Liputan Vandaria Arkana dan Combo Card di Toys & Games Republic 2013

Toys & Games Republic (TGR) adalah toys fair terbesar di Jawa Barat yang tahun ini diadakan di Be Mall, Bandung, pada 4-6 Oktober 2013. Dengan booth berdampingan, card game Arkana dan Combo Card melayani sekitar 100 pengunjung dengan tutorial. Tutorial Arkana dijaga oleh Fachrul R.U.N. dan Melody Violine dari Vandaria Internasional, sementara tutorial Combo Card dilakukan oleh kedua kreator Combo Card: Henry Darmawan dan Buntono Sidik. Selain mereka berempat, juga hadir Erick Theodorus dan Robert Tan dari Artoncode.

Hari pertama TGR relatif sepi karena masih hari kerja/sekolah, tapi derasnya arus pengunjung pada hari kedua dan ketiga membuat meja-meja tutorial hampir tidak pernah kosong. Fasilitas tutorial ini menarik pengunjung dari anak kelas 1 SD hingga orang tua. Selain pengunjung yang datang perorangan, banyak juga pengunjung yang datang berkelompok. Karena Arkana dan Combo Card adalah card game dan bukan trading card game, kelompok-kelompok sepermainan berpatungan membeli satu Arkana dan satu Combo Card setelah mencoba keduanya di booth.

Berbagai alasan dikemukakan oleh pengunjung yang membeli Arkana dan Combo Card. Para penggemar card game dan trading card game ingin mencoba permainan baru. Iki dan kawan-kawan membeli Arkana dan Combo Card karena menginginkan permainan yang bisa “merusak persahabatan” dengan konspirasi dan intrik yang diperlukan untuk menjadi pemenang.

Bandung merupakan salah satu kota dengan pemain Vandaria Wars (VW) terbanyak, bersaing dengan Surabaya dan Jakarta. Maka tidak heran guildsmen berdatangan ke booth Vandaria untuk mencoba Arkana. Guildsmen masih merindukan VW, tapi mereka cukup bernostalgia dengan gambar-gambar Arkana yang menyerupai VW. Bahkan, walaupun produksi VW sudah dihentikan, VW masih dipuji sebagai trading card game dengan gameplay terbaik oleh para pemainnya.

Henry Darmawan memanfaatkan TGR untuk mencoba dua ekspansi yang baru saja dibuatnya: Creatio Cards dan Signature Spells. Orang-orang yang sempat mencobanya mengakui bahwa kedua ekspansi ini membuat permainan Combo Card menjadi lebih seru. Penasaran ingin mencobanya? Tunggu event berikutnya yang diikuti oleh Combo Card ya.

Banyak pengunjung menanyakan di toko mana saja Arkana dan Combo Card dijual. Sayangnya, untuk sementara Arkana dan Combo Card hanya bisa dibeli lewat sales@vandaria.com dan sales@comboarena.com. Keduanya baru mulai disebar ke toko-toko mainan bulan depan. Jadi event seperti TGR adalah kesempatan emas untuk mendapatkan tutorial dan membeli Arkana dan Combo Card.

Pertanyaan lain yang sering muncul adalah kapan turnamen Arkana dan Combo Card akan diadakan. Rencana sementara adalah turnamen akan digelar pada event HelloFest, 9-10 November 2013, di Kolam Renang Senayan, Jakarta. Kepastian mengenai rencana ini akan diumumkan lewat fanpage Facebook Vandaria Saga dan Combo Card.


SHARE
Previous articleSilicon Studio Perlihatkan Evolusi Beberapa Monster di Monster Takt
Next articleDragon Quest I Hingga VIII Akan Di-port untuk iOS dan Android!
Meskipun menyandang nama musik, Melody Violine lebih senang menulis daripada bermain musik. Itulah mengapa ia memutuskan untuk kuliah di Program Studi Indonesia FIB UI hingga lulus pada tahun 2009. Selain menjadi kontributor Duniaku, ia menerjemahkan novel-novel dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, termasuk di antaranya adalah adaptasi novel Assassin's Creed (Oliver Bowden).