#GeekFromThePast: Polisi Bionic Dari Hawk Haven, SILVERHAWKS!

Sekitar akhir tahun 80-an TVRI pernah menyiarkan kartun tentang 5 jagoan antariksa berkostum logam seperti burung yang dikenal dengan nama Elang Perak.

#GeeksFromThePast kali ini mau membahas “SilverHawks” nama seri kartun Amerika tersebut, dikembangkan oleh Rankin/Bass Productions, dan didistribusikan tahun 1986 oleh Lorimar-Telepictures. Animasinya dibuat oleh studio Jepang, Pacific Animation Corporation, dengan total 65 episode. Dibuat sebagai pengimbang dalam versi luar angkasa dari seri Rankin/Bass Productions sebelumnya, yaitu “ThunderCats” (bahkan banyak pengisi suara dari seri ini yang merupakan juga pengisi suara ThunderCats).

Setting-nya di galaksi Limbo, berada dalam ancaman boss mob alien jahat yg berhasil meloloskan diri dr tahanan Penal Planet 10, lalu juga membebaskan beberapa tahanan lainnya. Mon*Star, boss mob tersebut dpt berubah menjadi sangat kuat bila terkena sorotan cahaya Moonstar dari Limbo, ia bertujuan untuk menguasai Limbo dari tempatnya, di Brimstar.

Penjahat lain yang bersama Mon*Star antara lain Yessman, Buzz-Saw, Mumbo-Jumbo, Windhammer, Mo-Lec-U-Lar, Pokerface, Hardware, dan Melodia.

Komandan polisi luar angkasa bionik bernama Stargazer meminta bantuan Federal Interplanetary Force, yg mengirim lima opsir “SilverHawk”, penegak hukum bionik ber-kostum-pelindung logam, dengan penutup muka (yang bisa dibuka tutup) berbentuk seperti elang, sayap tersembunyi (kecuali 1 anggota), thruster di siku, dan persenjataan laser dari kostumnya.

Anggota dari SilverHawk adalah Quicksilver (yang nama aslinya dulu adalah Jonathan Quick), Bluegrass, Steelheart (Emily Hart), Steelwill (Will Hart), dan Copper Kidd, juga tentunya komandan Stargazer. Bergabung kemudian anggota tambahan; Hotwing, Flashback, Moonstryker, dan Condor.

Setiap anggota SilverHawk memiliki burung cyborg untuk membantu mereka, Tally Hawk (milik Quicksilver), Sideman (Bluegrass), Rayzor (Steelheart), Stronghold (Steelwill), Mayday (Copper Kidd), dan Sly-Bird (komandan Stargazer). Lalu milik anggota tambahan, yaitu Gyro (Hotwing), Backlash (Flashback), Tailspin (Moonstryker), dan Jet Stream (Condor).

SilverHawk tinggal di markas-satelit, Hawk Haven, dimana tersimpan kendaraan2 mereka seperti pesawat tim, Miraj, yang biasanya dipiloti Bluegrass (SilverHawk yg tidak memiliki sayap).

Seri kartun SilverHawks juga memiliki komik seri, seperti ThunderCats, yang diterbitkan Marvel Comics saat itu (dibawah nama Star Comics).

Warner Bros membeli Lorimar pada tahun 1989, mengambil alih hak atas seri tersebut.

Karakter antagonis utama SilverHawks, Mon*Star, pernah menjadi cameo sekilas dalam film remake dari ThunderCats tahun 2011, di episode “Legacy”. Ia terlihat di monitor anjungan kapal Mumm-Ra (antagonis utama ThunderCats).

Lalu kesuksesan animasinya berlanjut ke Industri Action Figures! Action Figuresnya SilverHawks diproduksi oleh Kenner dan pertama kali dirilis pada tahun 1987.

 


SHARE
Previous article#GeekFromThePast: Thunder Thunder THUNDERCATS HOOO!
Next articleTop Up Qash Pakai Pulsa Axis, Dapatkan Beragam Hadiah Menariknya!
Green Gentleman | Urban Walkers | Monstrologist & Cryptozoologist | WWII Maniac | Boardgamers & Digital Gamers | Founder of Pure Ink Creative Studio + Movies Explorer Club + World Mythology Community + Gotham Citizen Club.