Demo 5 Game Mobile Baru, Tunjukkan Kemampuan Grafis nVidia Tegra 4

nVidia memang baru mengenalkan generasi keempat chipset mobile mereka selama Consumer Electronics Show 2013 awal tahun lalu, dan gadget pertama pertama yang menjadi duta pengenalnya adalah Project Shield dari nVidia sendiri. Performanya memang tidak diragukan, dengan hasil benchmark yang melampaui banyak chipset mobile lain yang kita kenal saat ini. Sedangkan untuk kinerja gaming, satu poin yang menjadi keunggulan chipset nVidia Tegra dibandingkan kompetitornya, kita bisa berharap pada kerja maksimal GPU 72 core. Bagaimana manifestasinya dalam sebuah game mobile? nVidia menunjukkannya dalam beberapa video.

Secara teori, chipset Tegra 4 yang memiliki kodenama “Wayne” tersebut memiliki empat core CPU, namun ada core kelima yang juga menggunakan teknologi Cortex-A15 (tidak terbaca oleh OS) untuk menangani background tasks dan menghemat daya. Kinerja grafisnya diklaim 20 kali lebih cepat daripada Tegra 2, dan enam kali lebih cepat dari Tegra 3 —  pada Tegra 3 GPU-nya hanya 12 cores @ 520MHz, menjadi 72 cores @ 672MHz pada Tegra 4. Walaupun dikhususkan untuk tablet, namun ZTE sudah mengkonfirmasikan menjadi vendor pertama yang mengajukan smartphone dengan chipset Tegra 4, untuk dirilis tahun 2013 ini. Yang lainnya hanya ada satu, wakil nVidia itu sendiri, yaitu Project Shield.

Teknologi semikonduktor yang diterapkan nVidia pada chipset mereka termasuk 28 nm yang lebih ringkas dan efisien. Kecepatan prosesornya yang berasal dari keluarga ARM Cortex-A15 bisa dipacu hingga 1.9 GHz. Kemudian GPU GeForce mobile yang diterapkan terintegrasi di dalma chipset, memiliki 72 Core, kecepatannya 672MHz, dan mampu menghasilkan kalkulasi floating-point hingga 96 GFLOPS (96 milyar) — well, masih 1/10 dari kemampuannya PlayStation 4 yang mampu memberikan kekuatan proses hingga 1.84 TFLOPS (1.84 trilyun). Dan PlayStation 4 itu sendiri menerapkan konfigurasi hardware yang eksis untuk PC high end sejak setahun lalu. Namun untuk kelas mobile, apa yang ditawarkan Tegra 4 sudah sangat wah, dan masuk kelas atas. Karena itulah nVidia juga memberikan solusi murah melalui Tegra 4i.

Dan seperti kebiasaan nVidia, mereka selalu membuat iri pengguna chipset mobile lainnya dengan game-game yang dikembangkan eksklusif, atau memiliki tambahan efek-efek grafis khusus chipset Tegra 4. Seperti beberapa waktu lalu, mereka mengkonfirmasikan 5 game lainnya yang terlihat lebih cantik ketika dimainkan menggunakan chipset Tegra 4. Game-game tersebut bakal eksis melalui pasar digital khusus Tegra, yaitu Tegra Zone. Berikut game-game yang mendapatkan peningkatan sentuhan Tegra 4.

Tegra 4-enhanced Zombie Driver

Project SHIELD: Dead on Arrival 2

Project SHIELD: Burn Zombie Burn

Zombie Driver tersebut sudah dikonfirmasikan sebelumnya, namun ada tambahan 5 game baru lainnya yang menddukung Tegra 4. Antara lain, Burn Zombie Burn dari Tick Tock Games, yang menempatkanmu di tengah arena survival yang dipenuhi serangan zombie. Lalu Dead on Arrival 2 dari N3V Games, lagi-lagi kamu harus selamat dari kehancuran akibat serangan zombie. Keduanya bisa dinikmati dengan grafis resolusi tinggi dan banyak efek PhysX.

Tegra 4 TegraZone Game Carie Blood Mansion

Game lainnya, RPG CODEX: The Warrior dan Carrie: Blood Mansion dari Neowiz memberi nuansa yang berbeda. Seperti dua game zombie di atas, kita akan mendapatkan banyak wujud tekstur beresolusi tinggi, sarat unsur physic melalui PhysX, hingga efek-efek api dan asap yang jauh lebih advance.

Tegra 4-enhanced RU Golf

Sedangkan pilihan lain yang menjauh dari atmosfer gelap, ada RU Golf dari Nutgee. Game yang sebelumnya eksis untuk Tegra 3, namun kini melalui Tegra 4 dengan lebih banyak fitur grafis baru, tampilannya pun lebih kaya dengan efek lightning yang lebih dinamis, soft shadow, serta efek bloom dan lens flare.

Dan untuk menikmati game-game tersebut melalui screenshot, kamu buka saja slideshow berikut ini:

[nggallery id=433]

[cb type=”company”]nvidia[/cb]

Sumber: nVidia


SHARE
Previous articleTangkap Semua Pokemon di Paket Happy Meal McDonald’s!
Next articleSpesifikasi Samsung Galaxy S4 Kembali Bocor, Kali Ini Melalui Data Benchmark Antutu
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.