IGS 2013: Meriahnya Acara Pembukaan Perhelatan Game Terbesar Se-Indonesia!

Festival game terbesar se-Indonesia, Indonesia Game Show (IGS) 2013 resmi dibuka hari ini, Jum’at 6 September 2013. Bertempat di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC), IGS 2013 kali ini terasa lebih meriah dan berbeda dibandingkan tahun lalu. Salah satu penyebabnya adalah tahun ini penyelenggaraannya bersamaan dengan salah satu festival anime terbesar se-Asia, Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2013 yang juga diselenggarakan di kompleks arena yang sama.

IGS 2013 yang tahun ini memiliki slogan “Breaking the Gamers Limit” menyajikan berbagai macam acara yang terbagi dalam booth-booth para ekshibitor dan juga tiga panggung yang tersedia, mulai dari pertandingan e-sports untuk memperebutkan tiket menuju kejuaraan internasional, konferensi pers game-game baru yang dibawa oleh publisher ke Indonesia, hingga kompetisi lokal untuk memperebutkan berbagai macam hadiah. Highlight utama IGS 2013 adalah kejuaraan-kejuaraan game internasional, seperti World Cyber Game (WCG) 2013, yang menghadirkan kompetisi game Crossfire berhadiah total senilai Rp 350.000.000 dan tiket menuju WCG Grand Final di Kunshan, China. Juga ada Electronic Sport World Cup (ESWC) 2013 Road to Paris, yang disponsori oleh MSI. ESWC ini akan mempertandingkan DOTA 2. Hadiah yag diperebutkan adalah Rp.10.000.000 dan tiket menuju ESWC Grand Final di Paris. Lalu juga ada ACG 2013 Road to MSI Beat IT Tournament, yang akan mengadu akurasi game Counter Strike Global Offensive. Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah berupa tiket menuju Grand Final di Shanghai, China. Kemudian juga ada berbagai kegiatan menarik, seperti LINE Game Competition dan Game Developer Award.

Upacara pembukaannya sendiri dimulai pada pukul 15.00 dengan diawali oleh beberapa dancer yang menjadi cosplayer tokoh-tokoh game dan anime, mulai dari Naruto hingga Mario Bros plus diiringi trailer berbagai game yang memeriahkan acara ini. IGS 2012 tahun lalu bisa dibilang cukup sukses dengan lebih dari 20.000 pengunjung yang memadati venue selama tiga hari penyelenggaraannya. Dan tahun ini, diharapkan pengunjung yang memeriahkan akan lebih banyak lagi.

Setelah beberapa dancer yang membuka acara, giliran Wendy Chandra, CEO dari Megindo yang merupakan penyelenggara acara naik ke panggung bersama dengan perwakilan dari Kominfo, Ir. Bonie Pujianto. Bonie membuka acara dengan memberikan kata sambutan yang intinya sangat mendukung terselenggaranya acara ini. Bonie mengungkapkan, bahwa saat ini salah satu program Kominfo adalah untuk mendorong industri game Indonesia, dan hal itu diwujudkan dengan mendukung secara penuh acara ini. Di akhir sambutannya, Bonie mengungkapkan harapannya agar acara ini lebih meriah dibandingkan penyelenggaraannya tahun lalu.

Acara dilanjutkan dengan seremonial penyerahan plakat ucapan terima kasih kepada para pendukung acara atas kerja samanya dalam mewujudkan acara ini, yang terdiri dari sponsor, publisher, dan pengisi acara lainnya. Setelah seremonial berakhir, giliran Wendy Chandra yang memberikan sambutannya. Dalam sambutan singkatnya, Wendy banyak memperkenalkan seperti apa IGS 2013, dan apa saja event yang ada di dalamnya. Selain itu, Wendy juga berharap acara ini bisa menjadi wadah partisipasi para pelaku industri game Indonesia agar bisa maju, berkembang dan menjadi tuan rumah di negara sendiri. Terakhir, Wendy juga mengungkapkan harapannya agar tahun-tahun mendatang acara ini bisa lebih besar dan meriah lagi dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan acara pembukaan ini, maka dimulailah rangkaian acara IGS 2013 yang akan berlangsung hingga hari Minggu, 8 September 2013 mendatang. Sama seperti tahun lalu, tahun ini Duniaku juga akan terus memberikan liputan eksklusif langsung dari arena IGS 2013. Jadi, ikuti terus liputan kami ya! (Febrizio+Cornell)