Reklame Rokok ini Dihujat Netizen Karena Dikira Lagi Mesum

rokok1

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012, iklan rokok dilarang untuk menampilkan wujud rokok. Larangan pada produsen rokok ini tidak menghentikan mereka untuk mengiklankan produknya. Produsen rokok malah dituntut untuk lebih kreatif dalam beriklan.

Salah satu perusahaan rokok yang cukup sering mengeluarkan iklan adalah PT. HM Sampoerna Tbk. Mengusung tema ‘Go Ahead’ untuk produk A-Mild, perusahaan rokok itu berusaha membuat iklan yang menggambarkan ‘jiwa pendobrak’.

Sayangnya baru-baru ini, iklan terbaru A-Mild mendapat kecaman keras dari netizen. Iklan billboard tersebut menampilkan gambar cowok cewek yang sedang berangkulan. Terdapat juga tulisan ‘Mula-mula malu-malu, lama-lama mau’.

Iklan yang telah terpasang di sudut-sudut jalan beberapa kota ini dianggap menyampaikan pesan yang buruk, karena menjurus kepada tindakan asusila. Maklum saja, pada gambar iklan tersebut tampak pasangan muda-mudi yang seolah-olah akan berciuman.

Banyak netizen yang menyayangkan pemasangan iklan tersebut di tempat publik yang dapat dilihat oleh setiap orang, termasuk juga anak-anak. Salah satunya adalah Irfan Noviandana, yang kemudian membuat petisi di Change.org dengan judul ‘Stop Reklame Mesum Pada Iklan Rokok A Mild’.

“Iklan yang terpampang pada reklame Sampoerna A Mild sebuah produk rokok dari PT. HM Sampoerna Tbk, dengan memasang foto sepasang pemuda pemudi dengan adegan yang nyaris berciuman dengan pesan ‘Mula – mula Malu Malu, Lama-lama Mau’ ini sangat jelas memberikan pesan negatif pada masyarakat, meracuni moral bangsa kita khususnya para pemuda pemudi. Iklan yang memiliki pesan mesum ini sudah menyebar dan terpasang pada reklame – reklame dibeberapa daerah di Indonesia,” tulisnya geram di Change.org.

“Bisa kita bayangkan bahaya yang mengancam pada bangsa ini khususnya kaum pemuda pemudi. Untuk itu bantu kami memberikan peringatan keras kepada Perusahaan Rokok dan Agensi Periklanan yang telah mengkampanyekan iklan Rokok dengan gambar dan pesan bernada mesum ini.”

rokok2

Memang betul, produsen rokok dituntut untuk kreatif dalam beriklan. Tapi iklan ini jelas kelewat ‘kreatif’. Sebetulnya apa yang ada di kepala desainer iklan ini, ya?

Atau mungkinkah maksud iklan ini bukan mengarah ke mesum, tapi malah kitalah yang men-judge-nya berlebihan?!

Coba perhatikan dengan jelas gambar iklan tersebut. Dengan rambut cewek yang menutup dahi seperti itu, tentunya pasangan muda-mudi itu tidak mungkin bisa sedang (atau akan) berciuman. Pasti terhalang rambut, dong!

Jadi ada beberapa kemungkinan:

  1. Si cewek sebetulnya pincang. Malu-malu ditolong, akhirnya dia mau dipapah.
  2. Si cowok dan cewek itu terlalu mirip! Bisa jadi mereka adalah kakak-adik. Awalnya si adik malu-malu kalau diantar kakaknya. Tapi akhirnya mau juga.
  3. Si cewek sebetulnya pasien RSJ yang lepas (lihat rambutnya yang awut-awutan). Cowoknya malu-malu, akhirnya mau ikutan nangkap!

Nah citizen Duniaku, menurut kalian mereka ini lagi ngapain sih?


SHARE
Previous articleSemua yang Perlu Kalian Ketahui dari Asus ZenFone Zoom
Next articleScarlet Johansson Resmi Menjadi Major Motoko di Film Ghost in the Shell
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.