Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Sengoku Ixa sudah memasuki minggu ketiga fase Closed Beta. Simak impresi duniaku dan juga review beberapa fitur penting dalam game hasil kolaborasi Square Enix dan Agate Studio ini di dalam!

Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Seperti yang sudah kami beritakan beberapa waktu lalu, Square Enix telah menjalin kerja sama dengan salah satu game developer asal Bandung, Agate Studio untuk merilis Sengoku Ixa di Indonesia. Dan sudah sejak awal Juli lalu, game berbasis web ini sudah memasuki fase Closed Beta-nya, dan masih akan terus berlanjut hingga 21 Juli 2013 yang akan datang. Duniaku memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu partisipan dalam fase Closed Beta game yang mengambil setting zaman Sengoku di Jepang ini.

Di awal permainan, kamu akan disuguhi pilihan region Jepang mana yang akan menjadi start point-mu. Selain memilih region, kamu juga harus memilih satu dari enam klan yang ada, namun untuk fase Closed Beta ini klan yang bisa kamu pilih masih terbatas baru dua saja, yaitu klan Oda Nobunaga dan Tokugawa. Setelah beberapa kustomisasi dan setting, maka peranmu menjadi seorang Joushu untuk membantu pemimpin klan yang kamu pilih dimulai. Ya, di sini kamu harus membantu pemimpin klan untuk menjadi klan terbaik di tanah Jepang dengan mengalahkan klan-klan lainnya!

Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Secara garis besar, gameplay game ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu membangun desa, memperluas desa dengan menyerang tanah kosong atau desa lain, dan fase perang. Saat membangun desa, kamu bisa membangun kekuatan dan menyiapkannya sebelum melancarkan sebuah serangan. Sebelum bisa membangun pasukan, terlebih dahulu kamu harus membangun fasilitas pengolah sumber daya yang menjadi tulang punggung aktivitas desamu, seperti pertenunan, depot kayu dan pertambangan. Tetapi dalam membangun ini kamu tidak boleh sembarangan, karena kamu harus meletakkan fasilitas tersebut di dekat sumber daya yang menjadi bahan bakunya. Sebagai contoh, kamu bisa membangun pertenunan di petak samping kebun kapas atau membangun depot kayu di sekeliling hutan.

Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Setelah selesai membangun fasilitas sumber daya, kamu bisa mulai membangun akademi untuk membentuk pasukan. Setiap akademi bisa mencetak pasukan tiap waktu tertentu yang semakin singkat seiring dengan pertambahan levelnya. Terdapat sekitar 18 macam pasukan yang terbagi menjadi empat kelas, yaitu Infantri, Kavaleri, Pemanah dan Mesin. Masing-masing kelas tersebut memiliki statistik dan kekuatan yang berbeda satu dengan lainnya dan bisa kamu lihat statistiknya dalam tabel berikut ini.

Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Kelas Infantri adalah kelas pasukan yang utamanya menggunakan senjata tombak, seperti Ashigaru dan Nagayari. Kelas Pemanah adalah pasukan yang utamanya menggunakan senjata panah, seperti Yumihei dan Choukyuuhei. Ketiga, kelas Kavaleri adalah Pasukan yang menerapkan penyerangan dengan kelincahan kuda, seperti Kibahei dan Seiei Kibahei. Dan terakhir, Kelas Mesin adalah Pasukan yang memiliki spesialisasi khusus seperti "Hajo-tsui" yang ahli dalam menghancurkan Istana atau Benteng, dan "Teppouhei" yang ahli dalam penyerangan melawan pasukan lawan.

Lanjut ke halaman selanjutnya ya.

Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Untuk memimpin pasukan melakukan ekspedisi, kamu harus membentuk batalion yang dipimpin oleh seorang Jenderal. Jenderal dalam game ini direpresentasikan dengan bentuk kartu dengan raritas yang berbeda-beda. Tingkatan raritas kartu dalam game ini dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi adalah sebagai berikut.

Pemula -> Ksatria -> Veteran -> Legenda -> Dewa

Tentu saja, semakin tinggi raritasnya maka akan semakin sulit untuk mendapatkannya alias langka. Namun, karena langka, maka kekuatannya tentu lebih besar dari kartu tingkat raritas sebelumnya. Setelah batalion terbentuk, kamu bisa melakukan ekspedisi ke petak kosong atau desa lain untuk mendapatkan item, atau juga bahkan memperluas desamu agar bisa membangun lebih banyak fasilitas. Kamu juga bisa memperkuat pasukan untuk ikut dalam perang yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Dalam perang ini, kamu bisa membela klanmu plus jika kamu termasuk satu dari sepuluh kontributor perang terbesar, akan mendapatkan berbagai macam item menarik.

Sebagai sebuah web based game, Sengoku Ixa menawarkan gameplay yang cukup kompleks. Namun, kompleksitas tersebut berhasil ditutupi oleh kemudahan tutorial yang diberikan di awal permainan, serta halaman bantuan yang bisa kamu akses sewaktu-waktu di bagian kanan atas layar. Keunikan lain yang membedakan Sengoku Ixa dari game senada adalah penggunaan collectible card untuk jenderal yang total sekitar 200 kartu. Meskipun sudah mendapatkan kartu dengan raritas yang tinggi dan cukup tangguh saat perang, sistem collectible card ini tentunya akan terus menarik pemain untuk mendapatkan kartu-kartu lain bahkan untuk raritas yang lebih rendah sekalipun.

Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Sayangnya game ini juga masih memiliki kekurangan, seperti game yang terasa "sepi" karena tidak ada soundtrack atau lagu yang mengiringi saat permainan. Pun juga saat terjadi event-event tertentu juga tidak ada suara-suara apapun yang muncul dari dalam game. Semoga saja kekurangan ini nantinya bisa diperbaiki dalam fase Open Beta-nya nanti. Sayangnya lagi, saat ini pendaftaran untuk fase Closed Beta juga sudah ditutup alias kamu sudah tidak bisa ikut berpartisipasi. Tetapi tenang saja, kamu masih bisa mengikuti keseruan game ini di fase Open Beta-nya nanti. Tunggu tanggal mainnya ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU