Know Your Meme: Hail HYDRA! karena HYDRA telah Menyusup di Sekitar Kita

Banyak hal yang mengejutkan pada Captain America 2 : The Winter Soldier, salah satunya adalah adegannya Senator Stern yang berbisik kepada Agent Sitwell. Apakah yang mereka bisiki? Dan mengapa adegan mengesankan ini bisa menjadi meme yang populer saat ini?

Captain America

Meme adalah joke berupa gambar yang biasanya diimbuhi kata-kata dan menjadi sebuah pola joke-joke lainnya. Meme menjadi populer karena joke-joke ini biasanya singkat dan sederhana, dan karena biasanya menggunakan gambar yang lucu hingga mudah disebarkan, terutama di ranah jejaring sosial.

Meme bisa membahas segala macam topik. Salah satunya mengiringi popularitas film superhero Captain America: The Winter Soldier. Meme terkait film Captain America: The Winter Soldier yang sedang populer adalah Hail HYDRA!

Origin

hail hydra 00

Hail HYDRA salute versi komik

hail hydra 02

Hail Hydra salute versi film

HYDRA adalah salah satu anak organisasi Nazi Jerman di era perang dunia ke-2. Peran HYDRA dalam organisasi Nazi sendiri adalah fokus mengembangkan kekuatan militer dalam hal teknologi dan sihir. Walaupun diharapkan sebagai kunci utama kemenangan Nazi Jerman, namun karena HYDRA berkembang pesat, mereka menjadi membelot dari Nazi. Pembelotan ini dipimpin oleh Red Skull yang menganggap dirinya sebagai fuhrer (pemimpin) selanjutnya. Untuk menegaskan pembelotan HYDRA terhadap Nazi, mereka memiliki salute (salam) tersendiri, yaitu Hail HYDRA!, diiringi kedua tangan mengepal ke atas.

Hail HYDRA sempat muncul ketika Captain America: The First Avenger rilis. Hanya saja di sini HYDRA hanya sebagai plot cerita biasa, bahkan di akhir film, organisasi HYDRA digambarkan telah hancur sehingga kesan HYDRA tidak menguat di Marvel cinematic universe.

Efek Captain America 2: The Winter Soldier

SPOILER ALERT

Banyak hal yang mengejutkan pada Captain America 2: The Winter Soldier, salah satunya adalah bagaimana ternyata selama ini HYDRA telah bergerak di bawah bayangan. HYDRA telah menginfiltrasi S.H.I.E.L.D dari agent pemula hingga jajaran elit. Bahkan HYDRA juga menyusup di pemerintahan Amerika Serikat. Dan adegan yang mengesankan terkait dengan HYDRA adalah ketika Agent Sitwell, salah satu agen elit S.H.I.E.L.D berbincang dengan Senator Stern. Pada satu momen, Senator Stern memuji pin S.H.I.E.L.D yang dikenakan Agent Sitwell, namun ia melanjutkan dengan berbisik kepada Agent Sitwell dengan misterius. Kata yang ia bisiki adalah…

hail hydra 01

…Hail HYDRA!

Adegan ini memperkuat bahwa HYDRA selama ini tidak hancur, bahkan menyusup secara diam-diam tidak hanya di S.H.I.E.L.D sendiri, namun juga di pemerintahan Amerika Serikat. Walaupun ini bukan salam ikonik yang biasa dilakukan HYDRA dengan kepalan tangan ke atas, namun penonton tetap merasakan bahwa infiltrasi HYDRA sudah terlalu kuat dan berkesan.

Hal ini memancing seseorang dengan akun twitter @ReyEstupendo untuk membuat meme tentang Hail HYDRA. Namun tokoh yang dipakai adalah Ernie & Bert dari Sesame Street. Twit ini menarik perhatian bahkan oleh MingNa Wen, pemeran Agent May di serial televisi Agents of S.H.I.E.L.D.

Meme yang berkesan ini memancing khalayak internet untuk meramaikan meme ini. Adegannya terinspirasi dari scene Senator Stern yang berbisik kepada Agent Sitwell, maka gambar meme yang digunakan sebagian besar mengacu pada scene ini. Karena banyak variasinya, seolah-olah HYDRA sesungguhnya telah menyusup ke berbagai bagian kehidupan kita.

Berdasarkan Google trend, kata Hail HYDRA mencapai popularitas yang signifikan pada saat ini. Hal ini karena film Captain America 2: The Winter Soldier sedang tren, diperkuat dengan adegan Hail HYDRA yang begitu berkesan.
hail hydra 15

 Memes

Berikut adalah meme Hail HYDRA yang menarik untuk disimak.

hail hydra 03

hail hydra 10

hail hydra 09

hail hydra 08

hail hydra 07

hail hydra 06

hail hydra 19

hail hydra 05

hail hydra 04

hail hydra 11

hail hydra 12

hail hydra 13

hail hydra 14

hail hydra 16

hail hydra 17

hail hydra 18

Apakah citizen mempunyai meme Hail HYDRA! versi kreasi citizen sendiri? Mari di-share di sini, agar semua pembaca bisa melihat kreativitas dari citizen!

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.