Inilah Fitur Baru Android 4.4 KitKat. Cetak Dokumen Dari Mana Saja, Hingga Edit Foto ala Instagram

Android 4.4 masih menggunakan logo Key Lime Pie.

Secara tidak langsung Google sudah mengkonfirmasikan Android 4.4 KitKat (atau masih juga disebut sebagai Key Lime Pie), dengan prediksi mereka akan resmi mengumumkannya akhir Oktober mendatang bersamaan dengan perilisan Nexus terbaru. Dan akhir Oktober sudah dekat, wajar kita sudah mendapatkan penampakan seperti apa beberapa fitur Android terbaru itu.

Ada opsi Printing dalam Setting. Fungsi yang memungkinkan kita mencetak dokumen dimana saja?

Melalui blog Gadget Helpline kita bisa mengetahui beberapa tampilan Android 4.4. Meskipun sebelumnya disebutkan akan muncul dengan nama KitKat, namun build Android yang diperlihatkan sumber kami masih menggunakan julukan Key Lime untuk Hammerhead, yang merupakan kode nama smartphone Nexus 5. Mengingat unit test smartphone yang diduga Nexus 5 tersebut banyak diuji-coba oleh berbagai pihak, tidak mengherankan jika ada yang berhasil mendapatkan juga bocoran ROM Android 4.4 ini.

Payment yang akan memanfaatkan Goole Wallet hingga NFC dalam membantu kita melakukan proses pembayaran.

Mulai dengan opsi printing di dalam menu settings, yang menjadi indikasi Android baru nanti mendukung fungsi printing secara native langsung melalui salah satu command-nya. Namun mungkin tidak sebaik opsi printing yang kita kenal melalui PC desktop, dengan beragam opsi format oputput file. Banyak yang menyebutkan output-nya akan masuk ke Google Cloud Print — teknologi baru Google yang memungkinkan printer kita terhubung ke web, sehingga kita bisa membuat printer tersebut tersedia kepada siapa saja yang kamu ijinkan untuk mem-print dari mana saja melalui smartphonhe, tablet, Chromebook, PC, dan banyak perangkat lain yang bisa terhubung ke web.

Tampilan aplikasi dialer yang lebih soft warnanya.

Selain itu di menu Settings juga ada opsi untuk mobile payment untuk mengatur kredit kita selama melakukan pembayaran melalui Google Wallet dan integfrasi NFC. Selain itu, opsi mobile plan management yang pada Android 4.3 juga sudah eksis melalui beberapa custom ROM, akan memberi pengguna Android akses lebih mengatur aplikasi yang bisa menggunakan background data. Akan sangat berguna dalam mencegah “bocornya” kuota paket daya meskipun sudah terhubung ke hotspot.

Untuk mengedit foto, tampilan filternya mirip dengan Instagram

Dari sisi visual, Google sedikit merubah interface dialer untuk stock Android 4.4, yang dulu dengan warna theme default biru yang agak gelap, maka kini birunya terlihat lebih muda dan soft. Kemudian warna ikon di notification bar yang sebelumnya berwarna default biru, kini diubah menjadi putih. Pastinya terlihat menarik dengan latar hitam. Sumber kami juga menunjukkan Wireless Display / Miracast, yang memungkinkan kita mentransfer / screencast tampilan layar ke TV yang mendukung. Sebenarnya itu bukan fitur baru, karena mayoritas Android yang menjalan stock ROM Google juga mendapatkannya.

Ketika akan mencetak dokumen, ada opsi output format filenya sebagai PDF, orientasi, warna dan ukurannya… Melalui Quickoffice kita juga bisa menyimpan file gambar sebagai PDF, untuk kemudian di cetak nanti.

Aplikasi lain yang kami temui seperti akan terintegrasi dalam ROM Android 4.4 seperti Drive dan Keep. Drive memungkinkan kita mengakses document melalui layanan cloud storage Google. Sedangkan Keep, seperti yang mungkin sudah banyak ketahui, meripakan aplikasi untuk menulis catatan / note. Aplikasi Camera default juga sedikit berubah. Ketika kita mengedit foto dan mau menambahkan filter, tampilan interface preview untuk filter tersebut mirip dengan ketika mau memberikan filter pada foto Instagram. Ada beberapa opsi editing baru, seperti Tilt-Shift dan Center Focus, efek Negative dan Posterize, serta opsi untuk Export gambar yang di-edit dalam ukuran atau kualitas yang kita inginkan.

Salah satu fungsi yang sudah dirumorkan sebelumnya, yaitu remote desktop, memungkinkan kita mengunci Android dari jauh, atau bahkan mem-wipe datanya.

Itu beberapa fitur dan penampilan baru Android 4.4 KitKat, aka Key Lime Pie. Kita tunggu saja sampai Google mengkonfirmasikan Nexus 5, yang diduga akan menjadi Android pertama yang menjalankannya nanti, sehingga kita bisa menggali fitur barunya lebih dalam. Sedangkan tampilan lain interface Android 4.4 tersebut bisa kamu lihat melalui galeri di bawah:

[nggallery id=838]

Sumber: Gadget Helpline


SHARE
Previous articleVolstagg Mengamuk di Poster Terbaru Thor: The Dark World
Next articleWarner Bros. Lepas Dua TV Spot Baru The Hobbit: The Desolation of Smaug
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.