Sebagai penggemar anime, saya telah menghabiskan ribuan jam dalam hidup saya untuk nonton ratusan judul anime. Dari beberapa ratus judul tersebut, saya menemukan beberapa yang benar-benar dapat saya nikmati.

Beberapa karena ceritanya menginspirasi, animasinya indah atau temanya menarik, atau dalam beberapa kasus kombinasi diantara ketiganya. Intinya saya sampai pada satu kesimpulan bahwa anime sebagai medium seni juga memiliki beberapa contoh yang berkelas maestro.

Karena saya baru nonton mulai pertengahan 1990an, daftar ini sangat kurang dengan anime yang lebih lawas, Saya juga tidak memasukkan film dalam daftar ini karena memang antara serial dan film agak sulit dan seringkali malah bias (seperti membandingkan lari sprint dan marathon). Urutan dalam daftar ini juga relatif acak, nomor 18 belum tentu lebih jelek daripada nomor 11, tapi beberapa yang ada di dalam urutan 10 besar memang merupakan mahakarya seni dan tanpa ragu saya anggap lebih bagus daripada yang memiliki ranking lebih rendah.

Sebelum kita bahas 20 anime terbaik, kita perlu bahas beberapa honorable mention yang “hampir” masuk ke dalam daftar ini namun karena alasan tertentu tidak jadi saya masukkan.

  1. Ruroni Kenshin sebagai anak yang tumbuh di masa 90an, tidak mungkin saya tidak tahu anime ini. Dengan tema restorasi Meiji dibalut dengan romantisme samurai, karya ini pernah saya anggap merupakan maestro anime, namun seiring saya semakin dewasa, kualitas karya ini menjadi relatif “biasa” saja – terutama jika dibandingkan dengan yang masuk di dalam daftar dibawah ini. Namun jika kamu punya waktu untuk dihabiskan, anime ini masih sangat layak untuk dilihat
  2. Clannad suka anime school life yang damai damai saja ? anime ini cocok jadi rujukan utamamu. Clannad sendiri memiliki cerita yang mudah ditebak namun tetap indah, kombinasi karakter yang klise namun tetap mempesona dan visual yang indah nan memukau (pada jamannya).
  3. Doraemon oke, siapa yang tidak kenal Doraemon, cerita robot ajaib dan anak malas ini sudah menjadi salah satu IP paling terkenal di dunia. Plot sendiri unik dengan adanya perjalanan waktu dan robot yang memiliki alat canggih dari masa depan. Namun dengan ratusan episode yang berasa berulang ulang dan beberapa alat yang saya rasa fungsinya mirip mirip, menjadikan karya ini tidak layak masuk 20 besar.
  4. Kodomo no Jikan menonton anime bertema pedofili ini merupakan salah satu “dosa” yang saya anggap perlu anda lakukan. Anime ini punya keberanian mengeksplor seksualitas anak kecil dan tema romatisme tak wajar antara anak pra-puber dan orang dewasa (yang sepertinya suka loli). Sayang, banyaknya fans service bertema loli mencegah saya memasukkan karya ini ke dalam daftar.
  5. Crayon Shinchan sama seperti Doraemon, Crayon Shinchan memiliki tema menarik, plot ringan dan karakter yang sungguh unik. Anime ini memiliki beberapa episode awal yang memikat. Sayang semakin kebelakang ceritanya jadi semakin repetitif dan membosankan. Karena alasan itulah saya tidak masukkan Shinchan ke dalam list.
  6. Tatami Galaxy adalah cerita dengan keindahan visual kelas atas, dikombinasikan dengan script cerita yang tajam namun bikin mikir, dialog (+ monolog?) yang memikat dan menggugah pikir. Sayang sekali, gaya seni visual yang diusung agak terlalu unik sampai saya sendiri-dan mayoritas penikmat anime mainstream akan kehilangan selera.
  7. Katanagatari adalah karya lain dari pencipta Monogatari – Nisio Isin. Katanagatari mengambil pendekatan berbeda dengan Monogatari yang bercerita tentang banyak ide dan topik, yaitu dengan cerita yang lebih fokus. Mengusung cerita romansa yang memikat dan perjalanan yang indah sekaligus antik. Cerita ini sukses membawa saya tertawa sekaligus menangis. Sayang saya lebih suka Monogatari sehingga merasa berdosa kalau memasukkan yang ini ke dalam daftar.
  8. Full Metal Alchemist : Brotherhood pernah jadi favorit saya, diperkuat oleh konsep alkimia yang jarang ada di anime lain dan motif protagonis yang seakan tak perlu diragukan lagi. Serial ini berangkat dari ringan menjadi semakin berat dan pada akhirnya memiliki klimaks yang membuat napas terengah engah. Sayang terlalu banyak karakter yang “biasa” (dan terlalu komikal? cth:Armstrong) di anime ini menjadikan saya agak malas masukkan karya super populer ini ke dalam daftar 20 besar.
  9. Bleach walaupun animasi ini yang sekarang lebih mirip sampah yang dijejalkan ke pemirsa karena banyak karakter yang tidak jelas nasibnya, power level karakter yang tidak konsisten, Bleach pernah cukup menarik pada arc Soul Society. Penuh dengan intrik, politik, konflik kepentingan dan kepatuhan serta karakter dengan latar belakang memukau. Apalagi dipamungkasi oleh double (atau triple) backstab oleh Aizen yang legendaris. Sayang Kubo Tite sekarang sepertinya menyerah untuk mikir pada anime ini.
  10. Dragon Ball seandainya Toriyama mau memberhentikan serial ini persis setelah Tenkaichi Budokai pertama, mungkin anime ini pantas berada dalam top 20. Bagaimana tidak, awalan dari serial anime ini begitu kuat, dengan karakter solid serta interaksi antar tokoh yang top class. Harusnya hal ini terlaksana karena dalam salah satu interview di majalah lawas (yang saya tidak bisa temukan sumbernya), Toriyama awalnya merencanakan DB dipamungkasi pertarungan Jackie Chan (guru) dan Son Go Ku (murid).

Baiklah, cukup sampai disini mari kita lihat 20 anime terbaik yang pernah saya tonton sendiri dan saya anggap menarik, dan tentu sangat direkomendasikan kamu tonton dengan meluangkan waktu khusus untuk menikmatinya.


20.2

Tengen Toppa Gurren Lagann


gurren lagaan anime terbaik

Kalau kamu suka nonton robot raksasa, Gurren Lagaan ini adalah mimpi basahmu. Pada puncak pertarungan kamu akan disuguhi pertarungan robot sebesar alam semesta melawan makhluk yang tidak kalah besarnya. Selain ukuran robot, pengalaman unik yang saya tangkap di anime ini adalah semangat, antusiasme dan keindahan visual yang luar biasa.

Untuk anime dengan skala pertarungan yang absurd, Gurren Lagaan juga terbilang lucu (walaupun ada guyonan yang perlu memahami idiom Jepang untuk benar benar memahaminya). Ditambah lagi banyaknya tokoh yang memiliki latar belakang unik dan karakter yang dalam tentu akan sangat menggugah rasa penasaran.

Namun dari semua tokoh yang beraneka ragam itu, Rossiu yang memiliki latar belakang penuh misteri, kecerdasan luar biasa dan konflik kepentingan lah yang menurut saya jadi tokoh paling menarik dalam anime ini (dan mungkin yang menjadikan saya masukkan Gurren Lagaan dalam daftar ini). Akhir kata, yang jelas anime terbaik ini hadir untuk kamu yang suka hiburan yang cerdas (tapi gak perlu banyak mikir)


20.1

Code Geass


code geass anime terbaik

Kalau kamu mencari anime yang gila gilaan, lucu tapi tetap mengandung intrik yang kompleks, Code Geass mungkin salah satu jawabannya. Karena gila gilaan itulah banyak orang yang menganggap Code Geass jelek sekaligus keren, atau dia saking jeleknya sampai keren banget.

Dengan narasi yang berlebihan dan karakter yang super absurd, namun di saat yang sama jujur dan sangat gamblang. Code Geass menjadi menarik hanya dengan menjual kepribadian masing masing karakternya, seperti Le Leuch dan CC.

Code Geass juga menawarkan segala sesuatu yang berskala agung , dengan drama dan thriller yang rumit namun tetap menyenangkan dan bikin sulit untuk lepas dari nonton film ini.

Sayang, seperti banyak film Hollywood, season 2 Code Geass tidak sebagus yang pertama karena lebih menonjolkan pertarungan antar mecha ceking (jauh lebih keren Gundam sih)

Kalau anime punya Blockbuster musim panas, Code Geass lah salah satu contoh anime terbaik yang memuncaki daftar didalamnya.


19

The Eccentric Family


eccentric family anime terbaik

The Eccentric family adalah drama bertema keluarga yang menyajikan rangkaian topik kecil dan detail yang seiring berjalannya cerita semakin membesar (dan penting) seperti tema keluarga, spesies (Tengu vs Tanuki) dan bahkan arti hidup itu sendiri.

Anime ini menceritakan tentang semesta alternatif dimana makhluk gaib mirip menjadi toko utamanya, seperti Tanuki ( luwak ) yang menguasai tanah dan Tengu ( makhluk mistis bersayap) menguasai langit.

Walaupun memiliki tema yang agak aneh, Anime ini sendiri berhasil menyajikannya dengan tidak berlebihan dan tetap sukses mengedepankan interaksi antara anggota keluarga yang saling menyayangi. Singkatnya, anime menarik ini mungkin salah satu alasan kuat kenapa saya masih melihat anime sampai sekarang.


18

Cowboy Bebop


Cowboy bebop Anime Terbaik

Sebagai salah satu anime lawas dalam daftar ini (selain Gunbuster dan Evangelion), Cowboy Bebop menawarkan campuran dari budaya barat, fiksi ilmiah, jazz dan tema noir dalam satu adonan kue yang renyah.

Ceritanya sendiri memiliki premis sci-fi yang kental, umat manusia di masa depan terpaksa meninggalkan bumi setelah ada insiden penciptaan hyperspace di bumi. Manusia kemudian menkoloni banyak planet dan bulan di tata surya. Saat tingkat kejahatan meningkat, polisi antar planet kemudian membuat sistem bounty ala wild west untuk menekan kejahatan tersebut yang pada akhirnya mengundang bounty hunter yang disebut juga dengan Cowboy.

Pusaran konflik cerita ini adalah persaingan antara pimpinan group Cowboy dengan salah satu pemburu dari sindikat kejahatan antar planet Red Dragon. Alasannya adalah persaingan cinta masa lalu yang tidak tertuntaskan.

Salah satu kekuatan utama dari anime ini adalah karakternya yang ikonik dan sangat mirip dengan tokoh yang kita temui sehari hari. Ceritanya lucu, keren ,percaya diri dan sangat ambisius. Cowboy Bebop ini merupakan salah satu anime yang pantas dianggap sebagai mahakarya seni.


17

Gatchaman Crowds


Gatchaman Crowds Anime Terbaik

Sebagai anime yang cuma memiliki 12 episode, banyak hal yang bisa ditawarkan oleh Gatchaman, mulai dari crowdsourcing sampai tema tema kepedulian sosial yang baru ngetren di Indonesia.

Hebatnya, dengan tema yang memiliki spektrum sangat luas ini, Gatchaman relatif sukses membawakannya dengan ringan ringan saja. Bahkan saya ragu ada anime lain yang mampu membawa tema serius dengan seringan ini.

Dibantu dengan visual yang menarik, musikalitas yang dalam dan plot cerita yang renyah. Anime bertema sains dan action ini adalah bukti nyata bahwa tema berat bisa dibahas seringan kerupuk. Cocok untuk jadi hiburan yang memperluas wawasan.

Oya, hati hati jika googling Anime ini, jangan lupa menambahkan Crowds dibelakangnya, kalau tidak anda akan bertemu serial tokusatsu yang bernama Gatchaman.


16

Steins;Gate


Steins Gate Anime Terbaik

Sering dianggap oleh orang sebagai anime terbaik sepanjang masa. Anime bertema perjalanan waktu ini adalah campuran beberapa tema menarik yang bercampur aduk jadi satu – tapi sukses mencampur adukkan kesemuanya. Karena kesuksesannya membangun ketegangan dan plot twist (terutama di paruh kedua), Steins;Gate ini saya anggap sangat memukau dan wajib ditonton.

Hal lain yang mengejutkan adalah humornya yang sangat dalam (walaupun memaksa berpikir), kisah romantika yang berkesan dari karakter penuh kepribadian yang sebenarnya secara individu sudah menarik namun masih lebih memukau saat berpasangan.

Singkat cerita, Steins;Gate adalah cerita yang menakjubkan, sekaligus mengesankan dan menghibur. Sebagai bonus, Steins;Gate akan membuatmu paham tentang banyak jargon ilmiah.


15

Melancholy of Haruhi Suzumiya + Dissapearence


Haruhi Suzumiya Anime Terbaik

Haruhi adalah anime yang aneh, gado gado dari banyak genre yang saling kait mengkait dan “sayangnya” tidak dapat menghindari plot menganga, untungya lubang ini diperbaiki” oleh serial selanjutnya — Disappearance. Inti ceritanya sendiri sebenarnya berevolusi di sekitar Haruhi Suzumiya  dan Kyon — Haruhi adalah “Tuhan” dan Kyon adalah “Kekasihnya” dalam cerita ini.

Haruhi yang tidak sadar kalau dia adalah “Tuhan” dan mampu membengkokkan realitas, ruang dan waktu hanya dengan pikirannya merupakan protagonis yang selalu berinteraksi dengan Kyon — manusia biasa yang berusaha memenuhi semua keinginan Haruhi, bagian sulitnya adalah Kyon tidak boleh memberitahu bahwa Haruhi adalah “Tuhan”. Walaupun pada akhirnya setelah diberitahu pada akhir serial Haruhi tidak percaya juga.

Dengan visual yang apik, genre yang kaya dan kadangkala menyentuh sisi gelap dari premis yang dibawa menjadikan Haruhi merupakan anime yang menyenangkan untuk dinikmati. Syaratnya adalah kamu harus siap melihat melihat beberapa episode yang nampak berulang ulang (walaupun tidak).


14

Spice and Wolf


Spice and Wolf Anime Terbaik

Mungkin merupakan anime bertema romansa terbaik di dalam daftar ini. Di saat banyak anime percintaan menyodorkan beberapa pasangan dengan segala kompleksitasnya, Spice and Wolf hanya memfokuskan pada satu pasangan saja dengan segala kesederhanannya — dan Spice and Wolf adalah bukti bahwa tidak perlu banyak pasangan supaya menjadi anime romantika memiliki cerita mengesankan.

Dengan cerita yang menarik — penuh dengan pengorbanan untuk orang yang kamu cintai, dialog seru yang jarang saya lihat di anime lain serta kepribadian yang unik yang sukses menunjukkan rasa cinta penuh afeksi, Spice and Wolf adalah mahakarya anime romantika yang sederhana.


13

Oregairu


Oregairu Anime Terbaik

Oregairu menawarkan tema School Life yang umum standar namun dikombinasikan dengan detail yang mampu membuat kamu rindu masa sekolahmu lagi.

Ceritanya sendiri berkisar tentang seorang anak SMA aneh yang tidak punya teman (apalagi pacar). Namun segalanya berubah saat dia diperintahkan untuk bergabung di kelompok sukarelawan (dimana kembang sekolah berada).

Anime ini menawarkan para tokoh utama yang muda, cerdas namun kesepian dan mengungkapkan perasaan sinis sekaligus empati yang muncul bergantian sekaligus hubungan romansa muda yang penuh dengan eksplorasi batasan seksualitas remaja.

Seperti banyak anime bergenre School life, Oregairu menyajikan cerita komedi romantis yang renyah dan beberapa fanservice, namun kekuatan anime ini adalah pada karakternya, dialog yang hidup (serta masuk akal) dan eksplorasi pada kehidupan individu muda yang sedang mencari identitas.


12

Hunter x Hunter 2011


Hunter x Hunter 2011

Hunter x Hunter adalah satu satunya shounen panjang yang bisa masuk dalam daftar anime terbaik yang saya buat ini. Beda dengan banyak shounen populer lain, Hunter x Hunter pada dasarnya beda liga dengan dalam semua aspek.

Dengan genre cerita yang berubah ubah (sering tanpa disadari) dari crime thriller, turnamen shounen, gambling, role playing dan bahkan perang melawan alien, anime ini menunjukkan keindahan yang belum pernah saya temui di shounen lain.

Ditambah lagi, tata suara, penokohan dan gambar yang jelas jauh lebih hidup dari versi manganya. Anime ini pernah masuk dalam must watch saya setiap keluar.

Ditambah lagi ada beberapa detail yang tidak (atau malas?) digambarkan di manga nya (namun masih bisa dianggap canon). Merupakan hal yang jarang bisa kita lihat di anime shounen apapun sehingga menahbiskan Hunter x Hunter sebagai salah satu anime terbaik.


11

Gunbuster! + Diebuster!


Gunbuster Diebuster

Dua karya Gainax yang seperti dua sisi mata uang yang sama. Gubuster dan Diebuster sungguh memukau, karena bisa mencampuradukkan antara wilayah personal dan universal, rasa sinis dan kemashyuran dan rasa rasa lain yang sebenarnya berkebalikan.

Ceritanya sendiri bertema umat manusia yang berjuang melawan invasi alien dan banyak aspek misterius dari alam semesta bukan hanya dengan teknologi dan intrik tapi juga dengan hati sebagai manusia.

Kalaupun kedua Gunbuster dan Diebuster ini tidak berkaitan, masing masing masih bisa masuk dalam daftar anime terbaik ini sendiri sendiri karena kualitasnya yang berkelas maestro.