#GeekFromThePast Game Unik, Bernuansa Komik, COMIXZONE!

#GeekFromThePast kali ini mau bernostalgia membahas game COMIXZONE!  Buat para pemain konsol Sega Genesis, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama ComixZone, salah satu game legendaris dengan visual yang sangat asik pada masanya. Comixzone adalah game action dengan gaya game arcade yang dirilis pada tahun 1995. Game ini mempunyai konsep visual yang unik, yaitu semua stage/levenya diset seperti terjadi dalam panel-panel dari sebuah komik.

Setiap level dalam Game Comixzone terdiri dr 2 “halaman” komik, dalam setiap area rahasia-rahasia terkadang dapat ditemukan dengan merobek bagian tertentu dari halaman panel komik tersebut. Dialog-dialog khusus dalam game ini pun digambarkan dengan balon-balon kata dan dengan font komik.  Pewarnaan sprite & latar game Comixzone memiliki corak terang dan dinamis yg sering ditemui pada style komik-komik Superhero Amerika.

Plot cerita dimulai dengan karakter utamanya, Sketch Turner, seorang seniman/kartunis & pemusik rock freelance yang sedang mengerjakan komik terbarunya Comixzone. Komik Comixzone bercerita tentang perjuangan dari “New World Empire” yang berusaha mempertahankan bumi dari serangan Alien, ide yang terispirasi dari mimpi-mimpi Sketch yang olehnya terasa begitu nyata.
Lalu pada suatu malam, ketika Sketch sedang mengerjakan Comixzone, diluar apartemennya terjadi badai dgn banyak petir besar menyambar. Entah bagaimana badai tersebut seperti secara ajaib mempengaruhi komik yg dikerjakannya. Tiba-tiba listrik berpijar dr halaman yang digambar Sketch. Kemudian dari halaman tersebut keluar karakter antagonis utama, seorang mutant bernama Mortus.
Mortus lalu menangkap & melempar Sketch ke dalam Comixzone, dia berniat untuk mempertahankan kebebasannya di dunia nyata, dengan cara menghancurkan Sketch dalam Comixzone, karena dia tidak dapat melakukannya langsung di dunia nyata.

Saat terlempar masuk Comixzone Sketch langsung terhempas didepan Alissa Cyan yang percaya bahwa dia adalah pahlawan “yg terpilih” (The Chosen One) Alissa menyatakan bahwa Sketch datang sesuai ramalan untuk menyelamatkan dunia post-apocalyptic tersebut dari kejahatan Mortus & serangan Alien. Dengan tidak memperdulikan protes Sketch, Alissa lalu menugaskannya Sketch ke sebuah misi secara berkala, dan memberikan instruksi & petunjuk-petunjuk lewat sebuah unit radio.

Di luar Comixzone, Mortus yang telah memiliki kehadiran fisik dpt mengubah Comixzone sesuai kehendaknya, menggambar musuh-musuh untuk dihadapi Sketch, bahkan juga membakar bagian dari halaman. Pada panel terakhir, yang belum selesai, Sketch menemukan misil nuklir siap luncur, Alissa lalu berusaha menggagalkan sistemnya. Mortus lalu kembali ke Comixzone, memasukkan Alissa ke dalam ruang pada misil, yang perlahan-lahan mulai terisi oleh air. Sketch harus mengalahkan Mortus sambil berusaha menyelamatkan Alissa.

Dalam Comixzone Sketch jg dibantu oleh Roadkill, tikus peliharaanya dr dunia nyata yg entah bagaimana ternyata juga ikut terteleportasi ke dalam komiknya. Roadkill, yang terkurung dalam kandang, ditemukan Sketch tak lama setelah ia tiba di dalam dimensi Comixzone. Nampaknya ekor Roadkill terkena percikan listrik saat Mortus keluar, yang entah bagaimana membuat badannya dapat menghantarkan listrik. Saat dilepas di dalam Comixzone, Roadkill dapat membantu Sketch dalam banyak hal, dalam pertempuran ia akan menghampiri musuh & menyengatnya dg listrik. Roadkill juga terkadang membantu melampaui rintangan tertentu, atau menemukan barang-barang tersembunyi dengan cara merobek sedikit dari halaman komik tersebut.

Dalam dimensi Comixzone, Sketch memiliki kemampuan untuk membuat pesawat kertas yang lalu dilemparnya sebagai senjata yang sangat kuat. Untuk membuat pesawat kertas tersebut, Sketch akan merobek sedikit dari latar halaman Comixzone sbg bahannya, tapi tindakan ini mengurangi sedikit hit point Sketch. Ada beberapa power attack yang dapat mementalkan musuh dan bila menghantam batas frame tertentu yang lemah, musuh tersebut akan  merobek batas panel dan tembus ke frame berikutnya. Pada panel-panel tertentu, Sketch juga melanjutkan perjalanannya dengan menyebrangi batas antar frame. Game Comixzone ini memiliki 2 ending. Ending yang baik jika pemain berhasil mengalahkan Mortus & menyelamatkan Alissa. Ending Alternatifnya adalah Mortus dikalahkan tapi Alissa tdk berhasil diselamatkan. Bila Sketch mati/Game Over sebelum mencapai panel terakhir di Comixzone, Mortus akan berubah dari berbentuk ilustrasi menjadi mahluk hidup seutuhnya.

Sampai saat ini belum ada sekuel atau spin-off dari game legendaris ini. Game ini pernah diadaptasi utk Game Boy Advance di tahun 2002. Comixzone versi Game Boy Advance tersebut hanya dirilis untuk region Eropa, dikembangkan oleh Virtucraft dan diluncurkan oleh Sega. Game Comixzone juga muncul di Sonic Mega Collection versi Jepang, sebagai secret game.

Sega Mega Drive Collection untuk PlayStation 2 dan PlayStation Portable juga memasukan Comixzone dalam daftar gamenya. Pada 29 Januari 2007, Comixzone dirilis untuk Wii Virtual Console, dan pada 10 Juni 2009 untuk Xbox Live Arcade. Kemuadian dalam Sonic’s Ultimate Genesis Collection utk Xbox 360 dan PlayStation 3, Comixzone juga muncul kembali. Steam menyediakan Comixzone tahun 2010. Di Agustus 2011 game ini dapat di download di PlayStation Network sebagai bagian dr SEGA Vintage Collection.

Sebelum perilisan perdananyanya, Sega Technical Institute, studio pengembang dari Sega of America, sebenarnya pernah membuat konsep game Comixzone yang lain. Demo tersebut diberi nama “Joe Pencil trapped in the Comixzone”

Inilah teaser pendek dari “Joe Pencil trapped in the Comixzone”

Menurut desainer gamenya, Peter Morawiec, dia pernah membuat konsep desain proyek Comixzone dalam bentuk 3D untuk pitching ke SEGA. Sayangnya ide Comixzone 3D tersebut tidak mendapat tanggapan dan “Intellectual Property”-nya akhirnya terbengkalai dan ditinggalkan.

 


SHARE
Previous articleComputex 2013: Smartphone ”Raksasa” Dari Acer, Layar 5.7-inchi dengan Chip MediaTek MT6589T
Next articlePES 2014 Resmi Dikonfirmasikan, Maksimalkan Penggunaan FOX Engine!
Green Gentleman | Urban Walkers | Monstrologist & Cryptozoologist | WWII Maniac | Boardgamers & Digital Gamers | Founder of Pure Ink Creative Studio + Movies Explorer Club + World Mythology Community + Gotham Citizen Club.