Betulkah GoJek Lebih Unggul dari Tukang Ojek Lokal?

gojek-2

GoJek menjadi salah satu kata atau topik yang bermunculan di berbagai media akhir-akhir ini. Bukannya pembahasan mengenai keunggulan dari layanan ojek unik ini. Tetapi, yang lebih mengemuka saat ini adalah adanya konflik antara pengemudi yang bergabung dengan GoJek dengan tukang ojek lokal.

Kisruh Antar GoJek vs Tukang Ojek

Insiden dan Kecelakaan M Fadli Gegerkan Netizen Indonesia

Kecelakaan M Fadli tak hanya melibatkan satu pembalap, namun juga pembalap lain. Insiden ini sungguh fatal. Meski menang, Fadli harus dirawat intensif menyusul insiden yang dialaminya.
Baca Juga

Salah satu hal yang menjadi masalah dan faktor terjadinya friksi antara pengemudi GoJek dengan tukang ojek lokal adalah wilayah operasi mereka. Tukang ojek merasa dengan adanya GoJek, lahan untuk beroperasi mereka menjadi berkurang. Yang mengenaskan, konflik ini sudah mengarah pada ancaman maupun serangan secara fisik.

Menurut CEO Gojek, Nadiem Makarim, pegawainya sudah banyak mendapatkan ancaman dari tukang ojek. Hal ini disikapi dengan memberikan pesan untuk para pegawainya agar waspada di daerah-daerah tertentu. Bahkan ada kisah dari seorang konsumen yang sudah memesan layanan GoJek, yang mengalami konflik ini. Saat pengemudi GoJek tiba di tempatnya menunggu, tukang ojek lokal mengusirnya bahkan mengancam mereka untuk pergi dari tempat tersebut.

Sebenarnya, masalah antara tukang ojek dan GoJek tidak perlu terjadi, bila dilakukan sosialisasi dan edukasi yang lebih gencar lagi pada tukang ojek lokal. Bahkan, ada beberapa kasus dimana tukang ojek yang diberikan penjelasan mengenai keuntungan dari GoJek memilih untuk bergabung dengan layanan ini.

gojek-1

Apa Keunggulan GoJek?

GoJek dipandang para tukang ojek lokal sebagai ancaman karena memang layanan ini menawarkan layanan yang lebih baik dari tukang ojek biasa.

Terdapat tiga layanan yang disediakan oleh GoJek: Yang pertama adalah jasa Instant Courier yaitu jasa pengantaran barang. Lalu ada pula jasa Shopping, jadi pelanggan dapat meminta tukang ojek berbelanja. Dan, yang terakhir adalah jasa standar dari GoJek, yaitu transport atau jasa mengantarkan pelanggan ke tempat tujuan mereka. Semua layanan ini dapat diakses dan dipesan melalui aplikasi dari smartphone pelanggan. Di sinilah kemudahan yang diberikan GoJek kepada pelanggannya.

Melalui aplikasi pemesanan ini, pelanggan dapat menentukan tempat penjemputan dan tempat pengantaran, dan akan tampil tarif yang perlu dibayar pelanggan untuk layanan ini. Tarif yang ditetapkan juga tidak terlalu berbeda dengan tarif ojek pada umumnya. Dengan ditampilkannya tarif langsung saat memesan, maka pelanggan akan lebih mudah dan tahu berapa biaya yang harus disiapkan. Berbeda dengan tukang ojek, dimana mereka sering memasang tarif yang terlalu tinggi dan harus ditawar beberapa lama baru dapat turun. Hal ini jelas memakan waktu dan biaya.

gojek-3

Kupas Kontroversi Taksi Uber di DKI Jakarta

Taksi Uber Jakarta tuai kontroversi karena beroperasi dengan plat hitam tanpa PT. Padahal tidak hanya uber yang menjalankan sistem serupa.
Baca Juga

Ada pula fitur paling menarik yang dapat digunakan pada layanan ini. Anda dapat mengisi saldo pada akun aplikasi GoJek. Saldo ini akan digunakan untuk membayar layanan GoJek yang Anda pesan. Jumlah uang yang dapat Anda isi maksimal adalah Rp. 1 juta. Fitur ini mempermudah pembayaran. Misalnya, Anda ingin memesan layanan Shopping (berbelanja) maka barang belanjaan Anda akan diantar sampai rumah dan Anda tidak perlu membayarnya, karena sudah dipotong dari saldo yang Anda isi pada layanan ini. Bila Anda ingin mengisi kembali saldo yang sudah berkurang, maka Anda dapat melakukannya via ATM.

Pelanggan juga dapat memberikan review atau rating mengenai layanan yang diberikan pengemudi GoJek melalui aplikasi ini, yang nantinya informasi ini akan dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan. Aplikasi ini juga dapat di-download secara gratis. Artinya, pelanggan mendapatkan lebih banyak kemudahan saat menggunakan layanan GoJek.


SHARE
Previous articleThe Legend of Legacy Juga Saingi Bravely Default di Pasar Amerika
Next articleFakta-Fakta Menarik Obito “The Two Faces” yang Perlu Kalian Ketahui
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.