Jagoan Komik, Karakter dan Periklanan Lahir di PPKI 2012

Tanggal 24 November 2012 kemarin adalah malam yang tidak bakal terlupakan bagi insan kreatif, pasalnya even malam anugerah Kompetisi Komik, Karakter dan Periklanan di Indonesia Creative Power, yang digeber di Epiwalk Kuningan Jakarta berhasil menelurkan jagoan-jagoan baru yang akan menyemarakkan industri kreatif di Indonesia!

Acara ini merupakan rangkaian besar dari Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012, yang berlangsung tanggal 21 hingga 25 November 2012 lalu, pelaku kreatif seantero negeri ini dikumpulkan untuk bertemu audiens, dimana diharapkan PPKI mampu menjadi satu tempat untuk melahirkan ide baru dari orang-orang kreatif yang telah banyak berprestasi serta sebagai wadah inspirasi bagi mereka yang berniat untuk terjun ke industri dan dunia kreatif. Pembuat games, animasi, komik, iklan dan lain-lain masih kerap mengandalkan konten-konten populer negara lain sebagai daya tariknya. Padahal Indonesia memiliki lebih dari 300 suku dan etnis, dengan tradisinya masing-masing yang seharusnya dapat menjadi beragam sumber kreatifitas ide.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf ini berlangsung beberapa bulan yang lalu, melalu jejaring sosial dan komunitas, dan roadshow kebeberapa daerah, banyak diikuti berbagai kalangan. Kompetisi Komik, Karakter dan Periklanan terbukti diikuti lebih dari seratus peserta, yang akhirnya mengerucut menjadi beberapa nomor terbaik yang malam itu akan diumumkan resmi.

Sebenarnya banyak juga pelaku kreatif dibidang komik yang secara profesional ikut andil bagian dalam kompetisi tersebut, banyak nama-nama perorang dan studio yang tidak asing ingin menyabet penghargaan di beberapa kompetisi. Tapi juga banyak segudang nama-nama baru, pemula, hingga mahasiswa yang membanjiri kompetisi ini, alih-alih sebagai bagian dari tugas yang dibebankan kepada mereka, ada juga yang mengukur kemampuan, iseng-iseng berhadiah!

Malam itu dihadiri beberapa pejabat penting, dan langsung dihadiri oleh Ibu Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hikmat Dharmawan dan Beng Rahardian yang juga dikenal sebagai penggiat komik Indonesia, dibuka dan dimeriahkan penampilan seniman bayang pasir, Cak Fauzan, serta Android LazerMan yang memukau publik dengan penampilannya dalam berkreativitas dengan media laser. Cosplay character performance dan video mapping multimedia.

Dipuncak acara Ibu Menteri menutup dengan sekaligus memberikan penghargaan kepada beberapa insan kreatif dari Kompetisi Komik, Karakter dan Periklanan, berikut adalah nama-nama para penerima Anugerah Kompetisi tersebut :

Kategori Kompetisi Komik

  1. Rabendra Yudistira Alamin
  2. Olvyanda Ariesta
  3. Galang Tirta Kusuma

Kategori Adu Karya Karakter Indonesia

  1. Is Yunianto
  2. Wisnu Mudito
  3. Haris Wardana

Kategori Iklan Kreatif, Kelompok Mahasiswa :

  1. Universitas Atmajaya Jakarta
  2. UGM
  3. ISTAKPRIND

Kelompok Pelajar :

  1. SMA 1 Sleman
  2. SMKN 1 Yogyakarta
  3. SMAN 1 Seman

Satu hal penting yang bisa dipetik dari kompetisi ini, perjuangan memajukan industri kreatif dalam hal ini Komik, Karakter dan Periklanan tidak berhenti sampai disini, dituntut peran besar dan kontribusi yang berkelanjutan untuk menghasilkan karya-karya baru, yakinlah Indonesia tidak kalah dengan tetangga sebelah, bahkan yang jauh disana, Indonesia punya kekuatan dan bangkit!

Bagi anda yang ingin menikmati komik salah satu pemenang, bisa dbaca di link ini adalah karya dari Rabendra Yudistira, Pemenang Juara 1 Kompetisi Komik Indonesia 2012, dengan judul Abdi Dalem episode Blangkon Sultan. Beliau adalah salah satu staf pengajar Desain Komunikasi Visual – Despro ITS, pecinta komik dan penggila film genre apapun. Berawal dari informasi yang didapatkan beberapa bulan lalu tentang Kompetisi Komik Indonesia, kompetisi ini dijadikan salah satu tugas mata kuliah Ilustrasi untuk mahasiswa tingkat 2 DKV, dengan durasi 4-6 minggu, mahasiswa melakukan asistensi karakter, cerita, coloring hingga finishing. Sebagai pengajar yang mempunyai tanggung jawab dan rasa penasaran, kenapa tidak ikutan? akhirnya Rabendra memulai menyiapkan cerita dan gambar komik Abdi Dalem, sesuai dengan ritma mahasiswanya, dia berhasil menyelesaikan tepat waktu. Setelah beberapa hari, kabar baik ia terima disiang bolong, 3 besar sudah dia kantongi, dan wajib menghadiri malam anugerah pada tanggal 24 November lalu. Rabendra mendapat peringkat pertama diikuti oleh mahasiswanya, Erwan Prijadi sebagai juara Favorit.


SHARE
Previous articleNokia S40 Terbaru Asha 205 dan Asha 206, Pertama Kali Gunakan Tombol Facebook
Next articleTeaser Trailer Fallout Lanius
Sering mendapat hukuman karena tidak pernah mengerjakan Pekerjaan Rumah pada waktu mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar. Diarak keliling sekolah sambil bergandengan tangan, dipajang didepan kelas, ikut disidang di kantor Kepala Sekolah, juga pernah memungut batang kayu untuk tusukan Bakso yang sudah bekas, kemudian ditukar sebungkus es serut kelapa.