IGS 2014: GDA 2014, Ajang Pembuktian Game Developer Indonesia

duniaku-gda-1

Satu acara rutin yang diselenggarakan selama perhelatan Indonesia Game Showa (IGS) 2014 setiap tahunnya adalah gelar Game Developer Award atau GDA. Gelar ini diberikan untuk para developer game Indonesia, baik yang masih amatir (dengan karir kurang dari satu tahun dan belum berbadan hukum) maupun yang sudah profesional. Dalam pagelaran IGS 2014 ini, GDA kembali digelar untuk yang ketiga kalinya. Menurut pantauan penulis, banyak nama-nama baru yang mengikuti event ini, bahkan ada satu tim yang masih terdiri dari dua siswa yang masih duduk di bangku SMA.

duniaku-gda-2

duniaku-gda-5

duniaku-gda-7

Banyak yang berbeda dalam penyelenggaraan GDA untuk tahun ini. Salah satunya, masing-masing tim tidak mendapatkan booth sendiri-sendiri untuk memamerkan karyanya. Booth yang tersedia ditempati secara bergilir untuk setiap harinya, sehingga para developer hanya memiliki waktu satu hari untuk memamerkan karyanya kepada para pengunjung. Penjuriannya sendiri dilakukan secara tertutup dan kategori yang dilombakan juga sedikit berbeda.

duniaku-gda-3

Namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme para developer untuk mengikuti ajang ini. Meskipun hanya mendapatkan satu hari saja untuk memamerkan karya, namun beberapa developer terlihat saling mendukung satu sama lainnya untuk memeriahkan booth sehingga setiap hari booth selalu terlihat semarak dan ramai. Bahkan dari beberapa developer, penulis juga mendapatkan beberapa “bocoran” game baru yang tengah mereka kembangkan. Salah satunya adalah menjajal Cherrybelle Magical Diaries, game besutan Altermyth yang mengangkat para personil girlband Cherrybelle.

duniaku-gda-6

Setelah melalui beberapa penjurian, akhirnya juri memilih beberapa developer yang menjadi jawara untuk masing-masing kategori. Pemberian gelar sendiri dilakukan dalam sesi Awarding Ceremony yang menjadi sesi penutup IGS 2014.

duniaku-gda-12

Kategori Casual Game Pro

Juara 1 – Agate Internasional

Juara 2 – HB Sense

duniaku-gda-10

Kategori Casual Game Amatir

Juara 1 – Mojiken Studio

Juara 2 – Wingcap Studio

duniaku-gda-11

Kategori Mobile Pro

Juara 1 – Mintsphere

Juara 2 – Touchten Games

duniaku-gda-13

Kategori Mobile Amatir

Juara 1 – Minimo

Juara 2 – Wonder Works

duniaku-gda-9

Lomba Desain Karakter

Juara 1 – Fuandho

Juara 2 – Franky Wong

Juara 3 – M. Ilham Putra

duniaku-gda-8

Juara Favorit – Ozysoft

duniaku-gda-14

Most Promising Game – Artoncode

Selamat kepada para pemenang, dan ditunggu karya-karya lainnya di masa yang akan datang!


SHARE
Previous articleWarna-warni Indonesia di Gelaran Pawai Seni dan Budaya Kreatif 2014
Next articleAFAID 2014: Luna Haruna Terharu Melihat Sambutan dari Fans Indonesia
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.