Vimala Defense Warlords, Dari Tugas Akhir Kuliah Menjadi Game Berkelas Dunia!

duniaku-vimala-1

Beberapa hari ini industri game Indonesia dikejutkan dengan kemunculan satu studio game baru, MassHive Media. MassHive Media muncul ke permukaan dengan membawa sebuah game dengan kualitas grafis dan gameplay yang tinggi, Vimala Defense Warlords. MassHive sendiri memanfaatkan ajang showcase dalam Game Developer Gathering (GDG) 2014 lalu (baca: Puluhan Karya Keren dari Developer Indonesia Mejeng dalam Showcase GDG 2014!) untuk memamerkan Vimala yang saat itu masih dirilis untuk iTunes di beberapa negara tertentu saja, seperti Selandia Baru dan Australia. Nah, sekitar pertengahan minggu kemarin MassHive pun akhirnya merilis game ini secara global, termasuk bisa dicicipi gamer di Indonesia.

Vimala Defense Warlords, Dari Tugas Akhir Kuliah Menjadi Game Berkelas Dunia!

Simak wawancara kami dengan sang developer, MassHive Media di dalam!

Abaikan

Sebenarnya jika kamu selalu mengikuti perkembangan industri game Indonesia, nama Vimala sendiri bukanlah nama yang benar-benar baru. Sekitar bulan April lalu, MassHive pernah membawa Vimala untuk berkampanye di Kickstarter dengan target AUD 15.000 (baca: Vimala: Defense Warlords, Satu Lagi RPG dari Indonesia yang Berjuang di Kickstarter!). Sayangnya setelah beberapa hari berkampanye, MassHive pun memutuskan untuk mengakhirinya karena sebuah alasan.

Nah, pasca perilisan Vimala di iTunes, Duniaku mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang dengan Andika Pradana, CEO dari MassHive. Kepada Duniaku, Andika menceritakan banyak hal mengenai MassHive media, serta rencana ke depan dari Vimala ini. Simak hasil wawancara kami berikut ini!

Vimala Defense Warlords GDG 2014
Booth Vimala di Showcase GDG 2014 lalu

Duniaku (D): Kapan sih MassHive Media terbentuk dan bagaimana kisah terbentuknya?

Andika (A): MassHive dibentuk tepatnya pada tanggal 1 Oktober 2013 lalu. Jadi sudah genap satu tahun sejak pertama kali dibentuk. Tapi untuk developer game, kami tergolong masih sangat baru.

D: Sekarang sudah berapa ya anggota timnya?

A: Saat ini anggota tetap kami ada 4 orang dan sisanya freelance/outsourcing.

D: Dari mana asal inspirasi dari Vimala? Baik dari segi story, grafis maupun gameplay-nya?

A: Vimala awalnya merupakan Tugas Akhir saya, yang saya remake baik dari visual maupun gameplay yang kemudian ditujukan untuk mobile games yang sangat terinspirasi dari game Brigandine. Sebelumnya Vimala sendiri adalah game yang ditujukan untuk PC dan dibuat untuk proyek tugas akhir saya yang saat itu mengambil jurusan Multimedia di Institut Teknologi Bandung.

Vimala Defense Warlords

D: Berapa lama sih pengembangan game ini?

A: Idenya sendiri sebenarnya sudah lama disimpan sejak akhir 2012, tapi baru mulai dikembangkan sejak PT MassHive mulai berdiri bulan Oktober 2013 lalu.

D: Sebelumnya Vimala kan sempat kampanye di Kickstarter, namun sayang dibatalkan. Apa alasan MassHive membatalkannya? Dan apa yang dipelajari dalam kampanye tersebut?

A: Untuk Kickstarter, tujuan awal kami mengikutinya adalah untuk mendapatkan exposure publik tentang keberedaan studio baru kami. Seiring dengan berjalannya kampanye, kami mulai mempelajari bahwa market utama dari crowdfunding Kickstarter lebih kepada PC based gamers. Sedangkan kami lebih memfokuskan diri pada mobile game yang dimana pada saat itu Vimala hanya terbatas untuk kalangan pengguna iOS saja.

Vimala Defense Warlords GDG 2014
Vimala Defense Warlords saat dipamerkan di GDG 2014

D: Boleh dipromosikan, nilai jual utama dari Vimala sendiri apa?

A: Vimala sendiri merupakan game skirmish turn based tactic yang gratis untuk di-download. Gamenya sendiri memiliki beberapa fitur klasik game tower defense dimana pemain dapat mengontrol hero favorit mereka dan menyusun formasi pertarungan sesuai yang diinginkan pemain. Ada beberapa jenis permainan dalam game Vimala yakni skirmish mode dan dungeon mode yang dapat dinikmati player.

D: Setelah menyelesaikan Vimala ini, apa sih rencana ke depan dari MassHive?

A: Setelah launching Vimala, pekerjaan kami dalam proyek ini masih belum selesai, karena kami telah menyiapkan ekspansi dan update-update menarik ke depannya, khususnya untuk fitur player versus player Vimala sendiri.

Vimala Defense Warlords GDG 2014

D: Boleh dikasih bocoran dikit dong, proyek selanjutnya apa?

A: Saat ini kami menggarap beberapa game untuk klien dan ada juga game yang sedang kami develop sendiri.

D: Apa sih tujuan atau impian terbesar dari MassHive?

A: Impian besar dari MassHive Media yakni untuk lebih membuat Indonesia menjadi salah satu developer dan pasar game yang diperhitungkan secara Global.

Vimala Defense Warlords

D: Terima kasih banyak buat waktunya. Sukses terus untuk MassHive, Vimala dan juga proyek-proyek selanjutnya.

A: Terima kasih juga!

Penasaran dengan Vimala Defense Warlords? Game ini baru tersedia untuk iOS, dan kamu bisa mendapatkannya secara gratis melalui link berikut ini. Pihak MassHive sendiri menjanjikan bahwa game ini juga akan dirilis untuk Android dalam waktu dekat.


SHARE
Previous articleHello Kitty Adventure: Wahana Baru Ancol yang Imut
Next articleGoogle Makin Lengkap di Indonesia! Kini Bisa Save Video YouTube dan Langganan Majalah Newsstand
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.