Liputan FIKTIF: Membongkar Rahasia Sukses Properti Intelektual dalam Sehari!

FIKTIF
Konsep FIKTIF yang santai. Mirip ILK ya!

Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) bersama Duniaku.net menggelar sebuah forum industri teknokreatif yang disebut dengan FIKTIF atau Forum Industri Konten Teknokreatif Indonesia. Sebagai permulaan, dipilihlah Jogjakarta sebagai tempat penyelenggara, dimana acara ini sudah digelar di Hotel The Phoenix, Jl. Jendral Sudirman no.9 Yogyakarta pada hari Sabtu, 13 September 2014 kemarin. Dengan mengusung tema “Membawa Hak Kekayaan Intelektual Produk Konten Teknokreatif Menembus Pasar Global”, FIKTIF menghadirkan beberapa pemilik Intelectual Property (IP) papan atas Indonesia seperti seperti Digital Happiness dengan DreadOut-nya, Ami Raditya dengan Vandaria-nya, dan Achmad Rofiq dari KukuRockYou. Selain tiga nama di atas, forum juga diisi oleh Hari Sungkari, yang merupakan salah satu pemerhati IP di Indonesia.

??????????

Acara baru dimulai pukul 09.00, namun sejak pukul 08.00 pagi sudah tampak antrian dari para mahasiswa, game developer dan animator Jogjakarta untuk melakukan registrasi. Konsep dari acara ini dibuat sedikit santai, dimana para peserta duduk melingkari meja agar lebih memudahkan juga untuk melakukan diskusi. Untuk menunjukkan semangat nasionalisme, forum diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Dari pantauan Duniaku, sebagian besar peserta masih berstatus mahasiswa, yang menunjukkan bagaimana antusiasme mereka dalam menyambut event ini.

Setelah bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, forum dibuka dengan sambutan dari Edy Murdiman selaku Direktur Pemberdayaan Konten Industri Informatika. Edy mengungkapkan bahwa konten digital akan tumbuh pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Hal tersebut juga akan membuat konten teknokreatif menjadi satu aspek yang potensial dan menjanjikan di masa yang akan datang. Permasalahan yang dihadapi di Indonesia perkembangan talenta industri ini di Indonesia belum diikuti dengan kualitas produk yang masih belum bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Oleh karena itu, FIKTIF diharapkan bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Edy Murdiman, Direktur Pemberdayaan Konten Informatika
Edy Murdiman, Direktur Pemberdayaan Konten Informatika

FIKTIF sendiri memberikan kesempatan yang besar bagi para pemilik IP, pelaku industri teknokreatif maupun bagi masyarakat yang ingin terjun dalam industri ini. Bagi pemilik IP, FIKTIF memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi kisah sukses dan memperkenalkan produk mereka yang sudah berhasil menembus pasar baik lokal maupun internasional. Sedangkan bagi pelaku industri teknokreatif dan masyarakat luas, FIKTIF bisa menjadi sarana untuk saling bertemu dan membina relasi guna membuka peluang kerja sama baru. Melalui FIKTIF, pemerintah pun juga bisa mengumpulkan data terkait dengan pelaku industri teknokreatif ini.

Setelah dibuka dengan sambutan dari Edy Murdiman, pembicara pertama dari FIKTIF datang dari DGM Animation sekaligus kreator dari animasi KukuRockYou, Achmad Rofiq. Dalam presentasinya, Achmad menjelaskan “kegalauannya” dalam pencarian mengenai bagaimana dan seperti apa IP yang disukai banyak orang. Achmad menjelaskan, bahwa dirinya sudah mulai berkecimpung dalam mengembangkan IP sejak tahun 2005 lewat sebuah animasi berjudul Catatan Dian yang sempat ditayangkan di TVRI. Setelah itu, buah karya berikutnya pun juga ditayangkan oleh MNC TV berjudul Songgo Rubuh.

Achmad Rofiq
Achmad Rofiq

Sayangnya, Achmad menilai stasiun TV tidak bisa memanajemen IP-IP tersebut dengan baik, sehingga gaungnya pun berhenti seiring dengan berhentinya penayangan animasi tersebut. Studio animasi juga menghadapi permasalahan lain saat akan menayangkan hasil karyanya di stasiun TV karena harus berkompetisi dengan studio yang dimiliki stasiun TV tersebut. Permasalahan tidak berhenti di situ, karena Achmad menilai animasi buatan studio milik stasiun TV tersebut memiliki tema yang sama, dan tidak ada nilai keunikan tersendiri.

Dari pencarian selama beberapa tahun mengenai seperti apa IP yang digemari, akhirnya dia membuat KukuRockYou yang menampilkan kisah seekor ayam bekisar bernama Jagur yang berprofesi sebagai penyanyi rock. Untuk mengembangkan animasi yang ditayangkan setiap hari Minggu pukul 09.00 pagi ini, DGM Animation bekerja sama Gramedia. Bahkan, Achmad mengungkapkan bahwa Nickelodeon juga tertarik untuk membawa KukuRockYou ke pasar internasional dengan nama Rocky Rock Star. Di akhir presentasinya, Achmad memberikan sebuah kesimpulan, bahwa IP yang baik adalah mengajari penggemarnya untuk mencintai karakter yang dibawakan, dan hal tersebut ingin dia lakukan lewat KukuRockYou ini.

1
2
3
4

SHARE
Previous articleTin Man Kembali Dengan Buku-buku yang Hidup Melalui The Sagas of Fire*Wolf
Next articleMelody of Enthrea, RPG Klasik dengan Musik Modern Karya Developer Indonesia
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.