Berawal dari Di-Bully, Anton Soeharyo Dapatkan Investasi Jutaan Dolar

Anton Soeharyo ceo touchten games

Dan kini, Anton Soeharyo membawa Touchten Games sebagai salah satu kekuatan besar di industri game Indonesia

Dari sekedar proyek iseng-iseng keluarga, akhirnya berdiri sebuah studio game dengan penghasilan miliaran rupiah tiap bulannya. Hal tersebutlah yang kini dirasakan oleh Anton Soeharyo, CEO sekaligus salah satu founder dari Touchten Games salah satu studio game yang terletak di Jakarta.

Anton Soeharyo memulai bisnis di industri game ini sejak di Jepang, tepatnya saat dia mencari kerja sambilan di sela-sela kuliahnya. Anton dan adiknya, Rokimas Soeharyo pun memikirkan alternatif kerja sambilan, tetap menghasilkan uang sambil bersantai. Kebetulan pada saat itu Anton dan Roki mendapatkan angpao dari ayahnya, dan akhirnya sepakat untuk membuat sesuatu daripada dihambur-hamburkan dan tidak meninggalkan apa-apa.

Touchten Games: Dari Ide Keluarga Menjadi Publisher Game Mobile dari Developer Indonesia

Dalam kesempatan kali ini, Duniaku berhasil mewawancarai Anton Soeharyo, CEO dari TouchTen, developer game mobile asal Jakarta yang baru saja melebarkan sayapnya ke bisnis publishing. Simak hasil wawancaranya di dalam!
Baca Juga

Dari situlah akhirnya berdiri Touchten Games, studio yang pertama kali digawangi oleh Anton Soeharyo sebagai CEO, Roki sebagai Operation Director, dan Dede Indrapurna yang merupakan adik sepupu Anton sebagai CTO. Touchten sendiri terdiri dari dua kata, TEN yang merupakan bahasa Jepang dari lagit, dan TOUCH yang merupakan basic movement untuk memainkan game-game smartphone yang menggunakan layar sentuh.” Bukan hanya catchy, tapi juga mengga-barkan impian kami, yaitu if we can dream, one day we can touch the sky, atau mimpilah setinggi langit”, ungkap Anton.

anton soeharyo rokimas soeharyo touchten
Bersama sang adik, Rokimas Soeharyo

Anton sendiri sempat mengenyam pendidikan di berbagai negara, seperti Singapura, Cina dan Jepang. Dengan latar belakang pendidikan bukan dari ilmu komputer, awalnya Anton sedikit kesulitan dalam mengembangkan game pertamanya. Namun setelah ditekuni dan diseriusi, akhirnya Sushi Chain pada tahun 2009 lalu. Game pertama ini pun langsung meledak di iOS dimana sempat menduduki peringkat #25 Top Overall Free Apps di App Store US dan juga peringkat #1 di berbagai kategori seperti RPG dan Adventure.

Selain game, passion Anton lainnya adalah belajar bahasa. Sebagai CEO, Anton juga bertanggung jawab atas seluruh proses marketing game-game buatan Touchten. Sampai saat ini, Anton dan timnya sudah membuat lebih dari 20 judul game mobile, dan banyak dari judul tersebut yang pernah menduduki  top rank di app store.

anton soeharyo dan isti
Anton Soeharyo dan istri

Sempat Di-Bully…

Semakin tinggi pohon, semakin tinggi angin yang menerpanya. Kesuksesan Anton dan Touchten hingga seperti sekarang tentu tidak dicapai dengan jalan yang mulus. Beberapa tahun yang lalu, Anton pun sempat di-bully oleh banyak kalangan yang tidak percaya dengan hasil yang dicapai oleh salah satu game-nya, Infinite Sky.

Infinite Sky, Karya Anak Bangsa yang mencapai TopTen Apps Store

TouchTen, Game Developer Indonesia yang baru mendapatkan suntikan capital dari IdeoSource menorehkan prestasi cemerlang mencapai Top Ten Apps Store untuk game nya yang berjudul InfiniteSky. Yuk, rame-rame dukung game ini!
Baca Juga

Kilas balik tahun 2012 lalu, Infinite Sky berhasil menembus Top 10 Free Apps di iTunes App Store. Hal tersebut menuai kontroversi, yang menyebutkan bahwa Anton dan Touchten menggunakan trik-trik marketing ilegal untuk meningkatkan jumlah download secara pesat seperti membayar beberapa orang untuk memberikan review positif. Bukan hanya sampai di situ, salah satu thread Reddit yang dibuat Anton pun juga menjadi sasaran bully.

Infinite Sky, yang berubah menjadi Sky Beauty di China dan Jepang
Infinite Sky, yang berubah menjadi Sky Beauty di China dan Jepang

Di luar kontroversi tersebut, Infinite Sky menjelma menjadi salah satu game Touchten yang paling sukses. Bahkan, game ini berhasil dibawa menembus pasar Jepang dan China dengan mengusung nama Sky Beauty. Bukan hanya menembus pasar, akan tetapi dalam satu minggu game ini berhasil meraup 100.000 download hanya di China saja.

Lanjut ke halaman dua…

1
2

SHARE
Previous articleBlackBerry Messenger 2.7.0.20 Beri Opsi PIN Kustom!
Next articleWinterflame Game Kenalkan Karakter Utamanya!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.