Captain Tsubasa Exhibition, Semarakkan Piala Dunia 2014 Bersama Captain Tsubasa!

captain tsubasa exhibition 00

Bagi orang Jepang, tidak lengkap semarak Piala Dunia tanpa Captain Tsubasa. Begitu juga dengan Piala Dunia 2014 ini, Captain Tsubasa kembali menyemarakkan Piala Dunia dengan mengadakan Captain Tsubasa Exhibition (CT Exhibition).

CT Exhibition diadakan pada 14 Juni hingga 6 Juli 2014 di Ueno Royal Museum, Ueno, Tokyo. Pameran ini diadakan untuk meramaikan kampanye tim nasional Jepang di putaran final Piala Dunia 2014 Brasil. Bahkan tanggal pembukaannya pun sama dengan jadwal pertandingan pertama Jepang di Brasil, yang akan menghadapi tim Pantai Gading.

Mengenai Piala Dunia Brasil kali ini, Yoichi Takahashi, pencipta komik CaptainTsubasa, berpendapat bahwa Tsubasa Ozora, karakter utama dari Captain Tsubasa seperti benar-benar berpartisipasi di tim nasional Jepang sekarang yang berangkat ke Brasil. Hal ini dikarenakan karakter Tsubasa mirip dengan pemain bintang Manchester United berposisi pemain depan yaitu Shinji Kagawa.

captain tsubasa exhibition

“Mereka berdua bermain di posisi yang sama, dan mereka sama-sama hebat melakukan operan. Keduanya cukup pendek, tetapi mereka memiliki teknik dan kecepatan. Saya pikir, ya, ia (Tsubasa) akhirnya mengambil bagian di Piala Dunia.”

Captain Tsubasa adalah judul manga yang terbit di majalah shonen weekly pada 1981 dengan tema sepak bola. Cerita Captain Tsubasa ini dimulai dari kisah seorang anak SD yang bernama Tsubasa Ozora.

Tsubasa yang baru saja pindah dari kota Nankatsu ingin sekali bermain sepak bola dan menjadi pemain terbaik. Setelah masuk ke sekolah barunya, Tsubasa langsung masuk ke perkumpulan tim sepak bola. Petualangan berlanjut dari latihan Tim Sepak Bola Nankatsu di sebuah lapangan yang juga sering dipakai oleh Tim lain yang diketuai oleh Genzo Wakabayashi.

Mereka pun akhirnya bertanding dan sepakat, kalau Nankatsu bisa mencetak 1 buah Gol maka Nankatsu boleh bermain di lapangan tersebut. Pertandingan pun berlangsung sengit. Nankatsu yang semula kalah berhasil membalas serangan lawan justru ketika Tsubasa dipasang sebagai pemain belakang. Ketika ada kesempatan Tsubasa berhasil mencetak gol dan akhirnya Nankatsu diperbolehkan berlatih di lapangan tersebut. Setelah kejadian tersebut, Tsubasa selalu diberi kehormatan untuk menyandang gelar Kapten. Karena hal inilah mungkin si pengarang akhirnya memberi judul komik Captain Tsubasa.

captain tsubasa exhibition 01

Pameran ini menghadirkan  film animasi dan serangkaian karya ilustrasi, termasuk satu karya yang dibuat khusus untuk Piala Dunia di Brasil. Berikut adalah jadwal dan biaya masuk Captain Tsubasa Exhibition.

  • Waktu : 14 Juni – 6 Juli 2014
  • 10:00 am – 5:00 pm *kecuali Hari Jumat 10:00 am – 8:00 pm
  • Tarif masuk Advance (dari pintu masuk):
  • – Dewasa : 1,400 (1,600) yen
  • – Pelajar SMP dan SMA : 600 (800) yen
  • – Pelajar SD : 400 (400) yen

SHARE
Previous articleFatal Frame Siap Meneror Layar Lebar
Next articleGagal Casting, Cinta Laura Batal Main di Star Wars Episode 7
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.