8 Bukti Serial TV Daredevil Terkait dengan Marvel Cinematic Universe

Daredevil (1)

Ini adalah bukti bahwa Serial TV Daredevil merupakan bagian dari MCU

Daredevil telah tayang di Netflix pada 10 April lalu. Tidak tanggung-tanggung, Netflix langsung menghadirkan 13 episode sekaligus untuk season pertama Daredevil ini. Daredevil sebagai salah satu judul komik superhero Marvel yang difilmkan –lebih tepatnya di serial TV kan- ini tentunya diharapkan terkait dengan semesta film Marvel saat ini, yaitu Marvel Cinematic Universe. Karena keterkaitan dengan MCU menjadi potensi berkembangnya lore MCU di masa mendatang. Sehingga fans mengharapkan dapat menikmati lore MCU yang saling terkait dan menyeluruh antara satu film dengan yang lainnya.

Namun tentu terdapat tanda tanya besar: jika Daredevil ini merupakan bagian dari MCU, mengapa ia tidak pernah disebut dalam film lainnya? Daredevil sebagai judul baru di MCU tentunya memerlukan kreativitas Marvel Entertainment di sini tentu akan diuji sehingga bisa meyakinkan fans bahwa Daredevil ini merupakan bagian dari MCU. Dan seperti biasa, Marvel punya cara unik yang tersembunyi untuk menunjukkan keterkaitan film-film mereka dalam dunia MCU. Beberapa petunjuk bahwa serial TV Daredevil merupakan bagian dari MCU antara lain adalah:

SPOILER ALERT!


1

Pigura Artikel Bulletin


Daredevil (3)

Ironis. Fans Marvel pasti tahu bahwa New York Bulletin, surat kabar di serial TV Daredevil ini dimana Ben Urich bekerja, seharusnya adalah Daily Bugle, tempat Peter Parker atau Spider-Man bekerja. Sayangnya karena lisensi ini ada di tangan Sony sehingga Marvel jadi tidak punya hak mencantumkan nama Daily Bugle.

Namun ada hal yang menarik pada ruang kerja Ben Urich. Di dinding ruangannya, ia memasang artikel yang dipigurakan sebagai memento. Beberapa judul menarik bisa kita lihat di ini, antara lain “Battle of NY” dan “Harlem Terror”.

Battle of NY tentunya mengacu pada event saat Avengers berlangsung, dimana Loki dan alien Chitauri memporak-porandakan New York. Sedangkan Harlem Terror memiliki tajuk “Hulk emerges victorious in destructive uptown battle” merupakan peristiwa saat Hulk melawan Abomination di film The Incredible Hulk.


2

Referensi ala Marvel Cinematic Universe


Daredevil (5)

Beberapa joke di serial TV Daredevil memiliki referensi terhadap peristiwa seputar MCU. Referensi ini kebanyakan lebih muncul pada percakapan maupun ucapan karakter-karakter di serial TV Daredevil. Misalnya pembicaraan tentang “New York incident”, sindiran pada “magical hammer” dan “iron suit”, bercandaan tentang “I could say I’m Captain America, but it doesn’t put wings on my head.”

Daredevil Menyorot Dampak Pertempuran Di Avengers?

Jadi, pertempuran di Avengers berhubungan dengan serial ini?
Baca Juga

Beberapa referensi ini baru bisa dipahami jika mengikuti MCU. Selain itu  Daredevil juga penuh dengan referensi komik yang akan sangat panjang jika dibahas di sini.


3

Panti Asuhan St. Agnes


Daredevil (6)

Bagi yang mengikuti lore MCU, pasti mengetahui tentang Panti Asuhan St. Agnes tempat Matt Murdock diasuh setelah ayahnya meninggal. St. Agnes adalah tempat yang sama dimana Agent Skye (atau Daisy) dari Agents of S.H.I.E.L.D diasuh, dan dalam pengawasan S.H.I.E.L.D sebagai objek 0-8-4. Apakah Skye pernah bertemu dengan Matt Murdock di tempat ini? Tentunya hal ini menjadi menarik dalam lore MCU.


4


Daredevil (2)

Lawan pertandingan tinju terakhir ayahnya Matt Murdock sebelum dibunuh oleh mafia adalah Carl “Crusher” Creel. Familiar? Ya, Carl “Crusher” Creel adalah petinju yang mendapat kekuatan super menyerap material di Agents of SHIELD. Ia juga dikenal sebagai The Absorbing Man.

Agents-of-SHIELD-S2 (9)


5

ROXXON


serial tv daredevil

Ketika Murdock dan Nelson bekerja di Landman/Zakk, mereka tampak menangani kasus dari perusahaan Roxxon. Fans Marvel pasti sadar, kalau Roxxon adalah peusahaan besar yang biasa muncul di MCU, misalnya pada serial TV Agent Carter dan film Iron Man 2.


6

WHIH World News


daredevil (2)

WHIH adalah stasiun berita yang berbasis di Atlanta. Biasanya mereka menyiarkan berita utama yang ramai dibicarakan dan peristiwa terkini. Walaupun biasa menyiarkan berita berskala global, WHIH ternyata tidak luput menyiarkan berita yang terjadi di Hell’s Kitchen.

WHIH ini biasa muncul di MCU, antara lain di Iron Man 2, The Incredible Hulk, hingga Agents of S.H.I.E.L.D.


7

Stan Lee


Daredevil (4)

Film Marvel tanpa kehadiran cameo Stan Lee seperti makan sayur tanpa garam. Sayangnya ini terjadi di serial TV Daredevil. Namun setidaknya Stan Lee tetap muncul sebagai cameo, walaupun hanya berupa gambar foto di dinding kantor kepolisian Hell’s Kitchen.


8

Road to Civil War


daredevil (1)

Salah satu detil menarik terlihat di serial TV Daredevil. Sebuah poster terlihat bertuliskan “You don’t have to reveal your identity to help solve violent crimes”. Memang ini sebenarnya pesan agar siapapun bisa memberikan informasi kriminal ke publik tanpa perlu mengungkapkan identitas dirinya. Namun bagaimana jika ini diintepretasikan sebagai pembenaran para superhero -maupun jagoan jalanan- untuk menumpas kejahatan tanpa perlu mengungkapkan identitas dirinya? Ini kemungkinan merupakan pesan tersirat awal dari Civil War, yang akan menjadi film tema film Captain America selanjutnya.

Inilah Sebabnya Captain America dan Iron Man Rusuh di Civil War!

Sepertinya perang di dunia Marvel akan mulai lebih awal dari yang kita duga!
Baca Juga

Bonus: Avengers Tower


daredevil (3)

Hal yang cukup menarik tentunya adalah kehadiran Avengers Tower di trailer Daredevil. Sayangnya Avengers Tower ini menghilang selama season pertama serial TV Daredevil, entah karena ini merupakan detil yang terlupakan, atau memang sengaja tidak terlihat. Tentunya jika Avengers Tower bisa masuk ke cerita serial TV Daredevil akan menjadi hal yang menarik bagi fans Marvel.

Avengers Tower Terlihat Di Motion Poster Daredevil!

Motion poster Daredevil terbaru menyimpan sejumlah kejutan. Selain memperlihatkan karakter-karakter di serialnya, kamu bisa menemukan Avengers Tower!
Baca Juga

SHARE
Previous articlePromo Age of Ultron, Hulkbuster dan Hulk Keliling Jakarta!
Next article5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Tales Hero+ New Generation!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.