Temukan Unsur Indonesia dalam Manga Ini!

Indonesia Dalam Manga - Naruto
Pernahkah kamu menemukan unsur Indonesia dalam manga yang kamu baca?

Sebagai salah satu negara dengan kekayaan budaya berlimpah, tak jarang Indonesia di jadikan referensi dalam banyak karya di dunia. Tak terkecuali di dalam Manga. Pernahkah kamu menemukan unsur Indonesia dalam Anime dan Manga? Berikut ini adalah beberapa tentang Indonesia dalam Manga dan Anime.


1

Dragon Ball


Banyak Yang Ga Nyadar Kalo Tenkaichi Budokai Dragon Ball itu di Bali

Tahukah kamu, ternyata Goku dan Vegeta pernah berduel di Indonesia? Papaya Island, setting Tenkaichi Budokai, rupanya berada di Bali. Ini buktinya!
Baca Juga

Pastinya kamu tak asing lagi dengan manga yang satu ini. Kamu juga pasti pernah melihat episode ataupun chapter tentang kompetisi beladiri yang disebut Tenkaichi Budokai, atau World Martial Arts Tournament. Pertarungan yang diadakan tiap tiga tahun sekali ini diikuti oleh petarung-petarung terhebat di seluruh penjuru dunia. Selain hadiah yang menggiurkan, para petarung tentu saja mencari tantangan dan ingin membuktikan kehebatan dirinya dalam kompetisi ini.

Tapi siapa sangka kalau ada Indonesia dalam manga ini. Yap, ternyata Tenkaichi Budokai ini dilaksanakan di Bali. Tentu saja Akira Toriyama tidak menyebut lokasi Tenkaichi Budokai ini sebagai Bali, namun dengan nama lain, yaitu Papaya Island. Tapi kamu bisa membuktikannya langsung dengan melihat manga/anime Dragon Ball saat turnamen Tenkaichi Budokai.

Berikut beberapa bukti bahwa Tenkaichi Budokai itu diselenggarakan di Bali:

tenkaichi budokai dragon ball baliIndonesia Dalam Manga - Dragon Ball


2

Smash!


Santai. Ini bukan komik tentang Boyband hehe. Smash adalah sebuah manga yang ditulis oleh Saki Kaori. Manga ini menceritakan tentang seorang pemuda Jepang bernama Shouta Azuma yang serius bermain Bulutangkis untuk menemukan seorang gadis misterius yang dulu pernah mengalahkan dirinya dalam sebuah pertandingan. Shouta pun akhirnya berlatih keras dengan harapan suatu saat nanti bisa bertemu lagi dengan gadis itu.

Karena bertema Bulutangkis, tak heran jika kita bisa menemukan Indonesia dalam manga ini. Yap, tepatnya pada Volume 17 chapter 159, halaman 5. Di chapter tersebut dijelaskan bahwa Shota Azuma adalah satu-satunya orang yang bisa meniru Backhand legendaris milik Taufik Hidayat. Keren ya?

Tak bisa dipungkiri, hadirnya nama Taufik Hidayat dalam serial manga Smash turut mempengaruhi popularitas komik tersebut di Indonesia dan tidak mustahil akan banyak pembaca-pembaca baru yang justru muncul justru gara-gara hanya ingin melihat disebut-sebutnya nama Taufik Hidayat dalam komik tersebut.

Indonesia Dalam Manga - Smash


3

Kenichi: The Mightiest Disciple


Indonesia Dalam Manga - Kenichi

Manga yang juga sering dikenal dengan Kenichi: The Mightiest Disciple ini ditulis oleh Syun Matsuena dan terbit secara mingguan di Shonen Magazine dan tamat pada 2014 yang lalu. Manganya pertama terbit pada 9 Agustus 2002. Anime adaptasinya dibuat oleh Tokyo Movie Shinsha dan ditayangkan pada Oktober 2006 hingga September 2007. Manga ini bercerita tentang Kenichi, seorang anak laki-laki yang sering di-bully lalu memutuskan untuk berlatih bela diri demi melindungi orang yang ia sayangi. Dalam perjalanannya ia bertemu banyak jenis bela diri. Indonesia dalam manga ini muncul di Chapter 471. Disana Kenichi harus bertanding dengan pengguna bela diri Pencak Silat dari Indonesia.


4

Shokugeki No Souma (Food Wars!)


11

Shokugeki No Souma adalah Manga yang ditulis oleh Yūto Tsukuda dan digambar oleh Shun Saeki sejak 26 November 2012 hingga sekarang. Juni 2015 kemarin tercatat sebanyak 13 volume sudah terbit di jepang. Manga ini bercerita tentang Sōma Yukihira yang bercita-cita menjadi Chef yang mampu mengalahkan ayahnya. Indonesia dalam manga ini disebutkan pada Chapter 43 halaman 11. Pada Chapter itu Yukihira sedang bertanding dengan ayahnya dan disanalah tempe muncul, disebutkan berasal dari Indonesia, serta sudah ada sejak 400 tahun yang lalu.


5

Fight Ippo


Indonesia Dalam Manga - Fight Ippo

Hajime No Ippo merupakan sebuah Manga yang bercerita tentang seorang anak bernama Ippo yang meniti karir sebagai seorang petinju profesional. Manga ini ditulis oleh George Morikawa. Indonesia dalam Manga ini disebutkan di seri 857 (Round 857). Di seri tersebut dikisahkan bahwa Ippo akan melawan seorang petinju jenius kelas bulu asal Indonesia yang bernama Wally yang berhasil menyabet gelar dunia hanya dengan 3 kali bertarung. Apakah Wally ini Chris John? Hehe. Selain Wally ada satu lagi petinju asal Indonesia di komik ini, yaitu Papaya Dachiu. Siapa lagi itu?


6

Tokkyuu!


Indonesia Dalam Manga - Tokkyuu

Mengintip Unsur-unsur Khas Indonesia dalam Video Game

Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68 yang jatuh pada 17 Agustus 2013, kali ini Duniaku mengajakmu untuk menelusuri unsur-unsur khas Indonesia dalam video game.
Baca Juga

Manga ini bercerita tentang anggota satuan penyelamatan laut bernama Hyogo. Kurang lebih plotnya sama dengan Firefighter Daigo, tapi disini lebih kepada penyelamatan korban di laut. Disatu cerita, salah seorang atasan Hyogo dipindah tugaskan ke Indonesia (ke KPLP) dan dia tinggal disana untuk sementara. Tokoh Indonesia yang muncul bernama Asli dan Mimura, seorang anak kecil yang menjadi pemandu atasan Hyogo selama berada di Jakarta. Ada juga satu chapter dimana dia sedang berada di atas Monas untuk melihat pemandangan Jakarta dan ada juga saat mereka sedang berada di daerah Glodok. Di manga ini atasannya Hyogo pernah mengeluhkan kebiasaan ngaretnya orang Indonesia loh. Lucu ya Indonesia dalam manga ini?

Nah masih adakah elemen Indonesia dalam manga-manga yang belum disebutkan? Sebutkan judul manga-nya di komentar ya!


SHARE
Previous articleGamers Sony, Nih Detail Street Fighter V Beta yang Perlu Kalian Ketahui!
Next articleKen Street Fighter V Makin Hot, Ryu Pun Dihajar Habis-Habisan!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.