Liputan Diecast Fest 2013: Sebuah Ajang Bagi Para Pecinta Mobil-Mobilan!

Hai Citizen! 11-12 Mei 2013 kemarin baru saja digelar sebuah acara bagi para penggila mainan mobil-mobilan atau yang biasa disebut diecast. Event yang bertajuk Diecast Fest 2013 dan diadakan di GOR Bulungan, Jakarta ini menghadirkan banyak booth dari toko-toko mainan yang menjual berbagai macam diecast. Tidak hanya diecast saja, banyak juga yang menjual action figures. Bahkan, ada action figures dari karakter serial Saint Saiya, yaitu Poseidon, yang termasuk dalam kategori Limited Edition loh, harganya mencapai Rp. 2.8 juta rupiah!

Selain menjadi ajang jual beli diecast, di acara kali ini juga diadakan berbagai macam lomba seperti lomba custom diecast dan lomba Tomica Byun-Byun, yaitu lomba balap diecast mobil di sirkuit mini. Bagi yang tertarik dengan custom diecast, panitia juga menyediakan tempat untuk workshop custom diecast. Diecast yang sudah dicustom ternyata memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan versi standar. Sebagai contoh, sebuah diecast yang dimodifikasi oleh komunitas Hyperblast, sebuah komunitas custom diecast, bisa mencapai harga Rp. 400.000. Padahal, versi standarnya hanya berada di kisaran puluhan ribu rupiah.

Panitia juga menyediakan area yang diperuntukkan bagi kolektor untuk memamerkan koleksi-koleksi mereka. Yang dipamerkan biasanya adalah diecast limited edition yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Ada juga komunitas Tintin ID dan ternyata mereka memiliki cukup banyak diorama Tintin yang menggunakan diecast sebagai set utamanya. Pengunjung yang datang pun bervariasi, walaupun banyak anak kecil, ternyata yang sibuk berbelanja kebanyakan adalah orang tua mereka loh!

[nggallery id=546]


SHARE
Previous articleSetelah BioShock Infinite, Ken Levine Siapkan Game Baru?
Next articleThe Novelist, Proyek Game dengan Konsep Kreatif dari Mantan Punggawa LucasArts!
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.