Gamer, Inilah 10 Cara Mengatur Waktu Agar Hidupmu Bermakna

gamer mengatur waktu

Mungkin di masa lalu, kamu pernah diberikan nasihat untuk mengatur waktu sebaik mungkin, pada saat itu kamu mungkin tidak langsung memahami manfaatnya. Namun seiring perjalanan hidup nanti (percaya saya), manfaat mengatur  waktu akan semakin besar, bahkan sangat menentukan makna hidup.

Berdasarkan pengamatan saya itu, menurut saya waktu ada 2 jenis, waktu yang tertera dalam arloji dan waktu yang “nyata”. Dalam waktu arloji, ada 60 detik dalam 1 menit, 60 menit dalam 1 jam dan 24 jam dalam 1 hari. Semua waktu yang lewat dan berdetak sama nilainya. Saat kamu berusia 30 tahun, usiamu adalah 30 tahun tidak kurang tidak lebih.

Dalam waktu “nyata”, setiap detik adalah relatif. Waktu berjalan lebih lambat atau cepat berdasarkan apa yang kamu kerjakan. Dua jam di depan meja belajar bisa serasa berjam jam. Di sisi lain, belasan jam waktu untuk bermain game serasa singkat sekali.

Lalu, kamu hidup di dalam jenis waktu yang mana ?

Kita mulai dari definisi waktu sendiri, waktu adalah saat dimana segala sesuatu terjadi. Artinya jika pada saat itu kamu tidak tahu ada yang terjadi, maka waktu berdasarkan perspektif pengamat tidaklah “nyata”. Dengan kata lain, waktu pada saat kita tidak sadar bisa jadi bukanlah milik kita-karena tidak ada yang terjadi pada kita pada saat itu.

Begitu juga waktu pada saat kita tidak melakukan apapun, tidak ada hal produktif yang terjadi pada saat itu, tidak ada memori yang diingat atau tidak ada acuan yang bisa dijadikan pijakan di masa depan.

Mengatur Waktu Adalah Hal Yang Penting Bagi Semua Orang, Terutama Bagi Yang Hidup di Sekeliling Game Seperti Kita

Nah, itulah alasan setiap perangkat / alat untuk mengatur waktu tidak akan terlalu membantumu, karena perangkat tersebut didesain untuk mengatur waktu di arloji. Yang kita tahu tidak bermakna sama sekali, karena tidak bisa kita mundurkan atau majukan sedetikpun.

Kabar baiknya, waktu “nyata” sendiri merupakan hasil pola pikir, kamu yang ciptakan konsep tersebut. Apapun yang bisa kamu ciptakan, kamu bisa punya kendali atasnya. Nah inilah 10 cara untuk mengatur waktu supaya hidupmu lebih bermakna :

gamer mengatur waktu

Gamer, Inilah 10 Cara Mengatur Waktu Agar Hidupmu Bermakna

Untuk kita yang sering menggunakan waktu kita untuk game, mengatur waktu adalah hal yang paling penting. Inilah 10 cara mengatur waktu yang sudah terbukti.

Abaikan

  1. Selalu bawalah catatan dan jadwal untuk mencatat semua pikiran, diskusi dan aktivitasmu seharian. Perangkat ini akan membantumu untuk memahami seberapa banyak hal yang bisa diselesaikan dan untuk hal apa saja waktumu berlalu. Dengan catatan ini kamu bisa memahami seberapa banyak waktumu terbuang untuk pikiran ,tindakan dan diskusi yang tidak produktif.
  2. Semua aktivitas yang menurutmu penting untuk kesuksesanmu harus dialokasikan waktu khusus, harus jelas kapan mulainya dan kapan selesainya
  3. Rencanakan minimal 50% waktumu untuk hal yang produktif
  4. Rencanakan waktumu untuk hal hal khusus, misalkan “jam kerja”, “jam belajar” atau “jam bermain”
  5. Gunakan 30 menit setiap hari untuk merencanakan waktumu, Jangan mulai harimu sebelum kamu lengkapi jadwalmu
  6. Gunakan 5 menit pertama dalam setiap jadwalmu untuk mengetahui hasil apa yang ingin kamu capai. Ini akan membantumu untuk mencapai hasil yang diinginkan
  7. Gunakan tanda-tanda khusus jika tidak ingin diganggu. Misal, matikan handphone atau buat tanda khusus di kamar.
  8. Jangan langsung mengangkat telepon jika berbunyi atau pesan instan jika sampai. Buatlah jadwal khusus untuk membalas pesan instan,email dan membalas telepon.
  9. Jangan mengakses media sosial, kecuali hal tersebut terkait dengan pekerjaanmu
  10. Percayalah bahwa dengan cara inipun tidak mungkin untuk menyelesaikan segala sesuatu pada waktunya. Tapi biasanya 20% waktumu bisa memberikan manfaat untuk 80 persen suksesmu.

Dengan 10 cara ini dijamin, walaupun kamu masih bermain game sebagai hiburan (atau pekerjaan), kamu tetap bisa menjadi orang yang sangat sukses di kemudian hari.

original post : entrepreneur.com


SHARE
Previous articleLihat Bagaimana Kostum Para Dewi Dunia Game Terkoyak Dalam Hyperdimension Neptunia U
Next article8 Baju Besi Iron Man Ini Tidak Kalah Keren Dibandingkan Hulkbuster