Seberapa Kuatkah Tinju Superman?

tinju superman

Beberapa waktu lalu, kita mendengar kabar dari koreografer Batman v Superman: Dawn of Justice bahwa film tersebut akan menampilkan ‘adu pukul’ antara Batman dan Superman. [Baca: Guillermo Grispo: Pertarungan Batman v Superman Bakal Lebih NENDANG Daripada The Dark Knight Trilogy]. Jika memang benar akan adu pukul antara Batman dan Superman, saya sempat bertanya-tanya, bagaimana jadinya jika Superman memukul Batman –seorang manusia bumi biasa tanpa kekuatan super? Seberapa kuatkah tinju Superman dalam kekuatan penuh?

Vsauce3, salah satu akun Youtube (favorit saya), menjawab pertanyaan saya. Setelah sebelumnya dia menjelaskan secara ilmiah berat dari palu Thor Mjolnir [Baca: Seberapa Beratkah Palu Thor?], kini dia juga menjelaskan secara ilmiah seberapa kuatkah pukulan Superman dan bagaimana jika pukulan tersebut mengenai kita:

Seberapa Kuatkah Tinju Superman?

Sebelum nonton Batman v Superman, yuk kita ukur kekuatan Superman dahulu :v

Abaikan

Dalam video dijelaskan, karena kekuatan Superman bervariasi tergantung dari komikusnya, maka digunakanlah dasar teori fisika yang tidak bisa dibantah: kecepatan cahaya. Superman mampu terbang dengan kecepatan cahaya, yang berarti sekitar 300.000 km/detik. Jika massa dari tangannya sekitar 300g dan bergerak dengan kecepatan cahaya, maka pukulannya akan memiliki kekuatan 190.000.000.000.000.000 joule atau 190 quadrilion joule.

Bingung seberapa kuat itu 190 quadrilion joule? Kekuatan itu setara dengan 45 Megaton TNT atau 2800 kali lebih kuat daripada bom nuklir Hiroshima-Nagasaki. Yang menarik adalah, melepaskan tinju dengan kekuatan sebesar itu sama dengan membakar kalori sebesar 45.400.000.000.000 kalori –setara dengan 80 milyar burger Big Mac.

kehancuran yang ditimbulkan tinju superman
Kira-kira seluas inilah kehancuran yang ditimbulkan oleh 45 Megaton TNT

Energi yang dilepaskan akan menghasilkan panas sebesar 80.000.000.000.000 (80 Trilyun) derajat Kelvin –yang mana 5 miliar kali lebih panas daripada pusat matahari. Tinju Superman akan melayang menujumu dalam waktu 3,4 nanosekon, dengan kata lain: kamu tidak akan sempat melihat tinjunya terbang ke arahmu.

Dengan kekuatan sebesar itu, tinju Superman akan tampak seperti tembakan laser, dimana kamu tidak hanya hancur, tetapi hancur hingga sampai level atom. Selain itu, tinju Superman juga akan menciptakan sebuah kawah ditempat dia berpijak dengan diameter 1 km dan dalam 221m!

efek tinju superman

Jika memang benar Superman akan mengerah kekuatan maksimumnya melawan Batman, bisa dipastikan Batman akan kalah telak tanpa sempat bereaksi. Beda lagi ceritanya kalau Doomsday yang menerima pukulan Superman. [Baca: General Zod Akan Berevolusi Jadi DOOMSDAY dalam Batman v Superman?]

Morale of the Story: Jangan macam-macam dengan Superman!


SHARE
Previous articleKoei Tecmo Jualan Fan Service (Lagi), Ada Adegan Mandi Dalam Samurai Warriors 4-II
Next articleTernyata Mesin Game Isinya Cewek Moe Semua! Gak Percaya? Mainin Aja Hyperdimension Neptunia!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.