Kemenkominfo: FIKTIF Siap Menjadi Wadah Bagi Para Pelaku Industri Teknokreatif Indonesia

duniaku-fiktif-3

Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Duniaku.net akan mengadakan sebuah forum untuk para penggiat industri teknokreatif di Indonesia dengan tajuk FIKTIF atau Forum Industri Konten Teknokreatif. Forum ini akan pertama kali dihelat di Yogyakarta, tepatnya di Hotel The Phoenix, Jl. Jendral Sudirman no.9.

Acara ini akan menghadirkan beberapa pemilik Intelectual Property (IP) yang akan men-sharing pengalaman dan kisah sukses mereka membawa IP tersebut menembus pasar global seperti Digital Happiness dengan DreadOut-nya, Ami Raditya dengan Vandaria-nya dan Achmad Rofiq dengan KukuRockYou. Selain itu, forum ini juga akan menghadirkan pemerhati IP di Indonesia, Hari Sungkari yang akan memberikan pandangannya terhadap perkembangan IP di negara ini.

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, apa sih FIKTIF sebenarnya, dan apa tujuan dibentuknya forum ini? Kali ini Duniaku.net berhasil mewawancarai Luat Sihombing, Koordinator dari FIKTIF sekaligus Kepala Seksi Pengembangan Produk Industri Konten Multimedia, Unit Kerja Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika dari Kemenkominfo. Kepada Duniaku, Luat membeberkan banyak hal mengenai FIKTIF, dan rencana ke depan dari forum ini. Simak wawancaranya berikut.

Luat Sihombing (kiri)
Luat Sihombing (kiri)

Duniaku (D): Apa sih FIKTIF sebenarnya?

Luat Sihombing (LS): FIKTIF, sesuai dengan kepanjangannya (Forum Industri Konten Teknokreatif Indonesia) merupakan wadah bagi para penggiat konten Teknokreatif. Kita sebut TeknoKreatif karena selain industri game dan animasi, ada industri lain yang juga berhubungan, salah satu contohnya adalah musik.

D: Jadi FIKTIF bentuknya seperti Forum untuk berkumpul?

L: Ya, FIKTIF adalah sebuah wadah untuk mengumpulkan para pelaku industri tersebut. Namanya forum, ada yang bersifat offline dan online. Acara di Jogja ini adalah salah satu bentuknya.

D: Tujuan dibentuknya FIKTIF ini apa?

L: Tujuannya sebagai wadah bagi penggiat industri teknokreatif di Indonesia. Di forum ini, yang sudah berpengalaman bisa sharing kisah suksesnya, dan yang pemula bisa belajar dari mereka. Selain itu, tujuannya juga untuk menjalin jaringan antara sesama pelaku industri Teknokreatif di Indonesia.

D: Untuk acara di Jogja sendiri, apa sih yang akan ditemui peserta?

L: Selain sharing kisah sukses dari para pemilik IP dan menjalin relasi, dalam FIKTIF nanti pengunjung juga bisa melihat secara langsung produk-produk teknokreatif mereka dalam showcase yang diadakan. Kami juga akan melakukan sosialisasi mengenai pemetaan data industri teknokreatif yang ada di Indonesia.

duniaku-FIKTIF-3
Bersama GADAS (Game Developer Arek Suroboyo)

D: Apakah FIKTIF akan menjadi acara rutin dari Kemenkominfo?

L: Kita berharap bisa menjadi acara rutin dan ingin tahun depan bisa menyelenggarakan lagi dengan lebih megah. Bukan hanya para pembicara yang mengisi showcase, melainkan juga membuka pendaftaran untuk para pelaku teknokreatif lain untuk memamerkan karyanya.

D: Untuk tahun ini selain Jogja apakah juga akan diselenggarakan lagi di kota lain?

L: Kita harap sih bisa, karena ini juga sudah mendekati akhir tahun. Rencananya kalau bisa akan diadakan lagi di Malang.

D: Terima kasih atas waktunya, semoga sukses dengan FIKTIF!

L: Terima kasih juga!

Tertarik untuk mengikuti forum ini? Bergegas ya, karena slot yang tersedia sangat terbatas! Jika kamu ingin mendaftar acara ini, kamu bisa langsung mendaftarkan dirimu melalui link berikut ini dan mengikuti petunjuk yang ada di halaman tersebut.


SHARE
Previous article6 Hal Tentang Jakarta yang Membuatmu Depresi
Next articleHelloFest 10 Anima Expo Sudah Tetapkan Jadwalnya!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.