“Flagship on a Diet”, Bandingkan Galaxy S4 mini dan HTC One mini, Mana yang Lebih Baik?

Menurut Samsung, banyak pengguna smartphone di Eropa yang meminta smartphone dengan ukuran layar 4-inchi. Hal itu diungkapkan ketika mereka pertama kali akan mengkonfirmasikan Galaxy S3 mini Oktober tahun 2012 lalu. Tidak disangka memang, smartphone yang justru menjadi pengisi pasar kelas menengah Samsung tersebut cukup populer, apalagi karena adanya label flagship “Galaxy S3” dan ukuran yang lebih nyaman dioperasikan dengan sebelah tangan.

Belum sampai satu tahun sejak flagship “on-diet” tersebut muncul di pasaran awal tahun ini, Samsung sudah menyiapkan penerusnya, Galaxy S4 mini. Memang di luar sana Galaxy S4 mini sudah dijual di pasaran, dengan dua pilihan varian, i9190 untuk single SIM, dan i9192 untuk dual SIM. Namun melihat di Indonesia Samsung sudah memasukkan Galaxy Mega, sepertinya yang masuk ke negara kita adalah varian single SIM, sesuai data dari ditjen postel berikut ini. Harganya di luar saja untuk yang dual SIM dipatok US $483 hingga $580 di Amerika, atau sekitar Rp. 4,8 hingga 5,8 jutaan. Samsung juga sudah merilisnya di India dengan harga INR27,990, atau sekitar Rp. 4,7 jutaan.

Awalnya smartphone “kecil” dengan label flagship ini hanya disanding oleh Galaxy S3 dan Galaxy S4 mini saja. Namun sejak kemarin HTC juga ikut masuk ke pasar middle up yang juga belum diisi oleh produk mereka, melalui HTC One mini. Sayangnya, HTC One mini baru meluncur bulan depan, dan rencananya secara global akan dirilis September mendatang. Di Indonesia sendiri sertifikat HTC One mini sudah masuk dapur balai uji Ditjen Postel (dengan kode HTC 601e), dan dicetak sejak pertengahan Mei 2013 lalu melalui importir resmi PT. High Tech Computer Indonesia. Semoga saja juga dirilis tepat waktu, dan tidak mengalami gejala kamera “purple tint” seperti pada sensor kamera HTC One (akibat sering mengganti setting ISO secara manual).

Dan karena Galaxy S4 mini serta HTC One mini menjadi versi mini dari flagship yang memiliki keunggulan masing-masing, sudah banyak yang membandingkan, mana diantara keduanya yang lebih baik. Jika pendapat sekilas, One mini unggul karena kamera ultrapixel dan casingnya yang unibody dari material aluminium. Sedangkan Galaxy S4 juga menarik karena dimensi yang lebih kompak dan bentuknya mirip dengan smartphone terlaris di dunia, Galaxy S4. Mana yang lebih baik diantara keduanya, berikut kami berikan tablet perbandingan yang memadukan spesifikasi dan fitur unggulan keduanya.


SHARE
Previous articleSDCC 2013: Cobie Smulders Dipastikan Muncul di Marvel’s Agents of S.H.I.E.L.D.!
Next articleSDCC 2013: Tujuh Poster Karakter dari Seventh Son
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.