skeptis, bahwa apa yang disajikan dalam dokumen tersebut sekadar sekadar dibuat untuk memancing apa yang disiapkan para pesaingnya di dapur masing – masing. Namun ketika SmartGlass dirilis, dan proyek tersebut menjadi bagian dari Project Fortaleza yang disinggung dalam dokumen mereka, mulai banyak yang percaya bahwa Microsoft memang sedang melakukan sesuatu di balik laboratorim rahasia mereka.

Road to Project Fortaleza… klik gambar untuk memperbesar!!

Apalagi beberapa waktu lalu kabar mengenai tablet game ber-brand Xbox juga kembali terangkat, melahirkan satu pemikiran baru bahwa memang penerus Xbox 360 nantinya bakal memiliki dukungan kendali layar kedua layaknya Nintendo Wii U dengan GamePad-nya. Sampai beberapa waktu lalu kita masih percaya bahwa penerus Xbox bakal disebut sebagai Xbox 720, atau Xbox Loop menurut rumor lama dari tahun 2011 lalu. Namun melalui edisi terbaru di bulan Desember 2012, sekaligus juga terakhir dari majalah dari Inggris Xbox World, kami mengetahui jika Xbox terbaru itu nanti (kembali masih rumor) hanya bakal disebut sebagai “Xbox” saja.

Edisi terakhir? Yup, majalah yang sudah diterbitkan sejak tahun 2003 tersebut resmi ditutup Desember 2012 nanti. Majalah game lain dari penerbitan Future yang juga mengakhiri masa cetaknya adalah PSM3 dan Nintendo Power. Namun walaupun menjadi edisi terakhir, Xbox World sudah sejak edisi November 2012 sudah memberikan petunjuk bahwa Microsoft sedang menyiapkan konsol baru di “dapur” mereka. Memang beritanya tidak resmi, hanya sekadar dugaan, plus melalui edisi terbarunya, diperkuat dengan desain mockup alias rekaan seperti apa bakal calon penerus Xbox 360 tersebut. Kecuali ada perubahan drastis, apa yang mereka bocorkan tersebut tidak akan muncul selama event Electronic Game Show (E3) 2013, yang digelar Juni 2013 mendatang.

Augmented Reality akan menjadi salah satu senjata Xbox masa depan.

Apa yang dirumorkan melalui media tersebut antara lain, Xbox baru itu nantinya dijalankan dengan prosesor quad-core (yang masing – masing dibagi menjadi empat logical cores dan menghasilkan hingga 16 threads) dan memiliki RAM 8GB, menggunakan media Blu-Ray, dan juga mendukung semacam perangkat head-mounted augmented reality (AR), selain juga generasi baru Kinect 2.0 yang sudah kami jelaskan dalam artikel ini. Kemudian mengenai desainnya, bakal berbentuk kota dengan tombol power dan sinkronisasi di depan, tepatnya pada bagian bezel warna perak, dan di bawahnya ada port USB 3.0 yang bisa ditutup jika tidak digunakan. Lalu HDD bisa dimasukkan melalui docking bay yang ada di sisi konsol, yang juga bisa dihubungkan melalui kabel Sata. Urusan Input/Output dilengkapi dengan konektor video dan port LAN yang ada di belakang, bersama dengan port exhaust yang menunjang perputaran suhu di dalam tubuhnya.

Sepertinya Microsoft juga memilih material glossy seperti pada tablet Surface mereka untuk Xbox terbaru ini nantinya, termasuk juga sasisnya yang menggunakan bahan VapourMG magnesium alloy seperti yang digunakan untuk tablet Surface, sehingga bobotnya tereduksi cukup banyak, sekaligus masih tetap kokoh. Dari desain rekaan, serta kontroler inovatif dan juga rencana penggunaan Augmented Reality Headsets (layar kedua berupa head mounted display di depan mata) ketika konsol generasi delapan ini mulai menua, sepertinya Microsoft sudah bisa memprediksi arah perkembangan teknologi video game nantinya, dan mereka mengantisipasi dengan rencana yang matang. Kita tunggu saja jika benar bakal dikonfirmasikan Juni 2013 mendatang, namun yang pasti, Xbox terbaru ini diprediksi tidak akan hadir menyapa kita sampai akhir tahun 2013 nanti.


SHARE
Previous articleMemancing Goblin Bersama Pancipon dalam Pancipon Fishing!
Next articleKartu VISA Bertema Eksklusif Tales of Xillia 2
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.