The History of Big Hero 6

BigHero6Team2Big Hero 6 sekarang sudah bisa kamu saksikan di bioskop-bioskop Indonesia. Film ini sendiri merupakan film disney pertama yang menampilkan karakter-karakter Marvel Comics semenjak Disney mengakusisi Marvel Entertainment.

Jadi, siapakah itu Big Hero 6? Jika kamu belum mengenal mereka, saya akan menceritakan sedikit sejarah dari Big Hero 6 (versi Marvel) supaya kamu bisa lebih mengenal mereka sebelum melihat menonton aksi mereka di bioskop.

Kover komik Sunfire & Big Hero 6 #1
Kover komik Sunfire & Big Hero 6 #1

Big Hero 6 pertama kali muncul dalam komik Sunfire & Big Hero 6 #1 yang dirilis pada tahun 1998. Tim ini terbentuk ketika pemerintahan Jepang ingin memiliki tim superhero mereka sendiri. Adalah organisasi bernama Giri yang mulai merekrut manusia super satu per satu untuk membentuk tim Big Hero 6.

Jadi begitulah latar belakang terbentuknya Big Hero 6. Sekarang kita akan berlanjut menuju anggota timnya. Perlu kamu catat, kalau beberapa anggota tim ini tidak akan muncul dalam versi film-nya. Tapi jika Big Hero 6 dibuat sekuel, maka kita akan bisa melihat beberapa karakter baru.

The Silver Samurai
Sang samurai paruh waktu, The Silver Samurai

Silver Samurai adalah seorang ronin freelance, salah satu musuh bebuyutan Wolverine dan mantan bodyguard seorang teroris bernama Viper. Dan tentu saja, karena dia adalah seorang Mutant dan menjadi properti milik studio 20th Century Fox, dia tidak akan muncul dalam versi film Disney. Silver Samurai direkrut dan ditunjuk sebagai pemimpin tim Big Hero 6.

Menurutmu, mana yang lebih seksi?
Menurutmu, mana yang lebih seksi?

Anggota kedua adalah Honey Lemon, seorang gadis super jenius penemu Power Purse, sebuah tas yang bisa menembus dimensi. Dengan tas ini, Honey Lemon dapat mengambil barang apapun dari dalamnya –yah, hampir mirip dengan kantong ajaib milik Doraemon. Mungkinkah karena keduanya memiliki akhiran ‘mon’, pada nama mereka? Ah, lupakan.

Go
Gogo Tomago versi komik terlihat mirip Robocop, ya?

Selain Silver Samurai dan Honey Lemon, ada pula Gogo Tomago. Anggota yang paling tidak sabaran dalam tim ini memiliki kekuatan untuk mengubah fisiknya menjadi sebuah energi dengan cara menyebutkan namanya sendiri lewat alat yang dia miliki.

Versi komik Hiro terlihat lebih nerd dan jenius!
Yah… miriplah!

Tidak cukup sampai disitu, pemerintah Jepang kemudian menemukan Hiro Takachiho dan berusaha merekrutnya. Karena tidak terkesan terhadap Silver Samurai, Hiro menolak untuk bergabung. Tetapi, begitu Ibunya di culik oleh Everwrath, sebuah makhluk yang terbentuk dari jiwa-jiwa yang mati dalam serangan nuklir Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945. Oh, dan nama Hiro Takachiho diganti menjadi Hiro Hamada dalam versi film.

Baymax versi garang vs versi marshmallow
Baymax versi garang vs versi marshmallow

Hiro kemudian menciptakan sebuah robot yang nantinya akan menjadi  anggota tim, Baymax. Dalam versi filmnya, Baymax jauh lebih lucu dan menggemaskan seperti marshmallow. Baymax versi komik ini dapat berubah menjadi seekor naga. Bersama dengan Baymax, Hiro mau tidak mau bergabung dengan Big Hero 6 untuk melawan Everwrath.

Human Torch? Nope, it's Sunfire!
Human Torch? Nope, it’s Sunfire!

Saat bertarung melawan Everwrath, tim Big Hero 6 mendapatkan bantuan dari mantan anggota X-Men, Sunfire. Mutant yang satu ini memiliki kekuatan untuk memanaskan partikel menjadi plasma. Sunfire menjadi tokoh kunci dalam mengalahkan Everwraith. Bernasib sama seperti Silver Samurai, Sunfire tidak mungkin muncul dalam Big Hero 6 besutan Disney karena dimiliki oleh studio Fox.

Drawing skill level: Kids!
X the Unknowable

Tak lama setelah itu, Big Hero 6 memindahkan markas mereka dari Giri Office Building menuju Japan’s Cool World Amusement Park. Disana, mereka diserang oleh X the Unknowable, seekor monster yang terlahir dari gambar anak kecil dan memiliki kekuatan untuk berbuah bentuk menjadi apapun.

The Alpha Flight
The Alpha Flight

Dengan bantuan Alpha Flight, tim superhero Canada, Big Hero 6 akhirnya dapat mengalahkan X the Unknowable dengan api dari Gunung Fuji.  Kemudian, Big Hero 6 terus melindungi Jepang dari segala macam ancaman.

Sunfire meninggalkan Big Hero 6 setelah beberapa saat agar dia bisa bekerja kepada Charles Xavier a.k.a. Professor X di Mumbai, India. Tempatnya digantikan oleh Sunpyre, versi perempuan dari Sunfire dengan kekuatan sama yang ditarik dari dimensi lain melalui Power Purse milik Honey Lemon.  Sama seperti halnya Sunfire, Silver Samurai menghilang di Iraq dan dikabarkan telah terbunuh oleh Elektra. Posisinya digantikan oleh Ebon Samurai. Dengan menghilangnya dua anggota penting Big Hero 6, Hiro pun ditunjuk menjadi pemimpin tim yang baru.

Wasabi yang ini bukan makanan!
Wasabi yang ini bukan makanan!

Ada pula anggota yang bernama Wasabi-No-Ginger, seorang master chef yang ahli dalam bertarung menggunakan pedang. Selain itu, dia juga bisa mengubah Qi-Energy miliknya menjadi sebuah pisau yang dapat melumpuhkan lawan. Benar-benar kekuatan yang berguna ya, bagi seorang master chef. Kalau butuh pisau ketika memasak, dia tinggal membuatnya sendiri.

With the power of Kaijuu
Henshin!

Anggota lainnya, ada Fred. Dia memiliki kekuatan untuk berubah menjadi monster Kaiju mirip Godzilla. Karena kekuatannya itulah, dia biasa dipanggil Fredzilla.

Itulah anggota-anggota dari Big Hero 6 versi Marvel. Penampilan mereka dalam versi milik Disney kelihatan jauh berbeda ya? Saya sendiri belum sempat menonton Big Hero 6, jadi saya penasaran akan sedekat apa tokoh versi film dengan versi aslinya. Bagaimana denganmu? Apakah kamu tertarik untuk menonton Big Hero 6? Jika kamu masih ragu-ragu, mungkin kamu bisa melihat review-nya terlebih dahulu. (Baca: Review Big Hero 6: How To Train Your Robot Plus Plot Twist).

Oh, dan jika kamu penasaran dengan wajah para pengisi  suara karakter Big Hero 6, kamu bisa membacanya disini. (Baca: Inilah Wajah Para Pengisi Suara Karakter Big Hero 6). Pengisi suara dengan tokoh yang diperankan wajahnya mirip-mirip, lho!


SHARE
Previous articleNetizen Murka, Toko Nakal di Sim Lim Square Singapura pun Dihabisi! Tanpa Ampun!
Next articleMeme Reunian ‘Ada Apa dengan Cinta?’ Meledak di Media Sosial!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.