AFA ID 2013: Booth MSV Pictures Dengan Animasi Battle of Surabaya

Salah satu booth yang sangat menarik untuk saya selama Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2013 adalah dari MSV Pictures, sebuah Rumah Produksi dan Produksi Film Fitur Komputer Animasi dengan skala nasional dan internasional, yang saat ini sedang mengerjakan sebuah film animasi tentang sejarah Indonesia, yaitu Battle of Surabaya (Pertempuran Surabaya). Cerita ini merupakan cerita adaptasi dari peristiwa pertempuran 10 November 1945 yang berlangsung di Surabaya. Selain tokoh-tokoh nyata, terdapat tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Pesan perang tentang semangat, cinta tanah air dan perdamaian.

http://youtu.be/y91RHnVKvWg

Di booth mereka kita juga bisa berjumpa dengan Yumna, salah satu tokoh dalam film Battle of Surabaya.

Ketika saya berbincang lebih lanjut dengan mereka, ternyata Battle of Surabaya ini bukan karya animasi MSV Pictures yang pertama. Mereka mulai berkembang dengan menerima proyek dari pemerintah maupun swasta mulai tahun 2005. Dari Kementrian Lingkungan Hidup (ACIL), BTKP Propinsi DIY (6 episode), PT. Nada Cipta Nurani yang berpusat di Jakarta (Nabi Kidr dan Nabi Musa), Menkominfo RI (Baruklinthing), salah satu perusahaan di Singapura.

Awalnya bermula dari PT. Mataram Surya Visi Divisi Animasi, yang dikenal melalui studio MSV Animation. Mereka mendapatkan beberapa penghargaan baik skala nasional dan internasional. Pada tahun 2008 mendapatkan penghargaan sebagai best Top 10 International Urbanimation se Asia (Petualangan Abdan: Layang-layang), tahun 2009 mendapatkan 2 penghargaan dari juara kedua lomba animasi oleh Kementrian Perindustrian RI (Petualangan Abdan: Hadiah Kejujuran), dan Merit Winner ajang INAICTA 2009 oleh Kemenkoinfo RI (Good Bye World), serta Top 10 Animafest oleh MNCTV (Briptu Dorman). Pada tahun 2011 MSV animation meleburkan nama brandnya menjadi MSV Pictures dan memulai proyek internasional.

Dengan pengalaman dan prestasi mereka yang begitu banyak, semakin tidak sabar saya menunggu film animasi karya anak bangsa, Battle of Surabaya ini tayang di bioskop-bioskop tanah air.

Oh iya, lalu mereka juga sedikit memberi bocoran sebuah proyek animasi 3D yang sedang mereka kerjakan, dan juga akan segera keluar, yaitu Chronicles of Java… mari kita tunggu tanggal rilisnya film-film mereka!

http://youtu.be/6W3FL8j2OaQ


SHARE
Previous articleEye Candy: Koleksi Concept Art Keren dari Transformers: Dark of the Moon
Next articleAFA ID 2013: Booth Forces of Will, Trading Card Game Baru Dari Jepang
Green Gentleman | Urban Walkers | Monstrologist & Cryptozoologist | WWII Maniac | Boardgamers & Digital Gamers | Founder of Pure Ink Creative Studio + Movies Explorer Club + World Mythology Community + Gotham Citizen Club.