Know Your S.H.I.E.L.D : Berbagai Splinter Branch dari S.H.I.E.L.D yang Perlu Kamu Ketahui

Jika dalam Captain America 2: The Winter Soldier terdapat divisi S.T.R.I.K.E, satu dari berbagai subdivisi dari S.H.I.E.L.D, yang masing-masing fokus terhadap bidangnya masing-masing. Berikut adalah organisasi subdivisi S.H.I.E.L.D yang terdapat di dunia komik

shield_cover

SPOILER ALERT

Jika citizen telah menyaksikan Captain America 2: The Winter Soldier, maka citizen akan memperhatikan ada organisasi lain yang mendampingi aksi Captain America, yaitu S.T.R.I.K.E

Mengingat di akhir Captain America 2: The Winter Soldier, S.H.I.E.L.D itu sendiri juga kolaps secara fisik dan organisasi, maka muncul beberapa teori terkait masa depan S.H.I.E.L.D. Salah satunya adalah S.H.I.E.L.D disusun ulang dengan membangun organisasi-organisasi kecil terlebih dahulu.

Jika teori ini mungkin terjadi, maka menurut penulis, S.H.I.E.L.D akan membuat splinter branch subdivisi terlebih dahulu, untuk memperkuat pondasi reorganisasi S.H.I.E.L.D sembari mencegah kembalinya infiltrasi dari HYDRA.

Walaupun ini adalah hal baru di Marvel Cinematic Universe, tapi di komiknya sendiri banyak terdapat organisasi subdivisi dari S.H.I.E.L.D, yang masing-masing dari cabang ini bergerak fokus terhadap bidangnya masing-masing. Berikut adalah organisasi subdivisi S.H.I.E.L.D yang terdapat di dunia komik

S.T.R.I.K.E

Special Tactical Reserve for International Key Emergencies, berperan untuk melancarkan serangan taktis yang harus dilakukan di luar area intelijen. S.T.R.I.K.E menangani misi di luar negeri maupun di zona bebas seperti wilayah perairan lepas. Untuk mendukung aksi mereka, S.T.R.I.K.E juga bekerjasama dengan PSI division, yang terdiri dari para telepath untuk menjangkau informasi intelijen dengan lebih cepat. S.T.R.I.K.E memiliki basis di Inggris Raya.

shield 07

S.T.R.I.K.E insignia versi komik

S.T.R.I.K.E di Marvel cinematic universe muncul di  Captain America 2: The Winter Soldier. Namun S.T.R.I.K.E ternyata merupakan sleeper agent dari HYDRA yang turut memburu Captain America dan agent S.H.I.E.L.D lainnya.

shield 06

S.T.R.I.K.E versi film

S.W.O.R.D

Sentient World Observation and Response Department, adalah organisasi yang dibentuk untuk counter teroris dan agensi intelijen yang menangani masalah dari luar angkasa, terutama untuk masalah yang dapat membahayakan Bumi. S.W.O.R.D memiliki basis lebih besar dari S.H.IE.L.D karena cakupan area yang dijaganya.

shield 01

Logo S.W.O.R.D

S.W.O.R.D dipimpin oleh Special Agent Abigail Brand. Markas utamanya terletak di stasiun luar angkasa orbital yang disebut dengan The Peak.

S.W.O.R.D walaupun menangani masalah dari luar angkasa namun juga menempatkan mata-matanya di Bumi. Salah satu mata-mata S.W.O.R.D di Bumi adalah Lockheed, alien berbentuk naga sahabat dari Kitty Pride yang mengawasi gerak-gerik X-Men.

shield 05

Prakiraan: Untuk di Marvel Cinematic Universe, momen yang pas untuk kemunculan S.W.O.R.D kemungkinan saat Guardian of the Galaxy. Hal itu pun baru mungkin terjadi jika event di Guardian of the Galaxy bersinggungan dengan Bumi.

A.R.M.O.R

Alternate Reality Monitoring and Operational Response Agency, memiliki peran untuk menangani masalah yang bersinggungan dengan alternate reality. Tujuan utamanya adalah mencegah kontaminasi dan konflik dari multiverse yang ada. Organisasi ini dipimpin oleh Charles Little Sky, karena ia dapat menciptakan portal antar dimensi untuk teleportasi ke dimensi lain.

shield 02

Logo A.R.M.O.R

Prakiraan: Untuk di Marvel Cinematic Universe, momen yang pas untuk kemunculan A.R.M.O.R adalah saat persinggungan antar dimensi terjadi. Hingga saat ini, kandidat yang mampu merekayasa realita adalah Scarlet Witch, dan bisa jadi A.R.M.O.R akan menangani masalah yang timbul akibat rekayasa realita yang mungkin akan ia lakukan.

T.I.M.E

Temporal Irregularity Management and Eradication, organisasi yang dibentuk untuk mengatasi masalah yang muncul akibat terganggunya aliran waktu hingga terjadi time paradox atau mengubah sejarah dunia. T.I.M.E merekrut para penjelajah waktu seperti Chronarchists dan Tommorow Man, dan mereka juga merekrut Hulk, karena Hulk adalah satu-satunya mahluk yang dapat bertahan saat memasuki aliran waktu tanpa dukungan alat bantu.

shield 03

Hulk bergabung dengan S.H.I.E.L.D dalam divisi T.I.M.E

Prakiraan: T.I.M.E kemungkinan muncul saat Marvel Cinematic Universe memasuki tema perjalanan waktu. Hingga saat ini, belum ada hero atau villain yang dapat melakukan perjalanan waktu atau ada permasalahan paradox timeline. Walaupun T.I.M.E terbentuk karena event Age of Ultron, tapi kemungkinan cerita Age of Ultron di bioskop akan berbeda dengan versi komik.

D.U.C.K

Department of Unknown and Covert Knowledge, organisasi yang sempat menggantikan S.T.R.I.K.E saat dinon-aktifkan

W.A.N.D

Wizardy Alchemy Necromancy Departement, belum banyak informasi mengenai divisi ini, tetapi fokus utama organisasi intelijen ini adalah menangani masalah ilmu hitam, alkimia, hingga sihir.

shield 04

Prakiraan : Jika citizen menyimak Captain America 2: the Winter Soldier, salah satu target project Insight adalah Stephen Strange, atau lebih dikenal dengan sebutan Doctor Strange. W.A.N.D bisa saja dimunculkan apabila Doctor Strange versi movie juga merupakan penyihir. Scarlet Witch juga merupakan hero yang berkekuatan sihir, bisa jadi ia juga turut dalam pengawasan W.A.N.D.

TENTANG PENULIS
totolee

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.