Dua Protagonis, Dua Intro, Dua Warna, Semua Serba Dua di Tales of Xillia!

Namco Bandai Games benar-benar memanjakan penggemar serial Tales di barat, karena besok pada tanggal 6 Agustus 2013, mereka akan merilis Tales of Xillia di Amerika Utara! Di Jepang sendiri, game ini telah dirilis pada tanggal 8 September 2011 lalu dan sekaligus menjadi peringatan 15 tahun serial Tales.

Tidak seperti seri Tales sebelumnya di mana animasi cutscene ditangai oleh Production I.G., di Xillia ditangani oleh Ufotable, studio yang juga menangani animasi dari serial OVA Tales of Symphonia. Dan untuk pertama kalinya dalam serial mothership Tales, pemain akan mendapatkan sudut pandang kamera over-the-shoulder, tidak seperti serial Tales lain yang menggunakan sudut pandang over-head (dari atas). Sehingga dengan ini pemain akan lebih merasakan sensasi seperti yang dirasakan karakternya. Dan juga semua bangunan serta obyek dan struktur lingkungan dibuat dengan ukuran sesungguhnya, sehingga terkesan lebih nyata.

Seperti yang kamu ketahui, game ini menghadirkan dua protagonis utama yang bisa kamu pilih di awal permainan, yakni Jude dan Milla, dimana masing-masing karakter tersebut didesain oleh dua ilustrator berbeda yang menangani desain karakter seri Tales (Mutsume Inomata dan Kousuke Fujishima). Ini juga menjadi debut di mana seri Tales mendapatkan desain karakter dari dua desainer berbeda dalam satu game.

Setting-nya adalah dunia fiktif bernama Liese Maxia, dunia dimana manusia dan monster hidup berdampingan dengan para spirit. Spirit ini mendukung kehidupan manusia dengan mengabulkan permintaan manusia seperti kemampuan mengendalikan mana (Spirit Power), dengan imbalan dilindungi oleh yang meminta. Spirit yang paling kuat bernama Maxwell, walaupun keberadaannya sendiri masih dipertanyakan.

Di Rieze Maxia, ada dua negara besar yang saling bersaing untuk memperebutkan kekuasaan. La Shugall adalah kerajaan dengan sejarah panjang mengenai penggunaan Spirit Power, sehingga kerajaan tersebut tumbuh menjadi kerajaan yang makmur. Sedangkan kerajaan A Jule adalah kerajaan yang sedang berkembang, mengutamakan kekuatan militer dan pengendalian para monster untuk melindungi kerajaannya.

Tentu saja nantinya cerita bergulir kepada para protagonis, seperti pertemuan antara Jude dan Milla, yang nanti bertemu dengan Alvin, dan seterusnya. Pertarungan tetap terfokus pada aksi yang cepat dengan sistem khas Linear Motion Battle System, namun dengan inovasi yakni memfokuskan pada interaksi dua karakter secara simultan pada saat bertarung, Double Raid LMBS.

Banyak juga fitur-fitur baru yang dihadirkan untuk Xillia ini, dan tentu tidak melupakan fitur khas serial Tales. Seperti halnya seri Tales lain yang dirilis untuk konsol next-gen, di sini kamu akan menemui DLC (yang kebanyakan berupa kostum baru) yang bisa dibeli. Juga tidak ketinggalan fitur Trophy, multiplayer kooperatif, dan mendukung tampilan 3D.

Dan seperti seri Tales akhir-akhir ini, di Xillia kamu bisa menemukan berbagai macam aksesoris untuk mengkustomisasi penampilan karakter. Tidak hanya itu, karena kamu juga bisa mengatur posisi penempatan aksesoris, mengubah warna dan ukuran, atau sudut pandang aksesoris tersebut. Benar-benar menarik bukan? Saya rasa Bandai Namco memberikan segalanya demi Xillia ini, mengingat game ini juga sekaligus memperingati 15 tahun serial Tales.

Namco Bandai Games akan merilis Tales of Xillia eksklusif untuk PlayStation 3 di Amerika Utara pada tanggal 6 Agustus 2013 besok, disusul di Eropa pada tanggal 9 Agustus 2013.

Double Raid Linear Motion Battle System

Double Raid LMBS di sini memfokuskan pada pertarungan kooperatif antara dua karakter. Jadi kamu akan mengendalikan satu karakter (master), dan ada karakter lain yang menjadi partner. Kedua karakter ini dihubungkan dengan garis, dan bisa saling berinteraksi untuk menyerang musuh yang sama.

Dua parameter utama digunakan dalam pertarungan game ini, yakni AP dan AC. AC alias Assault Counter akan berkurang seiring karakter melakukan serangan, namun tidak berkurang jika menggerakkan karakter atau membuatnya bertahan. Semua serangan akan mengurangi satu unit AC tidak tergantung pada tipe serangan. AC akan pulih dengan sendirinya setelah kamu menyerang. TP alias Technical Point dibutuhkan untuk mengeluarkan skill, seperti serial Tales pada umumnya. TP tidak pulih dengan sendirinya, kamu harus menggunakan item untuk memulihkannya kembali.

Perubahan lainnya di sini adalah kemampuan untuk berganti dengan karakter lain di bangku cadangan langsung ke dalam party menggunakan tombol R3 dan tombol arah. Kamu juga bisa mengganti karakter yang kamu kendalikan dengan tombol L1 dan tombol arah.

Kombinasi Arte

Saat bertarung, terkadang arte para karakter bisa beresonansi satu sama lain (antara karakter master dan partner). Bernama sistem resonance arte, kamu nantinya bisa menggabungkan arte satu karakter dangan arte karakter yang lain. Seperti menggabungkan Wind Lance milik Milla dengan Demon Fist milik Jude menjadi Final Gale. Mirip dengan Unison System di Tales of Symphonia ya? Kamu bisa melakukan resonance arte ini saat muncul simbol tertentu di karakter utama yang kamu kendalikan (mirip dengan bulatan berwarna emas dan berlambang khusus).

Kemampuan Special Characteristic

Tiap karakter di sini memiliki kemampuan Special Characteristic, yang bisa digunakan masing-masing karakter saat kamu menggunakannya sebagai karakter aktif dalam pertarungan.

– Jude Mathis: Integration Evasion

Tekan tombol Kotak+arah belakang saat musuh akan menyerang. Otomatis Jude berpindah tempat ke belakang musuh untuk melakukan serangan balik.

– Milla Maxwell: Spirit Artes

Milla bisa mengeluarkan dua jenis sihir, Magic Arte dan Spirit Arte. Magic Arte memungkinkan dirinya mengeluarkan sihir elemental dengan cepat melawan satu musuh. Sedangkan Spirit Arte bisa dikeluarkan dengan menahan tombol Artes saat Milla mengeluarkan sihir, sehingga sihir yang dikeluarkan jadi lebih kuat dengan efek area yang jauh lebih luas.

– Alvin: Charge

Setelah menggunakan sebuah Arte, tahan tombol Arte tersebut untuk membuat Alvin men-charge pedangnya dengan kekuatan pistolnya. Pedangnya akan berpendar biru dan kemudian Arte milik Alvin tersebut akan menjadi versi yang lebih kuat. Alvin hanya bisa menyimpan satu charge awalnya, tapi dengan memakai skill tertentu maka fitur Charge ini bisa dikustomisasi lebih dalam.

– Elize Lutus: Switching Teepo

Elize bisa mengubah gaya bertarungnya dengan mengubah Teepo dalam kondisi On atau Off. Dalam kondisi On, Tipo menaiki punggung Elize yang memungkinkan Elize menggunakan serangan fisik dengan jangkauan cukup jauh, serta meningkatkan damage Spirit Arte miliknya. Sedangkan di kondisi Off, Teepo akan mengikuti Elize dan menyerang musuh yang mendekati Elize ketika majikannya tersebut menyiapkan mantera sihir.

– Rowen J. Ilbert: Magic Tuning

Setelah Rowen mengeluarkan sihir, akan ada tombol-tombol tertentu yang muncul di layar dan jika berhasil kamu tekan dengan benar, maka Rowen bisa mengutak-atik sihirnya. Semisal, Rowen bisa menyerang musuh lebih banyak dengan mantera Fireball, atau mengubah arah mantera sihirnya dengan sihir Splash.

– Leia Rolando: Staff Expansion

Seperti karakteristik spesial Jude, Leia bisa melompat ke belakang pada waktu yang tepat saat musuh akan menyerangnya. Selain itu, tongkatnya bisa memanjang untuk memberikan jangkauan serang yang lebih luas (dan meningkatkan damage-nya).

Lanjut ke halaman berikutnya ya…

1
2

SHARE
Previous articleCasual Connect USA 2013: Mengapa Karakter Sangat Penting dalam Game Free to Play
Next articleSamsung Serius Tawarkan Galaxy Golden, Versi Clamshell dari Galaxy S4 mini
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.