One Piece 3D2Y : Berlatih dan Bertempur Bersama Luffy dengan Jurus Barunya!

One Piece 3D2Y (1)

One Piece kembali menayangkan TV Special nya. Kali ini TV Special nya berjudul 3D2Y: Overcome Ace’s Death! Luffy’s Vow to his Friends (3D2Y〟 エースの死を越えて! ルフィ仲間との誓い). TV Special ini berlangsung saat jeda dua tahun sebelum Strawhat pirate berkumpul di Sabody. Luffy saat ini sedang dalam pelatihan di Rusukaina untuk menguasai Haki sebelum mengarungi New World. 

TV Special ini dimulai dengan kenangan Luffy dan Portgas D. Ace ketika mereka masih muda, mereka bersumpah untuk menjadi lebih kuat dan pergi berlayar laut. Kemudian waktu melaju saat perang Whitebeard di Marineford Arc. Seperti yang kita ketahui, Luffy gagal menyelamatkan saudara seperjuangannya yaitu Ace saat perang ini. Bahkan Ace gugur di pelukan Luffy, sehingga Luffy mengalami depresi. Untungnya Jinbe, salah satu teman Luffy, menyadarkannya. Ia membuat Luffy sadar bahwa Luffy semestinya tidak perlu larut dalam kehilangan Ace. Karena walaupun ia kehilangan salah satu orang terpenting dalam hidupnya, ia masih memiliki orang-orang yang patut diperjuangkan, yaitu nakama-nakama nya. Luffy pun kembali mendapat semangat hidup, walaupun bekas kesedihan atas kehilangan Ace masih menghantui selama pelatihannya.

Di sisi lain muncul bajak laut yang membahayakan yaitu Byrnndi World, sang “Destroyer of Worlds“. Ia membentuk kelompok bajak laut World bersama kakaknya, Byojack yang lemah namun ahli mengumpulkan informasi; Gairam, berkekuatan buah setan Kyubu Kyubu no Mi yang bisa memanipulasi benda menjadi kubus; Sebastian, bangsa Wotan yang merupakan campuran raksasa dan manusia ikan; Nightin, ahli kimia yang bertarung dengan berbagai ramuan kimia; dan puluhan anak buah kapal lainnya. Dengan kekuatan buah setan Moa Moa no Mi, Byrnndi mampu membuat benda 100 kali lebih besar dan lebih cepat. Byrnndi bahkan menguasai Haki dengan baik, sehingga ia tidak kesulitan melawan para pemakan buah setan. Ia dianggap berbahaya di dunia ini karena ia menghancurkan segalanya yang ia temui : Marine, bajak laut, bahkan para World Nobles. Ia dihentikan dengan serangan gabungan Marine, bajak laut, serta Cipher pol yang mensabotase anak buah kapalnya sehingga terjadi pemberontakan. Ia dipenjara di Impel Down Level 6, dan berhasil kembali berkat serangan Luffy dan aliansinya ke Impel Down.

TV Special ini menghadirkan pertentangan nilai persaudaraan dan persahabatan yang berbeda antara Luffy dan Byrnndi. Luffy yang sangat menghargai nilai persaudaraan dan persahabatan, berusaha menjadi kuat dengan prinsip ia harus bisa menyelamatkan kawannya dan tidak membiarkan sahabatnya menderita. Hal yang menghalangi semangatnya itu adalah bahwa ia merasa belum cukup kuat untuk bisa menyelamatkan teman-temannya, dan ia masih trauma dengan kematian Ace yang gagal ia selamatkan.

 One Piece 3d2y

Hal yang sebaliknya terjadi pada Byrnndi World. Ia mulai mengarungi lautan dengan semangat bertualang. Seiring dengan semakin kuatnya dia dan kelompok bajak lautnya, ia merasa bisa menghadapi apa pun dengan didukung kapal yang kuat. Padahal kakaknya Byojack justru berusaha membuat kapal Byrnndi dapat menghindari lawan agar tidak terjadi kehancuran yang tidak perlu. Saat terjadi pemberontakan di kapalnya, serta para nakama nya yang lari menyelamatkan diri, ia menjadi kehilangan kepercayaan dan nilai persaudaraan dan persahabatan. 30 tahun berlalu dalam penjara Impel Down, namun karena ia dibekukan hidup-hidup, ia masih sakit hati seolah-olah pemberontakan itu baru saja terjadi kemarin.

Yang menarik adalah Byrnndi yang kehilangan nilai persaudaraan dan persahabatan justru sedang berada dalam puncak kekuatannya, sedangkan walaupun Luffy bersemangat dalam menjaga nilai persaudaraan dan persahabatan, ia justru dalam kondisi lemah dengan depresi dan traumanya. Satu-satunya jalan bagi Luffy adalah hanya dengan menjadi semakin kuat, sebuah hal yang akan ia temukan dalan pertarungannya dengan Byrnndi World.

One Piece 3d2y (1)

One Piece 3D2Y: Overcome Ace’s Death! Luffy’s Vow to his Friends menyajikan suasana berbeda dengan film One Piece lainnya, karena kali ini Luffy beraksi sendiri tanpa nakama-nakama nya. Namun sebuah peristiwa akibat ulah Byrnndi World memancing kemunculan para Shichibukai, dan beberapa Shichibukai inilah yg justru menjadi aliansi Luffy. Selain Boa Hancock, sang Shichibukai baru yaitu Buggy the Clown juga ikut serta “membantu” Luffy. Kehadiran Buggy sendiri tentu menjadi karakter konyol yang mewarnai cerita ini.

Overall,One Piece  3D2Y: Overcome Ace’s Death! Luffy’s Vow to his Friends adalah episode non-kanon lainnya yang cukup menghibur. Secara cerita TV Special ini cukup sekadar menahan ketegangan aksi Strawhat Pirate di New World, sembari kembali memunculkan cerita-cerita yang memorable sebelum masa New World.

Jangan lupa untuk menyaksikan adegan setelah kredit, dimana terdapat sosok berambut pirang bertopi yang membawa tongkat sedang menuangkan tiga cangkir sake dekat kuburan Ace dan Whitebeard, sembari tersenyum misterius. Siapakah dia?


SHARE
Previous articleHanya Butuh Satu Jari Saja Untuk Membangun Kota Metropolis
Next articleBuntuti Sukses Moto G, Motorola Moto E Dijual Hanya 1 Jutaan!

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.