Samsung NX300, DSLR Kompak Dengan Kemampuan 3D Full HD

Melalui website resminya, Kemarin Samsung mengkonfirmasikan anggota baru jajaran kamera kompak mereka melalui Samsung NX300. Lensa Samsung 45mm F1.8 2D/3D yang digunakan NX terbaru tersebut juga menjadi yang pertama di dunia yang mampu menghasilkan gambar dan video 1080p Full HD 3D hanya dengan satu lensa.

Kita sudah tahu bahwa Samsung memang banyak membuat kita kagum dengan beberapa lineup kameranya yang makin cerdas, dan bahkan sampai mengintegrasikan sistem operasi mobile Android melalui Galaxy Camera, namun kini mereka menawarkan kamera panas lainnya, tipe baru diantara seri mirrorless camera NX — alternatif yang lebih kopak dari DSLR, dan juga menawarkan lensa yang mudah digonta-ganti. Selain spesifikasi yang di-upgrade, Samsung NX300 membawa beberapa gimmick canggih baru, seperti makin cerdas berkat koneksi Wi-Fi dan kemampuan menghasilkan gambar dan video 3D dengan lensa khusus.

Standarnya NX300 memiliki sensor besar APS-CMOS yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 20.3-megapixel. Kemudian untuk mendukungnya ketika dioperasikan di ruangan minim cahaya, tingkat ISO-nya juga bisa di-boost hingga 25,600. Selain itu sistem  autofocus hybrid baru yang diklaim bisa mengunci target bidikan lebih cepat, didukung kecepatan shutter-nya yang bisa berkedip hingga 1/6,000 per detik. Dengan kombinasi tersebut, saat kamu mengaktifkan continuous shooting, bisa menghasilkan semmbilan foto dalam sekali tombol shutter ditekan.

Kemudian gadget ini menjadi lebih menarik ketika kamu mengaktifkan koneksi Wi-Fi-nya yang mendukung dual-band. Selain bisa terhubung dengan hotspot, kamu juga bisa menghubungkannya dengan smartphone atau tablet. Jadi kamu tinggal menginstall aplikasi Samsung Smart Camera yang bisa didapatkan gratis di Play Store, maka kamu bisa mentransfer dengan mudah foto dalam memory NX300 ke dalam smartphone Galaxy-mu. Aplikasi tersebut juga bisa bertindak sebagai viewfinder kedua, memungkinkanmu mengambil gambar tanpa harus menyentuh kameranya — karena kamu tinggal membidik melalui smartphone-mu. Sedangkan untuk navigasi melalui kameranya, disediakan layar sentuh 3.31-inchi dengan 768k dots berbahan AMOLED, yang bisa diatur kemiringannya secara vertikal.

Dan kemudian ketika kamu memadukan kamera tersebut dengan lensa khusus Samsung 45mm/f1.8 (dijual terpisah seharga $599.99), kamu bisa mengambil foto dan video dalam mode 3D. Lensa tersebut memanfaatkan teknologi khusus, sehingga meskipun hanya menggunakan satu lensa saja, kamu masih bisa mengambil gamber 3D, dengan cara menutupi satu sisi frame-nya (sembari masih menggunakan keseluruhan bidang sensornya), baik untuk sisi kiri dan kanan, terus bergantian dengan cepat. Gambar yang diambil dengan sebagian frame-nya tertutup bakal terlihat sedikit offset, sehingga menciptakan efek 3D. Lensa tersebut juga dengan mudah kamu bisa di-switch ke mode pengambilan foto 2D, sehingga kamu bisa menggunakannya dengan kamera NX lainnya.

Samsung membuat kamera NX-nya makin cerdas dengan NX300 ini. Selain itu, desainnya yang retro juga terlihat cantik.Tanpa lensa dan baterainya, kamera ini ketebalannya hanya 40.64-milimeter dan beratnya 277.825-gram. Samsung juga sudah memastikan bakal mulai menjual NX300 pada Maret 2013 mendatang dengan harga US $749.99, dipadukan dengan lensa 20-50mm. Plus sebagai bonus, kamu juga mendapatkan Adobe Lightroom versi terbaru, gratis!

Sumber: Samsung