Sony Mobile Mengkonfirmasikan Duo Kembar Xperia Z dan Xperia ZL

Seperti yang sudah kami ungkapkan beberapa waktu lalu, Sony Mobile menggelar press conference sebelum ajang elektronik tahunan terbesar dunia Consumer Electronic Show 2013 berlangsung. Tepatnya hari Senin 7 Januari 2013 waktu setempat, atau pagi tadi jam 08:00.pagi waktu Indonesia, Sony Mobile resmi mengkonfirmasikan Sony Xperia Z alias C660X Yuga dan Xperia ZL alias C650X Odin.

Kembali terbukti jika rumor tidak bergerak jauh dari kenyataan. Isi konferensi press Sony Mobile menjelaskan banyak fitur yang sudah kita ketahui sebelumnya mengenai Xperia Z dan Xperia ZL. Keduanya menjalankan chipset mobile tercanggih yang saat ini eksis di pasaran, Snapdragon S4 Pro dengan empat prosesor Krat yang kecepatan standarnya 1.5GHz, GPU Adreno 320 dan 2GB RAM. Layarnya 5-inchi kapasitif dengan beperangan LED, resolusi full HD 1080p serta kerapatan 441-ppi, yang terlihat makin cantik berkat pemrosesan software Mobile Bravia 2 Engine.

Sony Xperia Z

[nggallery id=297]

Kameranya yang menggunakan sensor Exmor RS 13-megapixel juga dipercaya menjadi yang paling superior di kelas “smartphone raksasa”sampai detik ini. Kemampuannya merekam video full HD 1080p memang sudah biasa. Namun dengan dukungan opsi HDR — high dinamic range — selama merekam video, membuatnya tidak biasa untuk kelas mobile. Opsi video light selama merekam video pun juga ada, jadi kamu tidak perlu ragu ketika meremak video di ruangan dengan kondisi minim cahaya.

Android 4.1 Jelly Bean (serta dipastikan bisa di-upgrade ke Android 4.2) menjadi pilihan software standarnya, yang dibalut dengan interface Xperia Launcher versi terbaru dan tak ketinggalan ada Timescape UI. Kemudian urusan konektivitas diserahkan pada dukungan 3G GSM yang mendukung koneksi hingga HSPA+, juga ada 4G LTE untuk negara yang mendukungnya, Wi-Fi, Bluetooth, GPS dengan dukungan satelit GLONASS, NFC, serta FM radio. Slot micro SD pun tak ketinggalan ada di sana menenami internal storage-nya yang berkapasitas 16 GB, seakan Sony Mobile tidak mau menjadikan minusnya slot eksternal seperti pada beberapa smartphone Xperia belakangan sebagai bahan cacian. Oh ya, tak ketinggalan keduanya juga didukung teknologi pemrosesan audio xLoud, ada IR Remote dan juga yang melegakan, keduanya sudah mengantongi sertifikat memainkan game PlayStation karena masuk daftar PlayStation Certified.

Xperia Z juga tersedia dalam pilihan warna ungu

Itu spesifikasi standar keduanya. Ada gimmick yang membuat “si kembar” itu berbeda satu-sama-lain. Seperti Xperia Z yang mendapat label sertifikat IP57, yang berarti identitas smartphone anti air dan debu langsung tertempel di tubuhnya. Kami juga menyukai desain unibody-nya yang begitu kokoh, dan dengan rapi menyimpan baterai berkapasitas besar 2,330 mAh, yang sejatinya seperti smartphone unibody lainnya, tidak bisa bebas digonta-ganti.

Masalah selera, namun menurut kami desain Xperia ZL lebih cantik.

Kemudian ciri khas Xperia ZL adalah desainnya yang lebih unik. Memang kamu tidak bisa agak ceroboh memperlakukan si ZL ini karena absennya label anti air-debu. Namun beberapa gimmick eksternalnya membuat Xperia ZL menarik. Seperti penempatan kamera sekunder yang tidak biasa, di pojok kanan bawah layar, yang pasti maksimal ketika kamu menggunakannya untuk berkomunikasi video call dengan orientasi lansekap. Kemudian lebarnya lebih kecil dari si Yuga, namun Odin ini keseluruhan justru lebih tebal, yang anehnya malah lebih ringan dari Xperia Z. Jika dibandingkan, Xperia ZL ini dimensinya 131.6 x 69.3 x 9.8-milimeter dengan berat 151-gram. Bandingkan dengan Xperia Z dengan dimensi 139 x 71 x 7.9-milimeter dan berat 146-gram.

Sony Xperia ZL

[nggallery id=298]

Keduanya direncanakan rilis Maret 2013 mendatang, dengan harga yang kembali menunggu keputusan. Walaupun sebelumnya kami mendengar bakal dipasarkan dengan harga US $660. Update: Harga versi Eropanya £528, atau sekitar Rp. 8 jutaan! Untuk Xperia Z, tersedia dalam tiga pilihan warna, hitam, putih dan ungu. Sedangkan Xperia ZL hanya hitam dan putih saja. Seperti duo Xperia T dan TX, Xperia Z dan ZL ini bakal dipasarkan untuk  pasar yang berbeda. Melihat kepastian yang masuk Indonesia justru Xperia TX, sepertinya kami lebih yakin jika yang masuk ke Indonesia adalah Xperia Z yang desainnya lebih umum. Dan untuk membuatmu bisa lebih detail melihat desain keduanya, simak saja video promonya berikut ini:

Xperia™ Z – The Precision Engineered Full HD Smartphone

Xperia™ Z – The Best of Sony in a Smartphone

Xperia™ ZL – The Precision Engineered Full HD Smartphone