GGJ 2015 Surabaya, Ingin Bukan Hanya Sekedar Game Jam Biasa!

duniaku-ggj2015-2

Menjadi “penabuh genderang” awal pelaksaan Global Game Jam 2015 (GGJ 2015) membuat Surabaya benar-benar menyiapkan event tahun ini dengan sangat baik (baca: Developer Surabaya Mulai “Tabuh Genderang” Global Game Jam 2015) Panitia ingin membuat GGJ 2015 Surabaya tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu dengan menambahkan beberapa event pendukung, serta memindahkan jam site (lokasi penyelenggaraan) ke tempat yang lebih besar agar bisa menampung lebih banyak peserta.

“Untuk sementara ini kita udah secure jam site-nya. Jurusan Visual Communication Design dan Information & Multimedia Technology dari Universitas Ciputra bersedia untuk membantu pelaksanaan acara GGJ 2015 Surabaya ini,” ungkap Eka Pramudita, panitia dari GGJ 2015 Surabaya sekaligus ketua komunitas Game Developer Arek Suroboyo saat ditanya mengenai persiapan acara ini. “Jam site udah di-approve panitia pusat dan pendaftaran juga udah kita buka,” lanjutnya. Panitia GGJ 2015 Surabaya pun sudah membuat sebuah poster untuk memandu peserta yang ingin mendaftar GGJ 2015 berikut ini.

duniaku-ggj2015

Eka sendiri mengungkapkan bahwa dalam GGJ 2015 ini harapannya bukan hanya dari komunitas Gamedev saja yang berpartisipasi. “Kita berencana untuk flooring ke berbagai lintas komunitas. Jadi yang kita harapkan nggak cuma dari temen-temen komunitas gamedev aja yang ikut,” ungkap Eka. “Kita harapkan temen-temen dari komunitas komik, animasi, musik, videografi bahkan dari literasi juga bisa turut serta merasakan gamejam kali ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, persiapan selanjutnya yang dilakukan oleh panitia adalah menyiapkan berbagai acara pendukung dan juga mencari pembicara untuk mengisi pembukaannya nanti. “Sementara ini kami masih mencoba mencari pembicara untuk pembukaannya nanti. Lalu sedikit bocoran, untuk Surabaya kita akan bikin acara pameran dan workshop di penutupannya. Jadi semua hasil karya jamming bakal ditampilkan dan undangan bisa dengan bebas untuk saling nyoba gamenya,” beber Eka. Untuk workshop sendiri panitia juga menargetkan bisa menarik minat kalangan umum, jadi acara GGJ 2015 nanti bukan hanya untuk yang ikutan nge-jam saja. “Selain itu juga ada workshop untuk kalangan umum (jadi bukan hanya peserta jamming) di hari terakhir. Untuk workshop, kita masih belum fix apa aja. Soalnya banyak pilihan yang udah bersedia untuk ngisi. Hehehe. Antara lain sih, ada rapid prototyping with Construct 2, how to compose game music, environmental concept design for games, dan 3D character creation for games,” lanjutnya.

duniaku-ggj2015sby

Untuk target jumlah peserta sendiri, sama seperti Bali (baca: Gamedev Bali Juga Bersemangat Menyambut Global Game Jam 2015), Eka juga menargetkan lebih dari dua kali lipat dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya (baca: Liputan Global Game Jam 2015 Surabaya, Serius Tapi Santai). “Kita targetin 50-60 peserta yang ikut. Intinya sih di Surabaya untuk GGJ tahun ini kita pingin bikin event yang bisa jadi tempat persinggungan banyak komunitas dan disiplin ilmu, jadi tidak hanya melulu gamedev aja,” pungkasnya.

Kamu berada di Surabaya dan sekitarnya, serta tertarik untuk ikut dalam keseruan GGJ 2015? Langsung saja daftarkan dirimu dengan mengunjungi website resmi pendaftarannya yang ada di sini ya!


SHARE
Previous articleNgakak Tapi Cosplay Pria Ini Membahagiakan Banyak Netizen!
Next articleMenggunakan Skill Photoshop, Agan Harahap Memutar Balikkan Sejarah!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.