Satu Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Resident Evil 4!

resident evil 4

Capcom Akan Membuat Resident Evil 7!?

Capcom memberikan sebuah hint bahwa mereka akan membuat Resident Evil 7 dan mengembalikan franchise ini ke genre original mereka: horror!
Baca Juga

Ada satu hal yang mungkin tidak kamu ketahui kenapa Resident Evil 4 merupakan salah satu game terbaik yang pernah ada. Apakah itu?

Dari semua game Resident Evil yang ada, bisa dikatakan Resident Evil 4 adalah salah satu judul serial game Resident Evil yang terbaik –dan bahkan bisa dikatakan bahwa Resident Evil 4 merupakan salah satu game terbaik yang pernah ada. Game tersebut benar-benar mengubah segalanya. Dampak paling terasa mungkin adalah sudut pandang orang ketiga (third-person view) yang dikenal dengan sebutan over-the-shoulder (OTS) camera view –sudut pandang kamera melalui bagian belakang-atas pundak– yang digunakan dalam game ini dan juga game-game Resident Evil selanjutnya serta bahkan game dari franchise lain.

OTS camera view memang salah satu terobosan yang membuat game Resident Evil 4 begitu terkenal dan disukai banyak gamer. Akan tetapi, ada satu hal lagi yang membuat Resident Evil 4 menjadi game yang sangat bagus. Apakah itu? Jawabannya ada dalam sebuah video yang diupload oleh YouTuber Mark Brown melalui channelnya. Berikut ini adalah videonya:

Satu Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Resident Evil 4!

Ada satu hal yang mungkin tidak kamu ketahui kenapa Resident Evil 4 merupakan salah satu game terbaik yang pernah ada. Apakah itu?

Abaikan

Konami: Kami Bisa Lanjutkan Metal Gear Series TANPA Kojima!

Dalam sebuah interview, Konami mengklaim bahwa mereka bisa melanjutkan Metal Gear series TANPA campur tangan Kojima! Bisakah mereka melakukannya?
Baca Juga

Yep, hal tersebut adalah fitur Dynamic Difficulty –atau tingkat kesulitan dinamis. Sesuai namanya, fitur ini akan mensetting tingkat kesulitan game sesuai dengan tingkat skill-mu. Jika kamu bermain dengan baik, maka permainan akan semakin sulit: musuh akan semakin banyak, semakin kuat dan semakin agresif, dll. Sebaliknya, jika kamu kesulitan (sering terluka atau mati), maka tingkat keagresifan musuh akan berkurang begitu pula jumlah mereka serta item-item yang kamu perlukan akan semakin mudah untuk ditemukan. Dengan adanya Dynamic Difficulty, kamu tidak akan kesulitan dalam bermain Resident Evil 4 tetapi juga tidak membuatmu menyelesaikan game ini dengan mudah.

Dynamic Difficulty bukanlah hal yang paling brillian yang dimiliki oleh Resident Evil 4. Kebanyakan gamer, dan mungkin termasuk kamu, akan berkata bahwa kamu tidak mengetahui hal ini setelah melihat video ini –dan mungkin itulah intinya. Capcom tidak pernah secara ofisial menunjukan bahwa Resident Evil 4 memiliki fitur Dynamic Difficulty baik dalam buku manual, menu maupun trailernya. Fitur ini sendiri diketahui setelah sebuah official strategy guide Resident Evil 4 yang keluar satu tahun setelah perilisan game-nya.

Resident Evil 4 bukanlah satu-satunya game yang memiliki fitur Dynamic Difficulty. Ambil saja contoh Donkey Kong Country Returns atau juga Metal Gear Solid V. Dalam Donkey Kong Country Return atau Metal Gear Solid V, tingkat kesulitan akan diturunkan dengan kompensasi kamu akan di-‘permalukan’ dalam game. Nah, disinilah bedanya. Resident Evil 4 sama sekali tidak menunjukan bahwa tingkat kesulitan permainan dikurangi dan sama sekali tidak mempermalukan pemain ketika tingkat kesulitan diturunkan –Dynamic Difficulty benar-benar dibuat rahasia.

Metal-Gear-Solid-V-Phantom1
Dalam MGS V, tingkat kesulitan memang bisa diturunkan. Akan tetapi kamu akan ‘dipermalukan’.

Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa Resident Evil 4 bukanlah game pertama yang memperkenalkan Dynamic Difficulty karena fitur ini sudah ada sejak lama. Meskipun begitu, kerahasiaan dari adanya fitur ini dan juga sistem fitur Dynamic Difficulty dalam Resident Evil 4 yang bekerja dengan baik benar-benar membuat game Resident Evil 4 sangat asik untuk dimainkan berulang-ulang kali.

Apakah kamu pernah memainkan Resident Evil 4? Hal apakah yang menurutmu paling memorable selama memainkan game ini? Bagi pengalamanmu dalam memainkan game ini di kolom komentar ya?

Sumber: Youtube (via Bloody-Disgusting)


SHARE
Previous articleGemscool Siap Luncurkan Tree of Savior Indonesia. Ini Buktinya!
Next articleDark Souls III Bocor Duluan Sebelum E3 2015!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.