15 Game Menarik Hasil Karya 48 Jam GGJ 2015 Surabaya!

cover-ggj2015

Penyelenggaraan Global Game Jam (GGJ) 2015 di Surabaya menjadi penyelenggaraan dengan jumlah jammer (peserta) terbanyak diantara jam site (tempat penyelenggaraan) lain di seluruh Indonesia. Tercatat, ada sekitar 66 peserta yang hadir dalam GGJ 2015 Surabaya, yang menghasilkan 15 game. Yang menarik, satu diantara 15 game ini bertipe board game dan juga ada dua game yang dikembangkan oleh panitia.

Nah, seperti apa kelima belas game buatan para jammer Surabaya ini? Simak di bawah ini! Oiya, kalian juga bisa memainkan game-game ini gratis lho!


1

Ball of Duty: Ghostly Survival


duniaku-ballofduty-1

Melihat judulnya mungkin kamu teringat akan Call of Duty. Bukan, game ini bukan menyajikan peperangan ala game tersebut, melainkan menyajikan petualangan sebuah bola pinball di sebuah area yang gelap. Mekanisme gameplay-nya mirip pinball, dan yang menarik adalah karena arenanya gelap, maka terkadang kamu tidak bisa melihat rintangan apa yang ada di hadapanmu.

URL Game: Ball of Duty: Ghostly Survival


2

BURU-BURUsh


duniaku-buruburush-1

Karena mengusung tema What Do We Do Now, maka ada beberapa tim yang mengembangkan game dengan tema game jam. Salah satunya adalah BURU-BURUsh yang menggunakan gaya grafis pixel art ini. Dalam game ini, dua pemain bisa beradu saling cepat untuk menyelesaikan game jam dengan cara estafet ke rekan setimnya, sekaligus menghindari rintangan yang ada.

Play Now: BURU-BURUsh


3

Crackhead Bros!


duniaku-crackheadbros-1

Sebuah game endless runner yang mengisahkan petualangan ekstrim dua kakak beradik. Dalam game ini, kamu harus membantu mereka untuk menuruni bukit menggunakan sepeda sembari menghindari rintangan-rintangan yang ada. Semakin lama, kecepatan mereka akan semakin bertambah dan tentunya jika jatuh atau terkena rintangan juga akan semakin “sakit”. Namun semakin sakit, maka semakin terkenal pula aksi kedua bersaudara ini!

Play Now: Crackhead Bros!


4

Focus Jammers!


duniaku-focusjammers-1

Satu lagi tim yang mengembangkan game dengan tema game jam. Di game ini tujuanmu cukup simpel, kamu hanya perlu menjaga para jammer yang tengah nge-jam agar tidak ketiduran agar game jam yang mereka lakukan sukses dengan cara mengekliknya. Jika ada yang tertidur, maka dia sudah tidak bisa dibangunkan, dan game jam-mu akan gagal!

URL Game (Executable): Focus Jammers!


5

Jam Blob


duniaku-jamblob-1

Salah satu game yang dikembangkan oleh tim panitia. Dalam game ber-genre tower defense ini, kamu harus mencegah musuh untuk mencapai tower di tengah dengan cara menembakinya sesuai dengan warna musuh tersebut. Jika kamu menembak dengan warna yang salah, maka monster tersebut akan semakin besar dan tentu bisa menghasilkan damage lebih banyak untuk tower-mu!

URL Game (Executable): Jam Blob


6

KaliBoat


duniaku-kaliboat-1

Sebuah game yang memerlukan dua orang untuk bermain. Dalam game ini, kamu akan memerankan dua bersaudara yang harus memungut sampah di sungai menggunakan sebuah perahu. Tapi awas, karena kamu harus menghindari bahaya-bahaya yang ada seperti buaya. Untuk memainkan game ini diperlukan harmonisasi gerakan antara dua pemain agar perahu bisa berjalan dengan baik. Bisa coba kamu mainkan bersama pasangan untuk mengetahui tingkat kecocokan kalian berdua. Hehe..

URL Game (Executable): KaliBoat


7

Little Town Hero


duniaku-littletownhero-1

Menjadi pahlawan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Beberapa diantaranya bisa kamu simak dalam Little Town Hero ini. Dalam game ini, kamu akan memerankan seorang pahlawan jalanan dengan berbagai macam tugas, mulai dari membantu nenek-nenek menyeberang, menunjukkan arah kepada turis, hingga melawan penjahat. Yang menarik, saat membantu kamu akan disuguhi dengan berbagai mini game sesuai dengan tugasmu.

URL Game (Source): Little Town Hero