Impresi Closed Beta Sengoku Ixa, Bantu Pemimpin Klan untuk Menguasai Jepang!

Seperti yang sudah kami beritakan beberapa waktu lalu, Square Enix telah menjalin kerja sama dengan salah satu game developer asal Bandung, Agate Studio untuk merilis Sengoku Ixa di Indonesia. Dan sudah sejak awal Juli lalu, game berbasis web ini sudah memasuki fase Closed Beta-nya, dan masih akan terus berlanjut hingga 21 Juli 2013 yang akan datang. Duniaku memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu partisipan dalam fase Closed Beta game yang mengambil setting zaman Sengoku di Jepang ini.

Di awal permainan, kamu akan disuguhi pilihan region Jepang mana yang akan menjadi start point-mu. Selain memilih region, kamu juga harus memilih satu dari enam klan yang ada, namun untuk fase Closed Beta ini klan yang bisa kamu pilih masih terbatas baru dua saja, yaitu klan Oda Nobunaga dan Tokugawa. Setelah beberapa kustomisasi dan setting, maka peranmu menjadi seorang Joushu untuk membantu pemimpin klan yang kamu pilih dimulai. Ya, di sini kamu harus membantu pemimpin klan untuk menjadi klan terbaik di tanah Jepang dengan mengalahkan klan-klan lainnya!

Secara garis besar, gameplay game ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu membangun desa, memperluas desa dengan menyerang tanah kosong atau desa lain, dan fase perang. Saat membangun desa, kamu bisa membangun kekuatan dan menyiapkannya sebelum melancarkan sebuah serangan. Sebelum bisa membangun pasukan, terlebih dahulu kamu harus membangun fasilitas pengolah sumber daya yang menjadi tulang punggung aktivitas desamu, seperti pertenunan, depot kayu dan pertambangan. Tetapi dalam membangun ini kamu tidak boleh sembarangan, karena kamu harus meletakkan fasilitas tersebut di dekat sumber daya yang menjadi bahan bakunya. Sebagai contoh, kamu bisa membangun pertenunan di petak samping kebun kapas atau membangun depot kayu di sekeliling hutan.

Setelah selesai membangun fasilitas sumber daya, kamu bisa mulai membangun akademi untuk membentuk pasukan. Setiap akademi bisa mencetak pasukan tiap waktu tertentu yang semakin singkat seiring dengan pertambahan levelnya. Terdapat sekitar 18 macam pasukan yang terbagi menjadi empat kelas, yaitu Infantri, Kavaleri, Pemanah dan Mesin. Masing-masing kelas tersebut memiliki statistik dan kekuatan yang berbeda satu dengan lainnya dan bisa kamu lihat statistiknya dalam tabel berikut ini.

Kelas Infantri adalah kelas pasukan yang utamanya menggunakan senjata tombak, seperti Ashigaru dan Nagayari. Kelas Pemanah adalah pasukan yang utamanya menggunakan senjata panah, seperti Yumihei dan Choukyuuhei. Ketiga, kelas Kavaleri adalah Pasukan yang menerapkan penyerangan dengan kelincahan kuda, seperti Kibahei dan Seiei Kibahei. Dan terakhir, Kelas Mesin adalah Pasukan yang memiliki spesialisasi khusus seperti “Hajo-tsui” yang ahli dalam menghancurkan Istana atau Benteng, dan “Teppouhei” yang ahli dalam penyerangan melawan pasukan lawan.

Lanjut ke halaman selanjutnya ya.