Nikon Konfirmasikan Coolpix S810c, Bukti Jika Kamera Digital Android Masih Diminati

Nikon kembali menghadirkan kamera cerdas dengan antar muka Android yang menjadi penerus Nikon Coolpix S800c yang mereka kenalkan akhir 2012 lalu melalui Coolpix S810c.

Nikon-Coolpix-S810c-1

Terakhir kami memberitakan mengenai perkembangan baru smart camera, alias kamera cerdas dengan OS Android Januari 2014 lalu selama event CES 2014. Dan seakan menunjukkan jika konsep tersebut bukanya tidak populer, kini Nikon kembali menghadirkan kamera cerdas dengan antar muka Android yang menjadi penerus Nikon Coolpix S800c yang mereka kenalkan akhir 2012 lalu. Kali ini Coolpix S810c menawarkan banyak pembaruan, seperti sudah menjalankan OS Android terpopuler Android 4.2.2 Jelly Bean (sebelumnya sebatas Gingerbread), dan selain bisa mengambil foto dan video, juga mampu membantu penggunanya bercuit-cuit melalui Twitter, mendengarkan musik, dan banyak fungsi lainnya layaknya sebuah smartphone.

Nikon-Coolpix-S810c-3

Nikon masih yakin dengan kombinasi kamera point-and-shoot serta fungsi smartphone adalah pilihan terbaik bagi mereka yang mencari kualitas kamera digital kompak yang mumpuni, namun sekaligus juga fungsi smartphone. Karena bagaimana pun besarnya megapixel yang diusung smartphone flagship dari produsen manapun, tidak akan bisa menandingi produk yang sejatinya adalah kamera digital seperti ini. Nikon Coolpix S810c menawarkan sensor BSI CMOS 16-megapixel yang memiliki jangkauan ISO hingga 3,200, lensa dengan optical zoom 12x, juga bisa meng-cover foto dengan 25 mm wide-angle, dan juga 300 mm telephoto angle. Satu aplikasi menarik yang diberikan Nikon, kamu bisa memberikan hingga 400 komentar pada foto yang baru saja diambil, dan akan ditampilkan secara tampilan dimana kita bisa membaca kembali semua komentar secara kronologis.

Nikon-Coolpix-S810c-4

Seperti banyak kamera digital lainnya, Nikon juga membekalinya dengan aplikasi pendamping yang memungkinkan penggunanya mentransfer foto dan video ke smartphone atau tablet untuk membagikannya ke jejaring sosial. Namunh dengan OS Android, ada fungsi lain yang tidak biasa ditemui pada tipikal kamera saku. Melalui koneksi WiFi, Coolpix S810c bisa langsung meng-upload foto dan video ke media sosial yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Sayangnya hanya WiFi saja, karena tidak ada modul GSM di dalamnya, tidak mungkin menggunakannya untuk berkomunikasi telepon. Sedangkan GPS bisa digunakan untuk melakukan geotag foto, atau aktivitas navigasi singkat, kemudian dengan menghubungkan headset kita bisa merubahnya menjadi pemutar musik dadakan. Untuk mengatur semua fungsinya, disediakan layar 3.7-inchi dengan resolusi WVGA atau 800 x 480-pixel. 

Nikon Coolpix S810s akan tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih ketika dijual awal Mei 2014 mendatang. Nikon menawarkannya dengan harga $349.95, atau sekitar Rp. 4 jutaan.

[cb type=”company”]Nikon[/cb]

Sumber: Nikon 

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.