Kisruh Dana Siluman Ahok vs DPRD DKI Jakarta Juga Ada Game-nya!

Bisa jadi alat edukasi anti korupsi sejak dini!

ahok vs dprd dana siluman

Kisruh Ahok vs DPRD mengenai APBD dana siluman merambah game Android yang dibuat Voir Studio ini.

Perseteruan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih akrab disapa dengan nama Ahok dengan DPRD DKI Jakarta mengenai dana siluman dalam APBD yang dikeluarkan semakin memanas. Bahkan di dunia maya sempat beredar [outbound_link text=”video” link=”http://news.detik.com/read/2015/03/05/180733/2850950/10/ini-video-kisruh-ahok-vs-dprd-dki-di-kemendagri”] mengenai ricuhnya suasana rapat antara Ahok vs DPRD Jakarta. Ahok menganggap dana siluman tersebut tidak wajar dan terus menolak disahkannya anggaran dana siluman tersebut. Polemik inilah yang rupanya menginspirasi salah satu developer game Indonesia, Voir Studio untuk membuat game berjudul Dana Siluman.

game dana siluman ahok vs dprd

Gameplay dalam game ini sangat simpel. Kamu harus memilih nama barang yang sesuai harganya dengan cara menyentuhnya. Yang harus kamu pilih adalah barang dengan harga yang masuk akal. Sebagai contoh, jika ada pilihan 1 ikat bayam seharga 5 ribu dengan 1 kg labu siam seharga 10 juta, tentu kamu harus memilih 1 ikat bayam karena harganya lebih rasional. Jika kamu menjawab dengan benar, maka kamu akan mendapatkan poin. Sebaliknya, jika kamu lebih memilih “dana siluman” 1 kg labu siam tersebut, maka kamu akan kalah.

dana siluman ahok vs dprd game screenshot

Meskipun sang developer menuliskan dalam deskripsinya bahwa game ini bertujuan untuk edukasi tentang ketelitian dan kecermatan dalam memilih, serta tidak ada maksud untuk menyinggung satu pihak tertentu, namun terlihat dalam gameplay bahwa game ini “menyindir” kasus Ahok vs DPRD dan dana siluman yang tengah hangat saat ini. Selain karakter dalam game yang dibuat penampilannya sangat mirip dengan Ahok, saat menebak dengan salah pun akan terlihat seekor tikus yang membawa lari sebuah karung, yang secara eksplisit menggambarkan masih banyaknya koruptor di negeri ini yang “membawa lari” uang rakyat.

game dana siluman ahok vs dprd

Ahok pun terkejut sekaligus senang menanggapi game yang sudah beredar di Google Play Store sejak beberapa hari ini. Dalam sebuah kesempatan di Balai Kota beberapa hari lalu, Ahok mengomentari game yang ditunjukkan oleh para wartawan tersebut. “Di mana? Di Play Store? Bagus dong. Kok ada gambar saya?” ungkap Ahok seperti dilansir dari [outbound_link text=”Detik” link=”http://news.detik.com/read/2015/03/05/184406/2850983/10/1/ada-game-dana-siluman-ahok-menarik-saya-mau-minta-anak-download”]. Bahkan Ahok mengungkapkan bahwa dia ingin anaknya ikut men-download dan memainkan game ini karena bisa mengedukasi agar anak tidak melakukan korupsi sejak dini.


CONTINUE READING BELOW

Haji Lulung Jadi Idola Berkat #SaveHajiLulung

#SaveHajiLulung. Tren telah bergeser! Kalau sebelumnya netizen banyak membela Ahok, sekarang justru Haji Lulung-lah yang dielu-elukan! Apa apa gerangan?


Penasaran dengan game dana siluman? Kamu bisa men-download game untuk Android ini melalui link berikut.

[outbound_link text=”Download Dana Siluman” link=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vorirstudio.danasiluman”] (Google Play Store, Gratis)

Share this article

#
TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.