009-1 Live Action: the End of Begining, Adaptasi Manga Karya Ishinomori Bertema Dewasa

Jika kamu mengenal Ishinomori yang terkenal dengan komik Kamen Rider-nya, maka pasti kamu mengenal manga pertamanya yang berjudul Cyborg 009. Setelah tamat, Ishinomori kembali membuat spin-off dari Cyborg 009 yang berjudul 009-1. Dalam seri spin-off-nya ini, 009-1 memiliki karakter utama yang berbeda. Kali ini fokus utamanya adalah pada agen cyborg 009-1 yang bernama Mylene Hoffman. Ia merupakan cyborg pertama dari organisasi 00 (Zero Zero) yang bentuk fisiknya adalah seorang wanita, dan untuk live action-nya kali ini karakter tersebut diperankan oleh Mayuko Iwasa yang sebelumnya memainkan peran Sonoko Suzuki dalam Detective Conan.

[nggallery id=665]

Meskipun dalam versi manganya 009-1 masih ada hubungannya dengan Cyborg 009 (karena sang protagonis utamanya sering muncul di seri manganya), namun versi live action kali ini sedikit berbeda karena tidak menyinggung sama sekali tentang seri Cyborg 009. Inti cerita yang diangkat adalah tentang peluncuran Mylene Hoffman itu sendiri di sebuah operasi militer yang melibatkan dua belah pihak yang sedang mengalami perang dingin yang tak kunjung usai.

Sama seperti manganya yang dirilis tahun 1967 lalu, 009-1 bukanlah konsumsi untuk anak-anak. Sebab dalam melakukan aksinya, sang agen Mylene Hoffman tidak hanya menggunakan pistol dan senapan api lainnya saja untuk melawan musuhnya. Ia juga dapat menggunakan senjata pamungkasnya yaitu “Breast Gun.” Film yang disutradarai oleh Koichi Sakamoto (Power Rangers, Kamen Rider Movie) ini akan dirilis di Jepang pada 7 September 2013 mendatang.

Dipersembahkan Untuk Sang Pencipta
Film adaptasi manga ini dipersembahkan oleh sang penciptanya sendiri yaitu Shitaro Ishinomori, yang seharusnya menginjak umur 75 tahun pada tahun ini. Manga 009-1 sendiri, sebelumnya selesai dalam 6 volume padat yang rilis mulai dari tahun 1967 hingga tahun 1970. Seperti manga lainnya, ia juga membuat versi live action-nya pada tahun 1969 dengan judul Flower Action 009/1 dengan total 13 episode, dan dikerjakan oleh Toei.

Sebelum live action movie-nya, pihak Ishinomori Production juga telah merilis anime dari seri ini dengan judul 009-1 pada tahun 2006 lalu dengan total 13 episode. Meskipun tipe gambarnya berbeda, anime ini bisa menceritakan kisah 009-1 dengan baik.

Perkembangan desain 009-1 dari manga awal, drama live action Flower Action 009/1, 009-1 anime, dan terakhir 009-1: the End of Beginning oleh Mayuko Iwasa

Dibanjiri Banyak Alumni Tokusatsu Jepang
Selain Koichi Sakamoto sebagai sutradara, ternyata banyak aktor dan aktris yang sebelumnya bermain di seri tokusatsu, juga ikut bermain dalam film ini loh. Meskipun peran mereka belum jelas, tetapi mereka sudah dikonfirmasikan bakal muncul. Beberapa nama yang tidak asing adalah:

Minehiro Kinomoto (Kamen Rider Accel)
Mao Ichimichi (Gokai Yellow)
Nao Nagasawa (Hurricane Blue)
Naoto Takenaka (Horror dari Garo: Makai Senki)
Aya Sugimoto (Maria S. Cranberry dari Kamen Rider W Movie)
Kazutoshi Yokoyama (Leo Zodiarts)
Tsukui Minami (Hopper Dopant)


SHARE
Previous articleReview Bima Satria Garuda Episode 2, Kemunculan Rasputin!
Next articleDahsyatnya Nedera Pada Hari Kedua Popcon Asia 2013 di Booth Vandaria
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.