Doa Kalian Terkabul, Konami Siapkan Suikoden Baru!! Xenosaga dan FF XII Juga Diremake!

Final-Fantasy-XII-1

Penggemar Suikoden memang tidak berhenti berharap mereka akan mendapatkan seri barunya (baca: Kampanye Suikoden dan Respon Dari Konami). Di sisi lain, dengan Square Enix yang juga meloloskan permintaan penggemar untuk merilis ulang Final Fantasy lawas mereka untuk konsol baru (baca: Final Fantasy X/X-2 HD Remaster Resmi Untuk PS4, Final Fantasy VII Dijual 200 Ribuan), juga melahirkan harapan lain, Final Fantasy XII dirilis kembali dengan kualitas HD. Tidak hanya itu saja, September lalu, produser Bandai Namco Games Katsuhiro Harada sempat meminta saran juga para gamer, mengenai bundle semua Xenogsaga untuk konsol modern.

Sehubungan dengan kata remake, atau HD remaster, awal pekan ini kami mendengar rumor yang dibahasa melalui salah satu forum game besar, NeoGAF mengenai kemungkinan sebuah game baru yang disiapkan oleh Konami. Memang awalnya pembahasan dimulai pada sebuah pertanyaan, apakah Silent Hill terbaru (baca: Silent Hills) akan dirilis multiplatform, atau hanya untuk PS4 saja. Ternyata salah satu user bernama Verendus, yang dianggap paham informasi terdalam di tengah industri game, dan juga dikenal tidak sekadar omdo saja di tengah forum, menjatuhkan bola panas di tengah diskusi. Dia mengatakan, saat ini Konami sedang mengerjakan sebuah game eksklusif PlayStation. Dia hanya menggoda, apakah game eksklusif itu Silent Hills terbaru yang saat ini tengah dibahas, atau justru ternyata sebuah Suikoden baru? Menurutnya, game baru yang sedang dikerjakan Konami itu tidak lama lagi bakal dikonfirmasikan.

Xenosaga-1

Ternyata bukan hanya satu itu saja petunjuk panas dari Verendus. Dia melanjutkan dengan bocoran-bocoran lain seputar industri game pada thread yang sama, yaitu antara lain:

  1. Game Suikoden baru sedang dikerjakan, dan kita baru akan mendengar informasi pertamanya paling cepat tahun 2016 mendatang.
  2. Superman bakal kembali beraksi dalam video game, dan kali ini bukan game fighting seperti aksi terakhirnya dalam Injustice Gods Among Us.
  3. Game baru Virtua Fighter juga sedang dikerjakan.
  4. Konami juga menyiapkan bundel HD collection Metal Gear Solid untuk PC.
  5. Final Fantasy XII HD juga sedang disiapkan untuk konsol now-gen, khususnya PS4, selain juga salah satu game Dragon Quest (tidak dipastikan seri berapa) juga disiapkan mendapatkan remake HD-nya untuk platform now-gen.
  6. Masih berhubungan dengan Final Fantasy, juga sedang disiapkan sebuah game spin-off serial Final Fantasy untuk konsol. Bukan gameberbudget tinggi, Bukan Final Fantasy X atau Final Fantasy VII, dan ini juga bukan RPG.
  7. Dan kita juga sudah mengetahui rencana Bandai Namco, sepertinya memang benar akan ada bundel koleksi Xenosaga HD. Sayangnya di bawah payung penerbitan Bandai Namco, coba Square Enix ya, kita bisa berharap ada Xenogears HD Remastered. Dan jika itu terjadi, saya tutup mata pada semua RPG Barat lainnya!
  8. Verendus juga mengatakan akan ada remake IP lama yang dirilis secara digital dalam waktu 1 – 2 tahun ke depan, khususnya dilakukan oleh Playstation.
  9. Ada IP baru lainnya yang akan masuk eksklusif Playstation dari Sega, dan direncanakan akan dikonfirmasikan tahun depan, genrenya action adventure.
  10. IP laoinnya akan diungkapkan, berupa game third person yang mengambil setting di India, dikembangkan oleh developer Barat.
  11. IP baru lainnya dengan setting Jepang, dikembangkan developer Jepang, berupa game third person action adventure mengenai monster dan mesin. Bisa jadi akan ada elemen RPG-nya, setting masa depan, dan eksklusif Playstation.

Verendus juga menambahkan, jika Metal Gear Solid 4 juga akan masuk PC, serta Konami mungkin juga akan membangkitkan IP lama lainnya, Lalu Final Fantasy XII dan Dragon Quest HD remasters akan dikonfirmasikan sebelum Final Fantasy XV dirilis.

Dalam satu topik ada banyak informasi yang muncul. Dan seperti rumor  lainnya, karena memang keluar dari mulut yang tidak resmi, maka kita jangan terlalu berharap banyak, kecuali publisher yang bersangkutan benar-benar memastikan eksistensi game-game tersebut.

Jika remake Suikoden saja terwujud, mari sama-sama berharap ada keajaiban, sehingga remake FFVII nanti kualitas grafisnya menjadi seperti di atas...
Jika remake Suikoden saja terwujud, mari sama-sama berharap ada keajaiban, sehingga remake FFVII nanti kualitas grafisnya menjadi seperti di atas…

Namun user bernama Verendus tersebut memang bukan sekadar omong doank saja lho brur! Awal tahun ini dia juga yang menyebar rumor mengenai proyek remake Final Fantasy VII di forum yang sama. Mengumbar informasi semacam itu di tengah forum ada aturannya, dan admin NeoGAF bisa saja mem-ban akun tersebut. Namun nyatanya, dia tetap aktif dan berkeliaran di sana. Dan pada kenyataannya, “ramalan” Verendus memang menjadi kenyataan dengan dikonfirmasikannya Final Fantasy VII untuk PS4 10 bulan kemudian (baca: Walah, Rilis FFVII di PS4 Malah Bikin Jutaan Fans Kecewa), yang sayangnya tidak sesuai harapan karena kualitasnya masih sama seperti versi aslinya yang dirilis untuk PSOne hampir dua dekade yang lalu.  


SHARE
Previous articleGamedev Bali Juga Bersemangat Menyambut Global Game Jam 2015!
Next articleGame iPhone iPad Terbaik 2014!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.