Inilah Alasan Kenapa Main Game Bisa Bikin Kamu Sukses Dunia Akhirat

Duniaku main game

Siapa bilang bermain game identik dengan kegiatan yang negatif? Mungkin di antara kita yang sering kali mendengar petuah dari orang tua seperti “jangan bermain game, belajar dulu” atau “main terus, kapan belajarnya?”. Bahkan mungkin ada diantara kita yang pernah mengalami, konsol harus “disita” oleh orang tua karena bisa mengganggu waktu belajar.

Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan selama bermain game, tergantung dari jenis game apa yang kamu mainkan. Setelah membaca artikel ini, kamu bisa membuktikan ke siapa saja yang menganggap game adalah hal yang negatif, bahwa bermain game bisa membuat kita sukses dunia dan akhirat. Tidak percaya? Berikut ini beberapa alasannya.


1

Bermain Game bisa Mempercepat Belajar Bahasa Inggris


duniaku-manfaatgame-1

Dengan banyaknya game yang berbahasa Inggris, tentu kemampuan untuk memahami bahasa tersebut mutlak kamu perlukan saat bermain game. Utamanya jika kamu memainkan RPG atau genre lain yang memiliki kisah yang bagus. Kamu tentunya tidak ingin, gagal memahami kisah dalam game tersebut hanya karena tidak bisa berbahasa Inggris. Nah, tentu hal tersebut bisa memotivasimu untuk belajar bahasa Inggris lebih giat lagi, agar tidak melulu membuka kamus saat menemukan satu kata yang tidak kamu mengerti.

Oiya, bahkan menurut sebuah penelitian, belajar bahasa Inggris melalui game ternyata membantu anak-anak lebih cepat mempelajari bahasa Inggris lho! Terutama game-game MMO, yang mengharuskan pemain untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya. Bukan main-main, yang melakukan penelitian tersebut seorang profesor lho. Jadi tidak diragukan lagi kan? :D


2

Bermain Game Bisa Melatih Sensor Motorik


ayodance

Sudah banyak penelitian membuktikan, jika melatih sensor motorik pada anak merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan, dan kepekaan mereka. Karena pada dasarnya, sejak saat pertama seorang bayi dilahirkan kedunia, mereka sudah memiliki sensor motorik. Sensor motorik merupakan sensor yang memfokuskan sistem kerjanya pada saraf-saraf tubuh seperti yang terdapat pada anatomi tubuh manusia pada umumnya, dan akan terus berkembang berdasarkan waktu dan pertumbuhan mereka. Untuk memaksimalkannya, bisa dengan cara memberikan rangsangan atau stimulasi, melalui permainan misalnya, yang bisa membantu pertumbuhan motorik kasar dan halus.

Dalam hal ini, bermain video game juga bisa menjadi rujukan keduanya. Memainkan tipikal game rhythm di konsol, seperti tipikal serial Dance-dance Revolution, Pump It Up, Just Dance yang memang tidak ubahnya seperti berolahraga, masuk dalam kategori pengolah sensor motorik kasar. Sedangkan yang halus, bisa dilakukan dengan bermain game rhythm yang fokus mengajak jari untuk terus bergerak, dan juga tetap fokus dalam menentukan kapan tombol untuk ditekan agar bisa sukses dalam satu sesi permainan. Contohnya, bisa melalui game seperti AyoDance, Guitar Hero, Rock Band dan banyak game rhythm lainnya. Yang paling gampang diakses, kalian bisa mengunduh AyoDance melalui tautan berikut ini.


3

Belajar Sejarah dengan Bermain Game? Kenapa Tidak!


Coba tebak, siapa tokoh sejarah yang muncul dalam Assassin's Creed III ini?
Coba tebak, siapa tokoh sejarah yang muncul dalam Assassin’s Creed III ini?

Kapan terjadinya masa Renaissance di Italia? Siapa nama Raja yang hidup di era Revolusi Prancis? Membaca dan menghafal melalui buku sejarah tentu membosankan. Nah, beruntung sudah banyak game yang bisa membantu kita untuk membantu menghafal dan mempelajari sejarah tersebut. Salah satunya yang memiliki pelajaran sejarah yang kental adalah berbagai judul Assassin’s Creed. Tapi ingat, pisahkan nama-nama fiktif dengan nama-nama sejarah yang ada di dunia nyata ya! Jangan sampai sewaktu kamu ditanya siapa yang ikut sebagai saksi saat menandatangani deklarasi kemerdekaan, kamu menuliskan Connor Kenway sebagai salah satunya. Hehe..


4

Bermain Game bisa Membuat Badan Lebih Sehat


duniaku-manfaatgame-7

Kalau yang ini pasti nggak akan bisa dipungkiri, sebab game sudah mengajak kita untuk membuat badan kita lebih fit dan sehat sejak jaman Dance Dance Revolution dulu! Tidak lupa game-game konsol yang semakin canggih juga ikut mengajak kita untuk bergerak dengan game-game seperti Just Dance dan Wii Sport yang nggak kalah seru dengan DDR! Gamer tapi tetap fit? Itu baru top!


5

Mendapat Pahala dari Bermain Game


duniaku-manfaatgame-9

Dari tadi kita membahas bermain game bisa membuat kita sukses di dunia. Lantas, bagaimana caranya bermain game bisa membuat kita sukses juga di akhirat? Terima kasih kepada game-game sosial yang menyediakan fitur Help di dalamnya. Ya, seringkali kamu menemukan game-game sosial baik yang berbasis mobile seperti Hay Day, berbasis Facebook seperti FarmVille, atau game-game MMO memungkinkanmu untuk membantu orang lain. Entah dalam bentuk membantu mereka menyelesaikan misi, membantu agar naik level lebih cepat ataupun memberikan hadiah. Nah, bukankah saling tolong menolong untuk meringankan “beban” pemain lain ini bisa membuat kita mendapatkan pahala nanti di akhirat?


6

Mempelajari Tata Kota dengan Bermain Game


duniaku-manfaatgame-8

Meski tidak bisa melakukannya secara detail, namun dalam game seperti Sim City dan Tropico, kamu akan merasakan rasanya membangun sebuah kota. Beberapa game juga memiliki fitur yang menarik seperti bila kamu meletakkan sekolah atau perumahan dekat tempat industri maka para penduduk akan komplain dan sebagainya. Tidak kompleks sih, namun kamu bisa mengerti tentang tata kota dari game seperti Sim City.


7

Dengan Game, Bisa Belajar Menjadi Manajer Klub Bola


Vugar Huseynzade
Vugar Huseynzade

Tidak bisa main sepak bola sungguhan? Bisa main di dunia virtual melalui PES atau FIFA. Bermain sepak bola saja tidak bisa, bagaimana mungkin bisa menjadi manajer klub bola? Tidak ada hal yang tidak mungkin, karena kamu bisa mempelajari bagaimana kerja seorang manajer sebuah tim dengan memainkan simulasi menjadi manajer klub sepak bola seperti Football Manager. Cukup mainkan game tersebut dengan serius, dan siapa tahu nasibmu nanti bisa seperti Vugar Huseynzade yang bisa menjadi manajer klub FC Baku di Azerbaijan, karena kehebatannya dalam memainkan Football Manager.

Bahkan Vugar mendapatkan pekerjaan tersebut setelah mengalahkan mantan legenda Prancis yang juga merupakan pemain terbaik Eropa 1991, Jean-Pierre Papin. Wow! Tapi ingat, mainnya yang serius ya, jangan mengandalkan formasi atau strategi hasil download dari pemain lain. Hehe..


8

Jadi Gamer Profesional dan Dapat Penghasilan


duniaku-manfaatgame-5
Newbee, juara turnamen Dota 2 The International yang berhasil meraup uang tunai US $5 Juta atau lebih dari RP 60 Miliar. Wow!

Jika ditekuni, bermain game bisa menjadi profesi yang menghasilkan uang lho. Dengan menjadi seorang gamer profesional, kamu akan disokong dengan sponsor yang siap mendukungmu kapan saja kamu bertanding dan berpotensi mendapatkan penghasilan yang tetap setiap bulannya.

Bukan hanya itu, pundi-pundi uangmu juga bisa bertambah banyak dengan mengikuti pertandingan-pertandingan yang diadakan. Beberapa pertandingan yang berskala internasional seperti Dota 2 The International bahkan menyediakan hadiah total lebih dari US $ 10 juta atau sekitar Rp 100 Miliar bagi para pemenangnya! Jalan untuk menjadi gamer profesional di Indonesia yang diakui pemerintah pun sudah terbuka dengan diresmikannya iESPA pertengahan 2014 ini. Jadi, profesi sebagai gamer, mengapa tidak?


9

Kesempatan untuk Menjalin Networking dengan Komunitas


35343_03_blizzard_will_fund_college_gaming_groups_through_esports_association

Para penggemar game biasanya membentuk komunitasnya sendiri, dalam komunitas ini muncul berbagai macam jenis personality yang bisa kamu eksplor lho! Citizen juga bisa menjalin networking tanpa harus keluar rumah. Siapa bilang gamer itu anti sosial?


10

Bermain Game Bisa Melatih Kesabaran


duniaku-manfaatgame-6

Siapa bilang gamer itu emosinya tidak stabil? Buktinya banyak orang yang rela main Flappy Bird atau Cat Mario dan handphone atau PC-nya masih sehat walafiat, hehehe. Yap, game-game susah itu secara tidak langsung melatih kesabaran dan rasa legowo dari dalam dirimu lho, citizen!

Itulah sepuluh alasan kenapa main game bisa membuatmu sukses dunia dan akhirat. Ada pendapat lain? Silahkan share di kolom komentar ya!

SHARE
Previous articleDetail PokéNav Plus Dalam Pokémon Omega Ruby & Alpha Sapphire
Next articleSiapkan Uang 17 Juta untuk Mendapatkan PS4 Portabel Ini!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.