Ultralist: 10 Easter Eggs Menarik dari Marvel Cinematic Universe

Semua bermula dari film pertama Iron Man yang dirilis tahun 2008 silam, Marvel mencoba membangun Cinematic Universe-nya di layar lebar, dan semua berjalan dengan mulus hingga film pertama Marvel Phase Two, Iron Man 3, yang tayang awal bulan Mei kemarin. Tak dipungkiri, Marvel telah melesat sangat jauh dari DC yang baru memulai cinematic universe-nya dengan film Man of Steel kemarin.

Salah satu hal yang sangat menarik dari film superhero khususnya Marvel Cinematic Universe ini adalah hubungan dan easter eggs/petunjuk yang ada dalam masing-masing filmnya. Nah, hari ini, Duniaku akan mengulas mengenai petunjuk-petunjuk dalam film-film yang masuk dalam Marvel Cinematic Universe, dan mungkin sebagian dari easter eggs ini belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Ingin tahu apa saja easter eggs-nya? Yuk, simak ulasannya dibawah ini:

10. Dr. Yinsen ‘Hidup Kembali!’ (Iron Man 3)
Dibuka dengan Dr. Yinsen (Shaun Toub) yang ‘hidup kembali’ diawal film Iron Man 3 kemarin, dimana Tony Stark yang saat itu masih seorang playboy bertemu pertama kali dengan Ho Yinsen di sebuah tempat konferensi di Bern, Switzerland, akhir tahun 1999. Tahukah kamu, seperti sebuah lingkaran yang berputar dan kembali ke titik semula, dalam film pertama Iron Man (2008) saat Tony Stark bertemu dengan Yinsen di dalam gua teroris, Yinsen mengatakan kepada Tony kalau mereka pernah bertemu sekali di Bern, Switzerland.

09. Rencana Masa Depan Untuk Menara The Avengers (The Avengers)
Untuk yang kedua, mungkin sebagian besar dari kamu tidak menyadarinya dan baru mengetahuinya sekarang. Di akhir film The Avengers (sebelum credits) kemarin, terlihat sebuah adegan dimana Tony Stark dan Papper Potts berada di Menara Stark yang tengah direnovasi usai perang besar melawan Loki dan pasukannya. Tahukah kamu kalau proyek yang sedang mereka lihat adalah rencana Tony Stark yang akan membangun “Menara Avengers,” lengkap dengan desain ruangan yang khusus untuk masing-masing Avengers, area pelatihan serta pesawat terbang. Coba kamu perhatikan foto diatas, ada ikon dari kelima rekannya termasuk dirinya sendiri dalam masing-masing file. Tony benar-benar orang yang baik bukan? :)

08. The Human Torch (Captain America: The First Avenger)
Mungkin ini sedikit membingungkan. Karena ketika menyebut kata ‘the Human Torch,’ tentunya kamu akan langsung teringat dengan salah satu karakter yang ada dalam the Fantastic Four, dan orang yang selalu berteriak ‘flame on!’ kini bermain menjadi Captain Amerika. Namun dalam hal ini kita tidak berbicara tentang Human Torch dalam Fantastic Four, tapi tentang karakter orisinil tahun 1939 yang muncul sekilas di Stark Expo yang diadakan tahun 1943.

Kalau kamu lihat kembali filmnya, diatas baju merah yang dipamerkan tersebut (seperti yang bisa kamu lihat pada foto diatas) tertulis “Dr. Phineas Horton Presents The Synthetic Man!.” Human Torch pertama yang ada dalam komik Golden Age, merupakan karakter android yang awalnya adalah seorang villain yang kemudian berubah menjadi superhero. Dalam komik tersebut, Dr. Phineas Horton adalah orang yang menciptakan The Human Torch.

07. Hulk Mencoba Bunuh Diri! (The Avengers)
Selanjutnya adalah adegan dimana Dr. Bruce Banner/Hulk yang telah putus asa dan mencoba untuk membunuh dirinya sendiri.

Dalam The Avengers kemarin, Bruce Banner sempat mengatakan kalau ia pernah mencoba bunuh diri, dan adegan itu sebenarnya telah dibuat di film The Incredible Hulk (2008), sayangnya adegan tersebut tidak ditayangkan dalam filmnya namun dimasukkan dalam DVD-nya. Untuk tahu lebih lejas bagaimana kejadiannya, coba simak videonya diatas.

06. Captain America: The First ‘Frozen’ Avenger (The Incredible Hulk)
Tentunya menjadi pertanyaan semua orang, bagaimana pesawat yang dinaiki Captain Amerika di akhir Captain America: The First Avenger yang telah terkubur selama enam dekade bisa muncul ke permukaan, dan dengan mudah ditemukan oleh orang-orang dari S.H.I.E.L.D.. Meski tidak terlihat dengan jelas, namun hal ini telah dikonfirmasi oleh orang-orang Marvel termasuk sutradara The Incredible Hulk, kalau benda yang ada pada foto diatas adalah pesawat yang dinaiki Captain Amerika.

Melanjutkan video diatas, ketika Bruce Banner hendak bunuh diri, seketika itu juga ia berubah menjadi Hulk dan mengamuk. Alhasil, tanah yang diinjaknya goncang dan gunung es itu pun runtuh sehingga membuat pesawat yang terkubur tersebut naik kepermukaan.

05. Infinity Gauntlet, Salah Satu Koleksi Odin (Thor)
Dari Bumi kita beralih ke Asgard, seperti yang bisa kamu lihat pada foto diatas, Infinity Gauntlet terlihat sekilas di ruang penyimpanan milik Odin ketika Frost Giant menyusup masuk kesana. Dalam alur cerita komiknya, Infinity Gauntlet merupakan senjata utama milik Thanos, karakter yang muncul di akhir film The Avengers. Sempat muncul rumor waktu itu yang mengatakan kalau Thanos akan hadir di film kedua Thor, Thor: The Dark World, untuk merebut kembali senjatanya. Namun di Comic-Con 2013 kemarin, Kevin Feige memastikan kalau Thanos tidak akan muncul di film Thor tetapi akan muncul di film Guardians of the Galaxy.

04. Fin Fang Foom (Iron Man 2)
Fin Fang Foom adalah supervillain yang sempat bertarung dengan Iron Man dalam cerita komiknya. Wujudnya seperti naga raksasa, ia bangkit akibat sebuah kecelakaan yang terjadi di China. Foom kemudian meneror umat manusia dan menjadi masalah bagi Tony Stark, terutama karena ukurannya yang besar. Dan untuk beberapa alasan, wajahnya muncul di papan billboard dalam film Iron Man 2. Awalnya, karakter ini sempat direncanakan untuk muncul di Iron Man 2, namun entah karena alasan apa rencana tersebut akhirnya dibatalkan.

03. Project Pegasus/42 (The Avengers)
Untuk para pecinta komik, tentunya kenal dengan yang satu ini. Diawal film The Avengers, agent Phil Coulson datang untuk merekrut Tony Stark, memberinya dokumen untuk ia pelajari dimana hal tersebut berhubungan dengan “Project Pegasus,” yang telah hancur lebur di awal film. Salah satu file dokumen yang ia terima, tertulis “42.”

Apa maksudnya? Hal tersebut mengacu pada alur cerita “Civil War,” yang secara garis besar bercerita tentang keadaan dimana semua superhero diharuskan untuk mengungkap jati dirinya. Hal tersebut membuat para superhero terbagi menjadi dua grup, mereka yang setuju mengungkap jati dirinya ke publik dan mereka yang tidak mau. “Project 42″, adalah proyek yang dikembangkan oleh Tony Stark, dimana ia membuat penjara extra-dimensional untuk para supervillain. Mungkinkah satu saat nanti hal ini akan menjadi bagian dalam Marvel Cinematic Universe? Jika ya, tentunya ini akan menjadi cerita yang sangat menarik.

02. Serum Super-Soldier (The Incredible Hulk)
Bicara tentang serum Super-Soldier, tentunya kita ingat serum yang disuntukkan ke tubuh Steve Rogers dalam Captain America: The First Avenger (2011) yang merubahnya dari orang yang pendek, kurus dengan tubuh yang lemah, menjadi orang yang tinggi, kuat dan memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat dari manusia biasa.

Dalam The Incredible Hulk (2008), serum tersebut pertama kali di munculkan. Jenderal Ross pada waktu itu mengatakan kepada Blonsky kalau serum tersebut telah dikembangkan selama Perang Dunia II, dan menjanjikan kecepatan super, kelincahan dan kekuatan. Dan seperti yang kita tahu, serum tersebut justru menjadi jembatan untuk membuatnya berubah menjadi the Abomination. Tiga tahun sesudah film ini, akhirnya kita bisa melihat kinerja serum Super-Soldier yang sebenarnya.

01. The Ten Rings (Iron Man)
Dibuka dengan film Iron Man, “Ultralist: 10 Easter Eggs Menarik dari Marvel Cinematic Universe” ini juga ditutup dengan film Iron Man. Seperti yang bisa kamu lihat diatas, saat adegan dimana Tony disandera oleh teroris di Afganistan, terlihat logo Ten Rings dibelakangnya. Logo yang sama tersebut juga digunakan The Mandarin dalam Iron Man 3, dan bisa kita ambil kesimpulan kalau organisasi The Mandarin (atau Aldrich Killian) telah beroperasi cukup lama.

Itulah kesepuluh Easter Eggs dari Marvel Cinematic Universe, yang mana favoritmu? Dan tentunya yang menjadi pertanyaan bagi kita semua, kira-kira Easter Eggs apa lagi yang akan dimunculkan Marvel dalam film-film barunya nanti?