Mengapa POTUS jadi Nama Akun Twitter Presiden Obama?

Bukannya Presiden Obama sudah punya akun twitter-nya sendiri?

obama (2)

POTUS menjadi akun twitter baru bagi Presiden Obama

Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama baru saja mengumumkan akun twitter miliknya. Sebagai presiden yang sukses terpilih salah satunya berkat gencarnya kampanye di media massa ini sejak dulu akrab dengan social media. Sebut saja tidak hanya Twitter, namun Presiden Obama juga aktif di Facebook, juga pernah berkomunikasi di Reddit. Akun twitter Presiden Obama ini memiliki nama akun @potus. Mengapa akun Obama ini dinamakan POTUS?

POTUS sendiri adalah singkatan dari President Of The United States. @potus merupakan akun milik Presiden Obama yang baru dibuat setelah 6 tahun menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Namun nantinya akun @potus ini akan diteruskan kepada presiden selanjutnya. Berikut adalah tweet pertama dari @potus alias Presiden Obama.

[embedly url=”https://twitter.com/POTUS/status/600324682190053376″]

Akun @potus ini pun sempat terlihat bercanda dengan akun dari Bill Clinton, yang merupakan mantan Presiden Amerika Serikat.  @potus terlihat mem-follow akun-akun kepresidenan Amerika Serikat, contohnya adalah mem-follow @whitehouse, @flotus (First Lady Of The United States, atau istri dari Obama sendiri, Michelle Obama), hingga @VP (akun wakil presiden)

[embedly url=”https://twitter.com/POTUS/status/600407380279566336″]

obama (1)

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat ini memiliki akun @BarackObama yang merupakan akun Twitter resmi pada masa kampanye pemilu dahulu. Di akun @BarackObama ini biasanya ia memaparkan program-program kampanye dan kaitannya dengan kegiatan pemilu. Obama menggunakan akun @BarackObama ini pada pemilu 2008 dan pemilu 2013.

Sedangkan akun twitter lainnya adalah @WhiteHouse. Pada akun yang dibuat pada 2012 ini untuk mempromosikan undang-undang dan dukungan untuk kebijakan-kebijakannya. Obama juga menggunakan akun @WhiteHouse ini untuk menanggapi masukan masyarakat mengenai ekonomi dan lapangan kerja.

obama

63203209

Pada tanggal 5 Januari 2009, akun kampanye @BarackObama  termasuk di antara beberapa akun selebriti yang di-hack dan domainnya dibajak. Akun ini terkena phishing hacker yang mengganti password dari akun administrator Twitter. Hal ini menyebabkan password admin dari @BarackObama terganti, namun saat ini masalah ini telah teratasi.

Sedangkan akun @potus ini kemungkinan memiliki fungsi yang berbeda dari dua akun lainnya dimana Obama berusaha lebih dekat dengan masyarakat Amerika Serikat sebagai sosok presiden.

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin