The Phantom Pain Rumour Recap: Benarkah Akan Jadi MGS Selanjutnya?

Sudah menonton acara Video Game Awards (VGA) 2012 yang dihelat hari Jum’at kemarin? Pasti sudah tahu bukan dengan satu judul misteri yang tiba-tiba muncul dalam acara tersebut, The Phantom Pain. Dalam acara tersebut, The Phantom Pain muncul dalam satu trailer berdurasi cukup panjang, sekitar tiga menit. Dalam acara tersebut juga, game ini dikonfirmasikan sebagai judul baru dari Moby Dick Studios, developer game yang berasal dari Swedia dengan Joakim Mogren sebagai CEO-nya. Bagi kamu yang belum menyaksikan, simak trailer-nya berikut ini:

The Phantom Pain – VGA 2012 Announcement Trailer

Bagi sebagian orang, mungkin tidak menganggap trailer ini istimewa. Namun tidak bagi para penggemar Metal Gear Solid (MGS) yang “mencium” aroma MGS dalam The Phantom Pain. Banyak spekulasi beredar di dunia maya, yang menyebutkan bahwa The Phantom Pain adalah MGS 5, alias Project Ogre yang pernah dikonfirmasikan Kojima beberapa waktu lalu. Ada juga yang menyebutkan, bahwa The Phantom Pain ini adalah MGS: Ground Zeroes yang pertama kali dikonfirmasikan saat ulang tahun ke-25 MGS lalu.

Lantas, mana spekulasi yang benar? Pertama-tama mari kita bedah terlebih dahulu trailer di atas. Perhatikan menit-menit dan screenshot berikut ini:

  • 00:02 – Ada seorang dokter yang muncul dalam trailer. Sepintas terlihat seperti Dr. Kio Marv dari MGS 2: Solid Snake.
  • 00:06 – Perhatikan ada dua orang suster yang ada di background. Kojima pernah menulis tweet bahwa dua suster ini di-render dengan sempurna menggunakan Fox Engine buatannya Desember tahun lalu. Selain itu, perhatikan juga kuda yang terbakar. Kojima juga pernah menulis tweet bahwa semuanya dilakukan dengan teknologi motion capture dari Fox Engine. Hmmm..
  • 00:16 – Lagi-lagi berasal dari tweet Kojima. Kojima pernah menulis tweet pada Juni lalu bahwa dia pernah melakukan motion capture untuk kecelakaan mobil, dimana mobil tersebut terbalik.
  • 00:25 – Kelopak bunga putih yang berjatuhan dari atap mirip dengan yang ada di ending MGS 3.
  • 00:53 – Perhatikan sosok yang ada di elevator. Mungkinkah itu Psycho Mantis muda?
  • 01:10 – Apakah ini dua “phantom” yang dimaksud Kojima dalam tagline MGS: Ground Zeroes (From ‘Fox” Two Phantoms Were Born)?
  • 02:20 – Perhatikan pria yang terbakar. Mirip dengan Snake dalam Ground Zeroes, yang menggunakan armor kaki seperti dalam Portable Ops.
  • 02:30 – Perhatikan sosok yang terbakar lagi. Kali ini mirip dengan Volgin yang ada dalam MGS 3: Snake Eater.
  • 02:32 – Banyak yang berspekulasi, bahwa sosok ini adalah Raiden.
  • 02:48 – Sedikit tersamar sih, tetapi jika kamu perhatikan lebih dalam, di atas tulisan The Phantom Pain, terdapat tulisan “Metal Gear Solid V“!
  • 02: 50 – Tentaranya mirip dengan tentara yang ada di Ground Zeroes.
  • 02:55 – Protagonisnya MIRIP dengan Snake, termasuk luka yang ada di bawah matanya, mirip dengan luka yang didapatnya dalam Ground Zeroes!! Selain itu, samar-samar suaranya pun mirip suara David Hayter, yang selama ini akrab di telinga kita!

Masih ragu apakah The Phantom Pain adalah MGS selanjutnya? Simak halaman kedua ya!