Dari Game Digital Hingga Board Game Dipamerkan dalam Showcase GDG 2015 Jakarta!

showcase gdg 2015 jakarta

Bukan hanya game digital saja, melainkan ada beberapa board game dan card game yang ikut dipamerkan dalam showcase GDG 2015 Jakarta!

Satu “menu” utama dalam setiap perhelatan Game Developers Gathering (GDG) 2015 adalah area showcase yang menjadi ajang unjuk gigi para developer game Indonesia. Tak terkecuali dengan GDG 2015 di Jakarta, dimana total ada sekitar tujuh booth yang ada di area showcase, yang terbagi menjadi lima booth developer, satu booth Binus Game Developer Club (BGDC) dan satu booth dari Valuepotion. Yang menarik, bukan hanya game digital saja yang dipamerkan dalam showcase GDG 2015 ini, melainkan juga ada board game dan card game juga!

showcase gdg 2015 jakarta

Dimulai dengan booth Aqua Terra Ventus, studio yang beranggotakan para lulusan dari Binus yang membawa card game Throne of Elements. Dalam card game ini, tujuanmu adalah untuk menguasai enam belas petak yang ada di meja dengan elemen yang kamu punya. Meskipun masih dalam tahap prototipe, namun penulis yang mencoba game ini secara langsung sudah merasakan keseruan memainkan game ini, dan juga trik-trik serta strategi yang bisa dilakukan untuk memenangkan permainan.

showcase gdg 2015 jakarta

Selanjutnya, booth BGDC memamerkan beberapa game digital buatan para anggotanya, plus satu game yang sudah mendapatkan status Greenlit dari Steam, Nusakana. Nusakana sendiri tampak sudah mendapatkan banyak improvisasi sejak pertama kali di-greenlit dan dipamerkan dalam GDG 2014 lalu. Ya, Nusakana yang sudah di-greenlit ternyata dikembangkan oleh beberapa developer yang masih berstatus mahasiswa lho! Tidak lupa, penulis juga mendapatkan kesempatan untuk mencicipi RPG ini.

showcase gdg 2015 jakarta

Salah satu studio veteran Indonesia, Altermyth tidak ketinggalan untuk memamerkan game-game yang sudah dikembangkannya, seperti game shooter Deceazed, game puzzle Cherrybelle Magical Diaries, Pendekar Tongkat Emas yang terinspirasi dari film berjudul sama, dan satu lagi game tentang perang dunia kedua yang baru menampilkan teaser-nya saja. Selain itu, Altermyth juga memberikan penawaran menarik untuk KubikGame, kursus pengembangan game secara online yang sudah diluncurkan sejak beberapa bulan lalu ini. Pengunjung yang ingin mengikuti kursus KubikGame, bisa mendaftar langsung di booth untuk mendapatkan diskon 60%!

showcase gdg 2015 jakarta

Gambreng Games yang membawa game GoBlock’s Impossible Medley menjadi salah satu booth yang paling ramai di showcase GDG 2015 Jakarta. Tampak booth ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang menjajal game ber-genre impossible game yang sangat-sangat susah ini. Bukan hanya itu, Gambreng Games pun mengadakan sebuah turnamen kecil-kecilan, dimana para pengunjung ditantang untuk beradu skor tertinggi untuk memainkan game ini. Saat ini, GoBlock’s Impossible Medley sudah dirilis untuk mobile, dan dalam waktu dekat juga akan hadir versi PC-nya.

showcase gdg 2015 jakarta

Di sebelah Gambreng Games, ada booth dari Stellar Null yang menggelar showcase keduanya setelah di Yogyakarta lalu. Mereka pun menampilkan beberapa game menarik dan adiktif, seperti Layer yang sempat masuk dalam top 10 games untuk kategori Puzzle di US dan sempat di-featured selama satu minggu di iTunes App Store. Selain itu, mereka juga membawa demo salah satu game yang tengah dikembangkan, Frontgate Frontier yang adiktif dan bikin “gemes”. Terlihat seperti game fighting, namun dalam game ini kamu justru berperan sebagai orang ketiga yang harus menghindari serangan-serangan dari dua petarung yang sedang beradu.

gdg 2015 jakarta

Terakhir, ada booth dari Silverpoint Games yang juga merupakan alumni dari Binus University. Silverpoint membawa Transpathtation yang sebelumnya juga dipamerkan di Casual Connect Asia 2015, dan merupakan satu dari sepuluh game yang kami anggap sebagai game dengan konsep terbaik di arena Indie Prize acara tersebut. Dalam game puzzle ini, kamu harus mengatur lalu lintas dengan baik untuk menyelesaikan objective-objective yang diberikan.

Ssst, sedikit bocoran nih. Beberapa developer dengan game terbaik di tiap kota nantinya akan diundang secara khusus untuk menghadiri GDG Prime 2015 di Bandung bulan November nanti lho! Tunggu informasi selanjutnya di Duniaku ya!