Global Game Jam Bali 2014 Juga Siap Digelar!

Global Game Jam Bali

Gaung penyelenggaraan Global Game Jam (GGJ) 2014 ternyata bukan hanya di Jawa seperti Jakarta, Jogjakarta, dan Surabaya saja. Developer game yang berada di luar Jawa, tepatnya di Bali pun siap untuk ikut serta dalam game jam terbesar di dunia ini. Global Game Jam Bali 2014 akan diselenggarakan bersamaan dengan site (tempat penyelenggaraan) lainnya, yaitu mulai tanggal 24 Januari hingga 26 Januari 2014 yang akan datang. Untuk site-nya sendiri, Game Developer Bali sudah menentukan satu tempat, yaitu Laboratorium Robotika Stikom Bali di Denpasar di Inline House, Jalan Tukad Unda I, nomor 2A Renon Denpasar.

Siapapun yang berada di pulau Bali bisa mengikuti game jam ini, entah itu programmer, artist, maupun komposer, baik yang sudah profesional maupun yang baru terjun di dunia pengembangan game sekalipun. Untuk itu, panitia juga sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa menunjang peserta selama dua hari mengikuti game jam ini. “Panitia sudah menyediakan Internet, LCD, Meja, kursi dan plot tempat untuk istirahat mencukupi untuk para peserta,” ungkap Darma Kotama, panitia regional Bali kepada Duniaku.net. Pihak panitia sendiri juga memiliki target peserta untuk pelaksanaan game jam kali ini. “Sampai saat ini yang sudah terdaftar di form pendaftaran lokal sekitar 13 orang. Targetnya sekitar 20 orang untuk kami maksimalkan 1 team terdiri dari 4 orang,” lanjut Darma.

Untuk susunan acaranya sendiri, selain mengembangkan game selama dua hari non stop, pihak panitia juga menyiapkan beberapa acara tambahannya. “Dari GGJ sendiri sudah memberikan jadwal acara yang berisikan 2 sesi talks di hari pertama. Itu mungkin akan kami isi dengan talks mengenai industri game dari pihak Stikom, dan sharing ide & pengalaman dari temen-temen profesional di gamedev Bali,” ungkap Darma. Darma juga mengungkapkan harapannya dengan keikutsertaan Bali dalam Game Jam kali ini. “Harapan kami tidak jauh dari berkembangnya industri kreatif di Bali, sesuai dengan tujuan dibentuknya komunitas game developer Bali ini. Harapannya juga mampu menginkubasi dan mewadahi orang-orang kreatif. Kedepannya juga kami mengharapkan banyak pihak yang lebih peduli dengan perkembangan industri ini, terutama industri pengembangan game,” ujar Darma.

Global Game Jam Bali

Untuk mengikuti Global Game Jam Bali, kamu bisa mendaftarkan dirimu dengan tiga langkah berikut ini:

Panitia regional juga menyarankan peserta untuk membaca FAQ yang sudah disediakan sebelum mengikuti acara, untuk mengetahui beberapa aturan dan juga lisensi game yang sudah jadi nantinya. Panitia regional sendiri menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan GGJ ini. “Untuk persiapan sih sampai saat ini sudah tahap publikasi dan buzz berita game jam ini,” ungkap Darma.

Kamu berada di Bali dan sekitarnya? Tertarik untuk mengikuti serunya proses pengembangan game bersama developer lain di Bali dan juga seluruh dunia? Daftarkan dirimu sekarang juga!


SHARE
Previous articleTantra 2 Indonesia is Entering Closed Beta Phase!
Next articleWajah Para Dinobot dalam Transformers: Age of Extinction Terungkap
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.