Berkontribusi Membuat Aplikasi Pemilu Lewat API Pemilu Hackathon!

Kurang beberapa bulan lagi, Indonesia akan menggelar sebuah event yang akan menentukan langkah bangsa selama lima tahun mendatang, apalagi kalau bukan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Event ini sendiri akan dimulai pada 9 April mendatang dengan menyelenggarakan Pemilu Legislatif, lantas dilanjutkan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden yang baru. Menentukan siapa yang menjadi pilihan tentu bukan pekerjaan yang mudah, apalagi jika kamu belum mengenal masing-masing latar belakangnya.

Nah, untuk itu API Pemilu mengajak seluruh pelaku industri kreatif di Indonesia untuk berkontribusi dalam event lima tahunan ini dengan mengadakan sebuah acara bernama API Pemilu Hackathon. Dalam acara ini, API Pemilu mengajak developer untuk membuat aplikasi dengan menggunakan data dari API Pemilu yang nantinya bisa memberikan arahan kepada para pengguna aplikasi untuk memilih calon yang tepat. Dan karena formatnya adalah Hackathon, maka para developer yang terdaftar nantinya akan berkumpul di satu tempat, dan mengembangkan aplikasi selama 24 jam non stop!

Acara ini sendiri akan diadakan di Bandung Digital Valley, mulai tanggal 1 Maret 2014 pukul 09.00 hingga 2 Maret 2014 pukul 16.00. Siapa saja boleh ikut bergabung dalam acara ini, namun aplikasi yang dikembangkan nantinya harus menggunakan API (Application Programming Interface) yang disediakan oleh API Pemilu. Platform yang digunakan pun bebas, boleh menggunakan mobile, ataupun berbasis web. Namun, pihak panitia menyarankan untuk mengembangkan aplikasi di platform mobile karena mengingat saat ini pengguna mobile tengah populer.

Pihak panitia pun menyediakan hadiah yang cukup menggiurkan bagi para pemenang nantinya, antara lain:

  1. Juara pertama : Rp 20.000.000
  2. Juara kedua : Rp 17.500.000
  3. Juara ketiga : Rp 15.000.000
  4. Juara keempat: Mac Book Air 13″
  5. Juara kelima: iPad Air

Kamu memiliki ide menarik seputar aplikasi untuk pemilu? Langsung saja daftarkan dirimu di link berikut ini. Untuk keterangan lebih jelas mengenai seperti apa API Pemilu, kamu bisa langsung mengunjungi alamat ini.

[Sumber: Eventbrite]


SHARE
Previous articleDuel Maut Spidey dan Green Goblin di Foto Terbaru The Amazing Spider-Man 2
Next articleYuk Berkenalan Dengan Para Personil Guardians of the Galaxy

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.